Volume 10

Dulu Wanita Kini Pria

Serda Aprilia Terkonfirmasi Berstatus Pria: Ini Momen yang Saya Tunggu

Merdeka.com 2021-03-09 18:15:49
Serda Aprilia. ©2021 Merdeka.com

Pensiunan atlet Timnas Bola Voli Putri, Serda Aprilia Manganang mengaku lega dan bahagia setelah menjalani pemeriksaan medis terkait status jenis kelaminnya. Nyatanya, sejak kecil dirinya memanglah seorang pria.

"Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini, dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya," tutur Aprilia lewat virtual yang ditampilkan di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3).

Aprilia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa dan para dokter RSPAD Gatot Subroto yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan tersebut.

"Saya terima kasih ke dokter yang sudah bantu saya, saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini tercapai," jelas Aprilia.

TNI Fasilitasi Ubah Status Gender Serda Aprilia

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan untuk memfasilitasi berbagai dokumen yang dibutuhkan agar status administrasi jenis kelamin Serda Aprilia Manganang berganti dari wanita menjadi pria.

"Dirhum Angkatan Darat sudah siapkan dokumen untuk kita membantu Sersan Manganang untuk mendapat apa yang diinginkan, yaitu kita penuhi semua surat yang ada di UU 23 2006 tentang administrasi kependudukan," tutur Andika.

Andika berharap, Pengadilan Negeri Tandanao dapat mengabulkan permohonan perubahan nama dan jenis kelamin Serda Aprilia.

"Dengan harapan setelah ini Sersan Manganan bisa menjadi seseorang yang ditakdirkan untuknya," jelas dia.

Andika juga menegaskan bahwa Aprilia bukan seorang trangender. Dia tidak menjalani operasi pergantian alat kelamin, namun memang dilahirkan dalam kondisi pria yang memiliki kelainan reproduksi Hipospadia.

"Seperti yang saya katakan tadi ini operasi ini corrective surgery, jadi tidak ada pergantian kelamin. Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria itu tidak ada," kata Andika.

Indonesia Juara di Asia Tenggara

Suntik 3,5 Juta Dosis, Indonesia Juara Vaksinasi Covid-19 di Asia Tenggara

Merdeka.com 2021-03-08 09:18:21
Presiden Jokowi disuntik vaksin Covid-19. ©Agus Suparto/Indonesian Presidential Palace/Handout via REUTERS

Data Kementerian Kesehatan RI ada sebanyak 2.888.757 orang sudah disuntik vaksin pertama dan 1.133.787 orang menerima suntikan kedua, per Minggu (7/3).

Indonesia berhasil meraih posisi atas pada program vaksinasi COVID-19 di Asia Tenggara. Indonesia sedang unggul dalam persentase populasi yang mendapat satu dosis vaksin, serta total pemberian jumlah dosis vaksin.

Berdasarkan data Our World in Data, Senin (8/3/2021), Indonesia berada di peringkat dua dalam persentase populasi yang sudah mendapat vaksin COVID-19. Singapura yang memiliki populasi sedikit berada di peringkat pertama.

©2021 Merdeka.com/Our World in Data

Vaksinasi di beberapa Asia, seperti Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang, mengalami "keterlambatan" karena mereka harus menunggu vaksin Pfizer dari Eropa.

Sementara, Indonesia mengimpor Sinovac dari Beijing yang tiba lebih cepat. Indonesia pun memulai program vaksinasi pada 13 Januari 2021.

Indonesia saat ini berada di posisi pertama pada jumlah vaksin yang telah disuntikkan di Asia Tenggara.

©2021 Merdeka.com/Our World in Data

Total dosis vaksin yang disuntik di Indonesia sudah lebih dari 3,5 juta.

Secara global, Amerika Serikat, China, dan Uni Eropa berada di posisi puncak dalam hal pemberian dosis vaksin COVID-19.

©2021 Merdeka.com/Our World in Data


Selena Gomez Indonesia

Disebut Mirip Selena Gomez, Intip Potret Masa Kecil Aurelie Moeremans

Merdeka.com 2021-01-23 13:00:00
Disebut Mirip Selena Gomez, Intip Potret Masa Kecil Aurelie Moeremans. Instagram/aurelie ©2021 Merdeka.com

Aurelie Alida Marie Moeremans atau yang lebih dikenal dengan Aurelie Moeremans tentu bukan nama yang baru lagi di dunia hiburan Tanah Air.

Mengawali karier sejak 2008, wanita blasteran Belgia-Indonesia ini telah cukup banyak membintangi sinetron, FTV, film layar lebar.

Tak hanya terjun di dunia akting, ia juga menjadi model iklan dan dikenal sebagai penyanyi. Talenta yang dimilikinya, membuat Aurelie diidolakan banyak orang.

Selain soal karier dan talentanya, wanita kelahiran 1993 ini juga kerap bikin kagum lantaran parasnya yang cantik. Kecantikan Aurelie tersebut ternyata memang sudah terlihat sejak dirinya masih kecil.

Hal tersebut tampak dari unggahan terbarunya di Instagram. Banyak warganet yang takjub melihat parasnya saat kecil. Bahkan, tak sedikit yang menyebut wajahnya mirip Selena Gomez. Seperti apa kira-kira potretnya? Berikut ulasannya. 


Potret Masa Kecil Aurelie

Beginilah potret masa kecil Aurelie yang berhasil curi perhatian. Dalam potret tersebut, ia tampil dengan rambut pendek dan mengenakan kaus berwarna putih. Ia pun berpose sedang bersandar di dinding. Parasnya terlihat begitu cantik dan menggemaskan.

Diketahui pula, dari keterangan foto yang ditulis aktris berusia 27 tahun itu bahwa potret masa kecilnya tersebut saat ia masih berusia 7 tahun.

"20 years ago ( ini bukan faceapp ya ) masih mirip ga sih??" tulis Aurelie sebagai keterangan foto, seperti dilansir merdeka.com dari akun Instagramnya Sabtu (23/1).

Instagram/aurelie ©2021 Merdeka.com


Disebut Mirip Selena Gomez

Sontak unggahannya mengundang beragam respon dari warganet hingga rekan sesama artis. Mereka tak kuasa menahan diri melihat paras cantik dan imut Aurelie ketika masih kecil. 

"Yaolooooooooo lucu banget sih nih," tulis Sandhy Sondoro.

"Muka2 jahil sdh terlihat sejak dini," tulis Arya Saloka.

Tak sedikit pula yang mengatakan wajahnya sangat mirip dengan penyanyi Hollywood, Selena Gomez.

"Sudah bibit unggul dari kecillll," ujar akun Instagram @faridatss.

"Buset mirip banget Ama Selena gomez," tulis akun Instagram @noviantonopek.

"Lahh kukira Selena Gomez," timpal akun Instagram @as_herro.

"Mirip selena gomez ya..," ujar akun Instagram @fajarkurniawan1792.

"selena gomez pada masa kecilnya," sambung akun Instagram @driawan12.

"Hii saya pikir selena gomezz," kata akun Instagram @ilhamhandani.

 /></p>
<p style=Instagram/aurelie ©2021 Merdeka.com

Kenapa Pakai Gitar Buntung?

Bikin Terkejut, Ini Arti Gitar Tanpa Kepala Milik Rhoma Irama

Merdeka.com 2021-03-09 09:10:00
Rhoma Irama. ©2014 merdeka.com/pramirvan datu aprillatu

Nama Rhoma Irama sudah tidak asing lagi di dunia musik dangdut tanah air. Namanya dikenal lewat karya-karyanya yang begitu akrab di telinga publik. Maka tak heran jika Rhoma dijuluki 'Raja Dangdut'.

Rhoma Irama kerap tampil bersama grup Soneta. Saat tampil, Rhoma sembari memainkan gitar. Salah satu ciri khas gitar Rhoma yakni tanpa kepala alias buntung.

Rupanya Rhoma Irama memiliki alasan khusus memilih gitar buntung tersebut.Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir dari video bertajuk 'Bukan Hanya Arafah!! Semua Penasaran Kenapa Gitar Rhoma Irama Ga Ada Kepalanya ???' di channel youtube Indosiar.


Arafah Bertanya soal Gitar Buntug Rhoma Irama

Awalnya, Arafah dan Rhoma Irama menjadi pengisi acara LIDA 2021. Arafah bertanya kepada Rhoma soal gitar buntungnya.

"Pak Haji kenapa sih gitarnya dibuntungi, gitarnya salah apa?" tanya Arafah kepada Rhoma Irama.


Arti Gitar Buntung Rhoma

Rhoma Irama pun memberikan jawaban. Ternyata hal tersebut memiliki arti tersendiri.

"Kamu suka pusing ga? suka migren ga?" taya Rhoma kepada Arafah.

"Suka," jawab Arafah

"Kenapa? Karena kamu punya kepala," kata Rhoma.

"Kalau kamu pusing migren alhamdulillah artinya kamu masih punya kepala. Supaya dia engga pusing," sambung Rhoma.

Hari Itu Saya Memutuskan untuk Mati

Kisah Biarawati Myanmar Berlutut Depan Polisi, "Hari Itu Saya Memutuskan untuk Mati"

Merdeka.com 2021-03-07 19:27:01
biarawati myanmar adang polisi saat unjuk rasa. ©Twitter @CardinalMaungBo

Hari itu, 28 Februari 2020, sebuah tembakan terdengar setelah seorang biarawati berjalan menuju para pasukan keamanan dengan perisai dan alat pelindung lainnya. Tak lama, dia berlutut di hadapan para polisi tersebut.

Dia memohon agar polisi berhenti menembak para demonstran, yang telah berhari-hari turun ke jalan, menentang kudeta militer Myanmar. Sembari berurai air mata dia memohon agar polisi berhenti menggunakan kekerasan.

Gambar biarawati yang diketahui bernama Ann Roza Nu Tawng (45) itu viral di media sosial. Gambar pertama kali dibagikan Uskup Agung Katolik Roma, Kardinal Charles Maung Bo asal Yangon melalui akun Twitternya.

Aksi berani Suster Ann berlangsung di Myitkyina, Negara Bagian Kachin, memohon kepada polisi dan anggota militer agar tak menembak.

Kepada Sky News dia mengatakan, saat itu dia pikir dia akan mati. Tapi dia memang telah bersiap mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan yang lain.

“Pada hari Minggu, saya berada di klinik. Saya memberi perawatan hari itu karena klinik lain tutup. Saya melihat sekelompok orang berjalan. Mereka berunjuk rasa,” ceritanya, dikutip dari Sky News, Minggu (7/3).

“Tiba-tiba saya lihat polisi, militer, dan meriam air menyusul para pengunjuk rasa. Kemudian mereka mengeluarkan tembakan dan mulai memukul para pengunjuk rasa. Saya terkejut dan saya pikir hari ini adalah hari saya akan mati. Saya memutuskan untuk mati,” lanjutnya.
“Saya meminta dan memohon pada mereka agar tak melakukannya dan saya bilang ke mereka para pengunjuk rasa tak melakukan kejahatan apapun.”

Saat itu, Ann mengatakan dia menangis seperti orang gila.

“Saya seperti induk ayam yang melindungi anak-anaknya.”


Saya tidak takut

Dia kemudian berlari menuju aparat yang sedang memukuli para demonstran, di depan klinik. Dia merasa saat itu seperti perang.

“Saya pikir lebih baik saya yang mati daripada banyak orang,” kisahnya.

Dia pun menangis dengan keras. Dia bertujuan membantu orang-orang agar bisa melarikan diri dan bebas berunjuk rasa serta menghentikan pasukan keamanan. Suster Ann juga meminta aparat berhenti menangkap orang-orang.

“Saya memohon pada mereka. Saat itu saya tidak takut.”

“Jika saya takut dan lari, orang-orang akan berada dalam bahaya. Saya tidak takut sama sekali. Saya memikirkan gadis dari Naypyitaw itu dan satu orang lagi dari Mandalay.”

“Saya memikirkan jiwa-jiwa yang telah gugur dari negara ini. Saya khawatir apa yang akan terjadi terhadap warga Myitkyina.”

Ketika pasukan keamanan sampai di bawah pohon beringin, Suster Ann berseru kepada mereka dan mengatakan: “Tolong bunuh saya. Saya tidak ingin melihat orang-orang dibunuh.”

“Saya menangis dengan keras dan mereka berhenti sejenak,” ujarnya.

Salah seorang anggota mendatanginya dan mengatakan: “Saudara, jangan terlalu khawatir, kami tak akan menembak mereka.”

Ann kemudian mengatakan kepada anggota tersebut: “Mereka juga bisa dibunuh dengan senjata lain. Jangan tembak mereka. Mereka hanya pengunjuk rasa.”

Dia tak yakin aparat tak akan menembak para demonstran, karena di tempat lain dia melihat aparat menembak mati orang-orang.


Bukan pelindung rakyat

Dia kemudian membawa seorang pengunjuk rasa ke klinik dan mengobatinya. Polisi hampir menangkap seorang pengunjuk rasa saat dia terjatuh.

“Saya menghentikan polisi itu dan meminta mereka jangan melanjutkan. Itulah mengapa mereka tidak melakukannya. Jika tidak, mereka akan menangkap dan menyeretnya dari sana.”

“Saya merasa mereka (militer) bukanlah pelindung rakyat seperti apa yang telah Anda saksikan apa yang terjadi terhadap rakyat. Rakyat tidak aman dan ada penangkapan brutal.”

Dia mengaku sedih melihat video yang menunjukkan seorang ibu menangis di dekat jasad anaknya yang masih muda. Dia juga melihat sebuah ambulans dirusak dan petugas medis dipukul dengan senjata.

“Mereka seharusnya melindungi kami tapi rakyat kami harus menyelamatkan diri sendiri. Ini tidak aman. Mereka (pasukan keamanan) menangkap dan memukul orang-orang yang mereka tidak sukai. Mereka membunuhnya.”

“Tak ada yang melindungi rakyat Myanmar. Orang-orang harus menyelamatkan diri sendiri dan saling menolong.”

 

Baca juga:
Delapan Polisi Myanmar Tolak Perintah Atasan, Kabur ke India Minta Perlindungan
Aparat Myanmar Bongkar Makam Kyal Sin “Everything Will Be OK” & Autopsi Jasadnya
Demonstran Myanmar Bentangkan Jemuran Kain untuk Lindungi Diri dari Aparat
Aksi Polisi Myanmar Pukuli Pengunjuk Rasa Antikudeta
Revolusi Bergolak di Myanmar dan Kaum Perempuan Berada di Garis Paling Depan
CEK FAKTA: Hoaks Pasukan Keamanan PBB dan AS Siap Perang Melawan Militer Myanmar
Tentara & Polisi Myanmar Ancam Demonstran Lewat TikTok, "Saya Akan Tembak Siapa Saja"

Cantiknya Tak Luntur

Tak Konsumsi Gula Selama 4 Tahun, Ini Cara Wulan Guritno Jaga Penampilan

Merdeka.com 2021-03-09 15:02:00
Wulan Guritno. Instagram @wulanguritno ©2020 Merdeka.com

Sri Wulandari Lorraine Joko Guritno atau yang lebih dikenal dengan Wulan Guritno mulai mengawali kariernya di dunia hiburan Tanah Air sebagai model. Wanita berdarah Jawa- Inggris ini cukup aktif menjalani karier di dunia akting.

Meski aktif menjadi seorang aktris, akan tetapi Wulan juga kerap terlihat melakukan berbagai pemotretan. Demi menjaga penampilan tubuh saat pemotretan, ternyata Wulan mempunyai cara tersendiri.

Baru-baru ini, Wulan bercerita mengenai bagaimana ia menjaga penampilannya. Wulan Guritno juga berbagi resep tentang perawatan wajahnya.


Awet Muda

Hal itu diungkapkan oleh Wulan Guritno dalam video perbincangannya bersama Soleh Solihun yang diunggah di kanal Youtube 3Second TV pada beberapa waktu lalu. Dalam perbincangan tersebut, Wulan bercerita mengenai dirinya.

Banyak orang yang bilang bahwa Wulan sosok yang awet muda. Ternyata, menurut Wulan, banyak perjuangan untuk mendapatkan penampilan yang diinginkannya.

“Mereka bilang aku awet muda, ya, itu enggak datang dari langit atau jatuh dari pohon. Semua butuh dijaga dan dirawat. Aku olahraga, aku juga enggak makan gula sejak umur 35. Karena gula itu mempercepat penuaan,” jelas Wulan Guritno.


Perawatan Diri

Banyak usaha yang dilakukan Wulan untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan. Salah satunya adalah perawatan alami seperti berolahraga dan tak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

 /></p>
<p style=Instagram @sharazaaa ©2021 Merdeka.com

“Ya sudah aku masih mau tetap alami, paling PRP, itu muka kita digerus berdarah-darah. Dua minggu sekali olahraga, tidak makan gula, dan tidur cukup. PRP itu dua minggu sekali, biar produksi berkali-kali lipat untuk mengencangkan muka kita,” tambah Wulan Guritno.


Vitamin

Wulan menuturkan bahwa ia juga menggunakan vitamin untuk wajahnya. Selain itu, perawatan menggunakan teknologi laser juga digunakannya.

 /></p>
<p style=©2020 Merdeka.com/Instagram Wulan Guritno

“Skin buster itu vitamin dan krim muka, tapi tinggal disuntikkan ke dalam muka. Laser juga, dari muka sampai leher, biar memancing kolagen,” ucap Wulan Guritno.

Bertemu Raksasa Laut

Serunya Menyelam Bersama Ikan Pari Raksasa di Taka Makassar

Merdeka.com 2021-03-09 16:00:00
Melihat Eksotisme Pari Manta di Spot Taka Makassar. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Salah satu obyek wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo ialah Perairan Taka Makassar. Meski bernama Makassar, pulau kecil menawan ini terletak bukan di Makassar melainkan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Saat datang ke Perairan Taka Makassar, kamu tak hanya menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih saja. Namun kamu juga bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan Pari Manta, ikan pari terbesar di dunia. Dari permukaan air laut Taka Makassar, ikan berwarna hitam selebar 9 meter ini terlihat sangat kontras di laut biru yang tenang.

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Spot Taka Makassar memang tempat strategis untuk melihat keunikan ikan pari raksasa. Untuk menuju ke Taka Makassar kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam menggunakan perahu bermotor.

Sampai di spot Manta Taka Makassar, kamu bisa memulai melakukan pencarian ikan pari. Bak surga di bawah air laut, pada kedalaman 4-6 meter kamu bisa menjajal menari bersama ikan pari manta. Berenang di air laut dengan pemandangan terumbu karang yang indah mampu memanjakan mata pencinta olahraga menyelam. Jangan khawatir, peralatan untuk diving sudah disediakan oleh pengelola wisata.

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Selain sensasi berenang bersama ikan pari, kamu juga bisa menikmati keindahan pesona Taka Makassar. Hamparan pasir putih mengisi seluruh pulau kecil di Labuan Bajo ini.
Ukuran yang kecil membuat pulau ini bak private beach.

Uniknya, pulau ini hanya muncul ketika air laut tengah surut. Namun, ketika air pasang, permukaannya bakal tertutupi oleh permukaan air laut. Begini pemandangan Taka Makassar dari atas, benar-benar menawan bukan?

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Air laut yang tenang menjadikan pulau Taka Makassar ini sangat pas untuk bersantai dan melepas penat. Nampak dari kejauhan gugusan kepulauan Komodo yang membentang. Pemandangan pun semakin menawan.

Gemericik air laut dan embusan semilir angin membuat wisatawan yang datang ke sana menjadi rileks di tengah kesibukan harian. Segala penat seolah sirna setelah menikmati pesona Taka Makassar.

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Keberadaan ikan Pari Manta memang mudah ditemukan di Nusantara. Ikan Pari Manta yang biasa berenang di Perairan Taka Makassar Nusa Tenggara Timur ialah jenis Manta Karang yang termasuk ke dalam spesies Manta Ray dan Manta Birostris.

Selain di Taka Makassar, ikan yang dilindungi ini bisa dapat dijumpai pada perairan Nusa Penida, Selat Dampier, Kepulauan Raja Ampat, dan Kepulauan Derawan.Para pecinta dunia laut memang tak boleh melewatkan momen bercengkerama dengan ikan pari besar yang satu ini.

Bukan Anak Mal

Asyiknya Bermain di Gang Mural Wargaluyu Kota Bandung

Merdeka.com 2021-03-08 13:00:00
Asyiknya Bermain di Gang Mural Wargaluyu Kota Bandung. ©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Tak terasa pandemi virus Corona Covid-19 sudah berlangsung satu tahun. Demi keselamatan. aturan kerja dari rumah yang dikenal dengan istilah WFH atau Pembalajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi anak-anak sekolah pun diterapkan bagi masyarakat Indonesia.

Terpaksa harus diam di rumah, bekerja serta sekolah dengan mengandalkan laptop dan gawai. Setiap orang pasti sudah merasa penat dan bosan. Di tengah kebosanan yang melanda, para pemuda di Wargaluyu, Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung ini membuat mural di gang tempat tinggalnya. Dari atas permukaan aspal sampai sepanjang dinding tembok dipenuhi gambar yang ciamik dan menarik mata.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Jalan Gang Wargaluyu, Jalan Asep Berlian, Rt 01 Rw 05, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung terasa berbeda dari biasanya. Kini setiap sudut gang nya dipenuhi mural berwarna-warni dengan berbagai jenis gambar.

Ada satu blok khusus yang bertema permainan seperti engklek, dam-daman dan ular tangga. Anak-anak penduduk sekitar terlihat antusias bermain dengan mural ular tangga ini. Sambil membawa dadu yang berukuran besar, kaki-kaki kecil mereka pun terlihat asyik bermain.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Gang di sudut kota Bandung ini seolah menjadi hiburan di tengah pandemi yang belum usai. Mural bertema permainan bertujuan agar anak-anak tak ketergantungan terhadap gawai berkat kebiasaan di rumah saja.

Pembuatan mural ini juga memberikan ruang bagi warga khususnya anak-anak karena tidak adanya ruang bermain di tengah padatnya permukiman di lingkungan. Menjadi daya tarik warga untuk beraktifitas di luar rumah, pengunjung yang datang tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Tidak hanya anak-anak, orang tua juga tertarik bermain di mural ini. Sebagai permainan 'baheula', saat bermain mural dam-daman para orang dewasa ini seolah diajak nostalgia.

Ide ini berawal saat Ridwan Muharam selaku ketua RW 05 mencoba mengakomodir potensi pemuda di wilayahnya. Dengan mengantongi izin dari setiap warga dan upaya patungan untuk membeli cat. Akhirnya, mural di Gang Wargaluyu ini bisa terealisasikan.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Semua mural di permukaan jalan sepanjang 101 meter dengan lebar 2,5 meter ini merupakan hasil karya pemuda sekitar. 10 mural di gang Wargaluyu ini juga dalam rangka menyukseskan program pemerintah "Buruan Sae".

Beberapa warga lain juga datang untuk berkunjung. Mereka datang sekedar untuk berfoto dan mengabadikannya di media sosial. Lukisan ini mampu dinikmati oleh siapapun termasuk yang berasal dari luar RT/RW.


Perwira Ksatria

Meneladani Pengorbanan & Kejujuran Para Pendiri TNI AU untuk Indonesia

Merdeka.com 2021-02-26 23:39:06
Pesawat Hercules pembawa alat kesehatan dari China tiba di Bandara Halim. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Pesawat C130 Hercules dengan nomor registrasi A-1333 mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo tersebut baru saja melakukan misi kemanusiaan dari Shanghai. Mengangkut berton-ton alat kesehatan dan pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Peristiwa tersebut terjadi tanggal 23 Maret 2020 lalu. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambutnya langsung. APD yang dibawa dari China tersebut meliputi 7,2 ton baju pelindung dan 128 kg masker N95. Ditambah lagi 110 kg sarung tangan, 700 kg masker pelindung dan 77 kg kacamata pelindung tenaga kesehatan.

Saat itu, dunia baru saja menghadapi pandemi virus covid-19. Indonesia ikut mengalami krisis alat perlindungan diri. Di awal pandemi, para tenaga medis bahkan sampai mengenakan jas hujan yang dimodifikasi untuk APD. Kelangkaan APD diperburuk dengan penimbunan. Harga masker melambung, dari Rp 40.000 menjadi Rp 500.000 per boks isi 50 lembar.

Misi kemanusiaan yang dilakukan TNI AU adalah salah satu yang pertama dilakukan di tengah pandemi covid-19. Para prajurit udara ini menembus angkasa, melawan 'musuh' yang tidak kelihatan. Membawa harapan untuk masyarakat Indonesia.

Sejak awal berdiri, misi kemanusiaan yang menyerempet bahaya sudah sering dilakukan oleh TNI AU. Tugas penting membawa obat-obatan dari luar negeri ini mengingatkan kita pada peristiwa bersejarah tanggal 29 Juli 1947.

Misi Kemanusiaan VT-CLA

Saat itu Indonesia baru saja merdeka. Kondisi sangat sulit karena Belanda kembali ingin berkuasa melakukan agresi militer. Mereka juga melakukan blokade untuk memutuskan hubungan antara Republik Indonesia dengan dunia luar.

Walau begitu masyarakat dunia tetap menunjukkan simpatinya pada kemerdekaan Republik Indonesia. Di tengah segala keterbatasan dan bahaya, misi diplomatik RI di luar negeri mendapat titik terang. Ada bantuan pesawat angkut sipil C-47 Dakota dari india. Ada pula obat-obatan dari Palang Merah Malaya yang akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Pesawat C-47 Dakota VT-CLA bertolak dari Singapura menuju Yogyakarta. Ada tiga perwira TNI AU dalam pesawat tersebut. Mereka adalah Komodor Muda Udara Adi Sutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adisumarmo Wiryokusumo.

Pada pukul 16.00 WIB, 29 Juli 1947, pesawat VT-CLA sudah siap mendarat di Bandara Maguwo. Ban pesawat bahkan sudah diturunkan dan siap meluncur di landasan. Tiba-tiba munculah dua pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda.

Pesawat Belanda langsung memuntahkan peluru pada C-47 Dakota yang tak bersenjata. Peluru mengenai mesin pesawat hingga terbakar dan jatuh di Desa Ngoto, Yogyakarta. Obat-obatan yang mereka bawa berserakan di reruntuhan pesawat. Ketiga tokoh TNI AU gugur dalam tugas kemanusiaan. Peristiwa tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU.

Dalam upacara peringatan ke-73, 29 Juli 2020 lalu, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, meminta seluruh prajurit TNI AU mewarisi semangat pengorbanan seperti para pendirinya.

"Meskipun hidup di era yang berbeda, namun prajurit TNI AU di masa kini harus mampu berjuang dan mengabdi dengan semangat yang sama," pesan Marsekal Fadjar.

Tak cuma mengangkut APD dari China, TNI AU juga melakukan berbagai operasi kemanusiaan. Mulai untuk korban gempa Mamuju dan Majene hingga korban banjir di Kalimantan Selatan pada bulan Januari 2021 lalu. TNI AU juga melakukan operasi modifikasi cuaca untuk mengurangi potensi banjir di Jabodetabek.

Semangat Antikorupsi

Para pendiri dan perintis TNI AU tak cuma memberikan teladan pengorbanan dan keberanian di medan tempur. Banyak cerita yang bisa diteladani generasi penerus di tengah kondisi bangsa saat ini.

Teladan tersebut adalah sifat kesederhanaan dan antikorupsi. Suatu hal yang kini sangat langka. Bahkan di tengah pandemi, masih saja ada menteri dan pejabat yang ditangkap karena korupsi.

Ada kisah menarik dari Marsekal Suryadi Suryadarma, Kepala Staf TNI AU pertama di Republik (1946-1962). Di masa kepemimpinannnya, TNI AU membangun kekuatan hingga menjadi salah satu yang paling disegani di Asia.

Tahun 1960an, TNI AU membeli MiG-15 UTI dan MiG-17 Fresco dari Polandia. Dari Uni Soviet, TNI AU membeli TU-16 dan pesawat pemburu tercanggih kala itu, MiG-21. Begitu juga dengan peluru kendali anti pesawat tempur SAM-2 dan segala perlengkapan canggih lainnya.

Di tengah segala kesempatan, Suryadarma sama sekali tak tergoda untuk korupsi. Dia tak mau memanfaatkan anggaran negara untuk kepentingan pribadi. Saking lurusnya, rumah yang ditempatinya belum lunas saat Suryadarma meninggal tahun 1975.

Ceritanya tahun 1954, Suryadarma diberi tanah oleh Menteri Pertahanan Iwa Kusuma Sumantri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Iwa tahu kejujuran Suryadarma. Karena itu dia ingin mengusahakan agar Suryadarma punya rumah. Namun apa yang terjadi? Oleh Suryadarma, tanah tersebut malah dihibahkan pada AURI dan kemudian menjadi Wisma Angkasa.

Iwa gelang-geleng. Dia kemudian memberikan lagi tanah pada Suryadarma. Kali ini dengan pesan. "Ini tanah dari saya pribadi ya. Jadi jangan diberikan ke AURI lagi," pesan Iwa.

Namun tanah di Kalibata tersebut malah akhirnya terkena pelebaran Taman makam Pahlawan. Sampai dengan akhir hayatnya, Suryadarma masih menyicil rumah yang ditempatinya dari tahun 1950. Akhirnya cicilan tersebut baru dilunasi TNI AU di era Kasau Saleh Basarah.

Demikian diceritakan dalam Buku Suryadi Suryadarma, Bapak Angkatan Udara yang ditulis Adityawarman Suryadarma dan diterbitkan Penerbit Buku Kompas Tahun 2017.

Kisah lain soal kesederhanaan Suryadarma adalah soal kebiasaannya membawa roti atau bekal dari rumah. Jarang sekali Bapak TNI AU ini makan di rumah makan apalagi restoran mewah.

Suryadarma pun sering blusukan hingga ke pangkalan TNI AU yang terpencil. Hal ini dilakukannya diam-diam untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya terjadi. Uniknya, dia selalu membawa veldbed atau tempat tidur lipat sendiri.

Biasanya Suryadarma akan tidur di base ops pangkalan. Kadang malah dimintanya awak pesawat tinggal di hotel, sementara untuk dirinya cukup beralas veldbed di pangkalan.

Kembalikan Uang Perjalanan Dinas

Ada lagi teladan Suryadarma saat purnatugas di AURI dan mendapat tugas diplomatik ke Kuba tahun 1962. Ketika pulang, Suryadarma langsung mengembalikan uang sisa perjalanan dinasnya ke Kementerian Luar Negeri. Lengkap dengan catatan seluruh pengeluarannya selama bertugas. Rupanya hal ini malah membuat heran petugas.

"Belum pernah ada yang seperti ini, Pak." katanya.

Saat itu rupanya sudah jadi kebiasaan kalau uang perjalanan dinas dianggap 'habis' saja. Jika ada kelebihan, tak pernah dikembalikan. Suryadarma hanya tersenyum mendengar hal itu.

Suryadi Suryadarma©2021 Perpusnas

Kisah serupa juga dialami oleh sosok Proklamator RI dan Mantan Wapres Mohammad Hatta. Saat itu Bung Hatta baru kembali setelah berobat di Austria tahun 1971. Bung Hatta yang terkenal jujur, ingin mengembalikan sisa uang perjalanan dinasnya ke Sekretariat Negara. Namun pihak Setneg malah menolak uang tersebut. Mereka menyebut uang yang sudah dikeluarkan, sudah sah menjadi hak milik orang yang dibiayai. Tak perlu dikembalikan.

Bung Hatta menolak hal ini. Menurutnya sisa uang perjalanan dinas, berapa pun nilainya, harus dikembalikan ke negara. Bung Hatta menilai masih banyak rakyat Indonesia yang lebih membutuhkan uang tersebut. Prinsip Bung Hatta soal kejujuran sangat tegas.

Sekretaris Bung Hatta sampai bolak-balik ke Istana mencari cara untuk mengembalikan uang itu. Setelah ada bukti pengembalian uang, barulah Bung Hatta merasa puas. Demikian dikisahkan Gemala Rabi’ah Hatta dalam buku Bung Hatta di mata tiga puterinya yang diterbitkan Kompas tahun 2015.

Banyak kisah lain soal kejujuran yang dicontohkan para pendiri TNI AU lainnya. Ada kisah pilot jagoan TNI AU, Komodor Leo Wattimena yang tak mau mengambil sedikit pun barang yang bukan miliknya saat operasi.

Leo juga yang marah saat anak buahnya hanya diberi makan tempe saat operasi tempur, sementara para pejabat makan daging. Hal ini murni didorong rasa kepemimpinan dan jiwa korsanya yang sangat tinggi.

Kesederhanaan dan Kejujuran yang dicontohkan para pendiri TNI AU ini masih relevan sampai kapan pun. Semoga kisah-kisah ini bisa diteladani generasi muda agar Indonesia bebas korupsi.

Cara Merawat Cupang Biar Cuan

10 Ikan Cupang yang Banyak Diminati, Berikut Cara Merawatnya

Merdeka.com 2021-02-09 08:25:00
Ikan cupang hias. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Memiliki hobi merawat binatang dipercaya dapat mengurangi stres. Salah satu binatang yang terbilang mudah dipelihara adalah ikan cupang. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang habitatnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura dan Vietnam. Pada umumnya cupang dibagi ke dalam tiga golong yaitu cupang hias, cupang, aduan dan cupang liar.

Tiap-tiap jenis ikan cupang memiliki keunikannya masing-masing. Ada jenis ikan cupang yang memiliki warna kontras, ada yang memiliki ekor panjang sehingga nampak anggun saat berada di akuarium. Ada pula cupang yang terbilang langka dengan harga puluhan juta.

Jika kamu berencana memelihara ikan cupang, jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai jenis-jenis ikan cupang. Jangan lupa pula untuk mempelajari bagaimana cara perawatannya yang baik agar ikan cupang yang kamu pelihara nanti tetap tumbuh dengan baik.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 10 ikan cupang yang banyak diminati, lengkap dengan cara merawatnya telah dirangkum dari Liputan6.com:


1. Big Ear (Dumbo)

Ikan cupang yang banyak diminati pertama ada Big Ear atau kerap dikenal dengan cupang dumbo. Cupang ini punya sirip telinga yang sangat lebar seperti sayap. Dasarnya jenis ikan cupang ini adalah salah satu variasi ikan cupang yang baru dikembangkan. Meskipun demikian, ikan cupang jenis ini sudah bisa kamu temui di Indonesia.

2. Cupang Sarawak

Ikan cupang yang banyak diminati berikutnya adalah cupang serawak yang memiliki ciri khusus dengan adanya semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Jenis ikan cupang ini sangat mudah beradaptasi di alam.

3. Fancy

Salah satu jenis ikan cupang ini bisa dibilang cukup ikonik dengan adanya garis warna tunggal di tubuh bagian depannya. Gradasi warna serta bentuk ekor yang sangat ciamik menjadikan ikan cupang fancy ini sangat cantik jika diletakkan dalam akuarium rumah. Tapi jangan salah, selain warnanya yang cantik, ikan cupang ini juga petarung yang handal.


4. Giant

Selanjutnya ada cupang giant yang tak kalah unik dibanding jenis ikan cupang lainnya. Tolak ukur mengapa memelihara cupang ini justru berbeda dengan beberapa jumlah cupang lain yang dipelihara karena keindahannya. Sebab, para kolektor ikan cupang jenis ini berniat memelihara karena ukurannya yang sangat besar.

 /></p>
<p style=©Liputan6.com/Johan Tallo

Bahkan, cupang giant bisa tumbuh mencapai 12 cm. Jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Kendati demikian, karena ukuran tubuhnya yang besar, ikan cupang giant sulit bergerak lincah layaknya jenis ikan cupang lainnya.


5. Plakat

Plakat juga merupakan jenis ikan cupang yang cukup banyak diminati oleh para pecinta ikan cupang di Indonesia. Hal ini tak lain karena ikan cupang plakat memiliki tubuh yang cenderung kekar dan bentuk sirip yang tegas. Jenis ikan cupang ini biasanya dipelihara sebagai ikan aduan. Kendati demikian, bentuknya yang indah juga jadi nilai tambah bagi siapa pun yang memeliharanya.

6. Half Sun

Ikan cupang half sun adalah buah perkawinan silang antara jenis ikan cupang halfmoon dan crowntail. Ikan cupang half sun punya bentuk ekor yang menyerupai jenis halfmoon, tetapi pada ujung ekor serta siripnya ada belahan-belahan yang menyerupai mahkota. Bentuk sirip serta ekor tersebut yang akhirnya menyerupai matahari atau dalam Bahasa Inggris adalah “sun”.



7. Double Tail

Nama ikan cupang double tail berasal dari bagian ekor ikan ini yang terbelah menjadi dua bagian, layaknya bercabang dua. Jenis ikan cupang double tail cukup sulit dikembangkan. Maka tidak heran jika keberadaan ikan ini masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka. Meskipun begitu, bagi kamu yang gemar mengoleksi ikan cupang langka double tail bisa jadi pilihan yang cukup menarik.

8. Crown Tail

Ikan cupang yang paling banyak diminati selanjutnya yaitu cupang crown tail. Cupang ini banyak dipelihara karena keindahan bentuknya. Seiring dengan namanya, jenis ikan cupang crown tail punya ekor bak mahkota jika sedang menghadap ke atas. Serit-serit yang terletak di ekornya akan terlihat seperti mahkota raja.


9. Veil Tail

Sedangkan jenis ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang menjuntai dan lebar. Ikan cupang ini adalah jenis ikan cupang yang umum dikembangbiakkan oleh breeder ikan cupang. Jenis ikan cupang veil tail yang unik biasanya memiliki kombinasi motif warna marble dan koi.

10. Cupang Paradise

Kamu juga bisa memilih cupang paradise sebagai salah satu ikan cupang peliharaan kamu di rumah. Cupang paradise atau yang punya nama ilmiah Marcopodus opercularis, banyak ditemukan di persungaian Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi. Ciri-ciri jenis ikan cupang ini yaitu ekornya bercabang, lalu dilengkapi dengan garis-garis vertikal dengan warna hijau muda.





Cara Merawat Ikan Cupang

Setelah mengetahu jenis-jenis ikan cupang, penting bagi kamu terlebih jika pemula untuk mengetahui bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik dan benar.

 /></p>
<p style=©2020 Merdeka.com/Lip6

Pada dasarnya cara merawat ikan cupang tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara berkembang dengan baik. Kemudian, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merawat ikan cupang. Berikut tipsnya:

  • Beri makanan yang bergizi.
  • Jemur sesekali di bawah sinar matahari.
  • Berikan daun Ketapang.
  • Jaga kebersihan aquarium.
  • Perhatikan jenis air.
  • Gunakan wadah dengan ukuran yang tepat.

Berminat Menginap di Luar Angkasa?

Hotel Ruang Angkasa Pertama di Dunia akan Beroperasi pada 2027

Merdeka.com 2021-03-08 15:11:25
Penampakan desain hotel ruang angkasa Stasiun Voyager.. ©CNN

Pada 2019, perusahaan California, Gateway Foundation merilis rencana pembangunan hotel bergaya kapal pesiar yang suatu hari nanti bisa mengapung di atas atmosfer Bumi.

Dinamakan Stasiun Von Braun, konsep futuristik ini - terdiri dari 24 modul yang dihubungkan oleh poros elevator yang membentuk roda berputar yang mengorbit Bumi - dijadwalkan akan beroperasi penuh pada tahun 2027.

Beberapa tahun kemudian nama hotel berganti menjadi Stasiun Voyager - dan akan dibangun oleh Orbital Assembly Corporation, sebuah perusahaan konstruksi baru yang dikelola mantan pilot John Blincow, yang juga memimpin Gateway Foundation.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan CNN Travel, Blincow menyampaikan terjadi beberapa penundaan karena Covid-19, tetapi pembangunan hotel luar angkasa diharapkan akan dimulai pada 2026, dan persinggahan di luar angkasa dapat menjadi kenyataan pada 2027.

“Kami berupaya membuat publik menyadari bahwa zaman keemasan perjalanan luar angkasa ini akan segera tiba,” kata Blincow, dikutip dari CNN, Senin (8/3).

Desain hotel kemungkinan tak jauh beda dengan hotel mewah di Bumi.

Saat desain awal dimunculkan beberapa tahun lalu, Tim Alatorre, arsitek desain senior di Orbital Assembly Corporation mengatakan kepada CNN Travel, estetika hotel merupakan respons langsung terhadap film Stanley Kubrick "2001: A Space Odyssey".

“Menurut saya tujuan Stanley Kubrick adalah untuk menyoroti kesenjangan antara teknologi dan kemanusiaan dan karenanya, dengan sengaja, dia membuat stasiun dan pesawat menjadi sangat steril, bersih, dan asing.”

Sebaliknya, Alatorre dan timnya ingin mengadopsi suasana bumi ke luar angkasa melalui kamar yang hangat serta bar dan restoran. Para tamu mungkin berada di luar angkasa, tetapi mereka masih dapat menikmati tempat tidur dan kamar mandi biasa.

Ada juga rencana untuk menyajikan "makanan luar angkasa" tradisional - seperti es krim kering beku - di restoran hotel.

Selain itu ada juga kegiatan rekreasi yang ditawarkan yang menurut Alatorre " Anda dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan di Bumi.”

“Karena bobotnya yang ringan dan gravitasi yang berkurang, Anda akan bisa melompat lebih tinggi, bisa mengangkat benda, bisa berlari dengan cara yang tidak bisa Anda lakukan di Bumi,” jelasnya.


Bagaimana cara kerja hotel ruang angkasa?

Alatorre menerangkan, roda yang berputar akan bekerja untuk menciptakan simulasi gravitasi.

“Stasiun berputar, mendorong isi stasiun keluar ke sekeliling stasiun, seperti Anda dapat memutar seember air - air mendorong keluar ke dalam ember dan tetap di tempatnya,” jelasnya.

Di dekat pusat stasiun tidak ada gravitasi buatan, tetapi saat Anda bergerak ke luar stasiun, perasaan gravitasi meningkat.

Wisata luar angkasa menjadi topik yang semakin hangat, dan ada beberapa perusahaan yang mencoba mewujudkannya - dari Virgin Galactic hingga SpaceX Elon Musk.

Sistem StarShip SpaceX dapat membantu meluncurkan Voyager Station.

“Kami tidak dapat menyebut SpaceX sebagai mitra kami, tetapi di masa depan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka,” jelas Blincow.


Berapa tarif hotel ruang angkasa?

Untuk saat ini, hotel luar angkasa tidak mengiklankan tarif kamar, tetapi diperkirakan akan bertarif mahal.

Virgin Galactic, misalnya, berencana meluncurkan penumpang ke ruang sub-orbital dengan harga USD 250.000 per orang, per perjalanan.

Namun tim di belakang Voyager Station mengatakan mereka berharap pada akhirnya menginap di hotel itu setara dengan “perjalanan dengan kapal pesiar atau perjalanan ke Disneyland.”

Tim juga berharap bisa membangun stasiun penelitian, dan memicu peluang pariwisata dan perdagangan luar angkasa.

“Kami sedang merancang alat dan mesin sekarang yang dapat membangun struktur ini dengan sangat cepat,” jelas Blincow.

Tim membayangkan perusahaan pemerintah atau swasta bisa menggunakan modul tersebut untuk melatih kru "menuju ke Mars, Bulan, dan seterusnya," seperti yang diuraikan Alatorre pada 2021.

Tahap selanjutnya untuk memulai Voyager Station adalah membawa lebih banyak investor dan melanjutkan pengujian di lapangan.

Tujuan akhirnya, seperti yang dikatakan Alatorre pada 2019, adalah “untuk menciptakan budaya pesawat luar angkasa di mana orang pergi ke luar angkasa, dan tinggal di luar angkasa, dan bekerja di luar angkasa dan mereka ingin berada di luar angkasa. Dan kami percaya bahwa ada permintaan untuk itu.”

Baca juga:
China Pamerkan Sampel Batu dari Bulan Seberat 1,7 Kilogram Hasil Misi Chang'e 5
Robot Penjelajah NASA Berhasil Mendarat di Permukaan Mars
Peristiwa 20 Februari, Peluncuran Stasiun Luar Angkasa Mir oleh Uni Soviet
Persaingan AS dan China Tembus Hingga ke Luar Angkasa
Fenomena Langka Jupiter dan Saturnus Terlihat Sejajar dan Berdekatan
Sejarah 21 Desember: Peluncuran Apollo 8, Misi untuk Mencapai Orbit Bulan

Agar Mereka Bisa Berjalan

Kreativitas Tanpa Batas Para Penyandang Disabilitas

Merdeka.com 2021-03-08 11:00:00
Kreatifitas Tanpa Batas Para Penyandang Disabilitas. ©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Keterbatasan fisik terkadang bagi beberapa orang dianggap sebagai kekurangan bahkan menjadi hambatan dalam beraktifitas.Stigma negatif dan anggapan lemah kerap kali datang silih berganti pada penyandang disabilitas. Namun tidak bagi Indra Sumedi, keterbatasan fisik yang dimiliki justru membuat ia terus berkarya.

Indra Sumedi Rejan bersama Anwar Permana (44) mencetuskan Yayasan Kreatifitas Difabel Mandiri (YKMD). Bersama teman-teman disabilitas lainnya mereka membuat kaki dan tangan palsu. Selain membantu para tuna daksa mendapatkan kaki palsu, yayasan yang sudah disahkan legalitasnya pada tahun 2020 inijuga membuka lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Bermodal kemauan dan semangat yang tinggi, Indra secara otodidak belajar membuat kaki dan tangan palsu. Pria yang tak memiliki kedua kakinya ini mulanya membuat untuk ia pakai sendiri.

Namun, seiring berjalannya waktu ia membuatkan kaki palsu untuk temannya yang juga penyandang disabilitas. Kini, pria kelahiran 23 Mei 1974 itu bergerak dengan napas hidup dan menghidupi.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Bengkel kecil di Jalan Kawaluyaan Baru, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Bandung ini tak hanya menjual produk kaki dan tangan palsu. Namun juga menerapkan subsidi silang setiap kali berhasil menjual tiga sampai empat kaki atau tangan palsu.

Dengan subsidi silang, maka ada satu kaki atau tangan palsu yang diberikan secara cuma-cuma untuk mereka yang membutuhkan.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Yayasan yang sebelumnya bernama Komunitas Kreatif Difabel (KKD) ini membanderol kaki palsu dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 12 juta. Tergantung dengan model dan usia penggunanya. Ada beberapa jenis kaki palsu, di antaranya kaki palsu biasa dan kaki palsu bersumbu lentur.

Sedangkan untuk tangan palsu mereka membanderol kisaran Rp 1 juta hingga Rp 7 juta. Beberapa jenis di antaranya yaitu tangan palsu biasa dan tangan palsu yang memiliki sistem body power.

©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Punya kualitas yang mumpuni, yayasan yang beranggota tujuh orang ini sudah memasarkan produknya hampir keseluruh wilayah di Indonesia, seperti Papua, Sulawesi, Jambi, dan Kalimantan. Hasil buah tangan mereka juga sudah dilirik sampai Negeri Jiran.

Tak hanya melayani jasa pembuatan saja, Yayasan Kreatifitas Difabel Mandiri ini juga melayani jasa servis, penggantian komponen, hingga rekontruksi kaki palsu. Tarif untuk jasa ini bergantung pada kesulitan perbaikan yang diperlukan. 11 tahun beroperasi, yayasan ini sudah membantu para tuna daksa dengan kreativitasnya.