Volume 15

Mahkota Ratu Dicopot Paksa

Sri Lanka Tangkap “Mrs World” Setelah Tarik Mahkota Pemenang Penggantinya di Panggung

Merdeka.com 2021-04-09 18:00:00
Caroline Jurie menarik mahkota Pushpika de Silva beberapa menit setelah dia dinyatakan sebagai pemen. ©AFP

Polisi Kolombo menangkap “Mrs World” saat ini atas tuduhan penyerangan dan perkelahian di atas panggung di mana dia menarik mahkota dari kepala Mrs World yang baru.

Caroline Jurie menarik mahkota dari Pushpika de Silva beberapa menit setelah dia dinyatakan sebagai Mrs World Sri Lanka 2020 di sebuah pesta di Bioskop Nelum Pokuna Kolombo pada Minggu.

Jurie adalah Mrs Sri Lanka tahun sebelumnya dan telah memenangkan kompetisi Mrs World.

De Silva perlu dirawat di rumah sakit setelah insiden tersebut. Insiden tersebut mengagetkan para penonton yang ada di bioskop maupun yang menonton melalui siaran langsung di media sosial.

“Kami telah menangkap Jurie dan (rekannya) Chula Manamendra sehubungan dengan tuduhan penyerangan dan menyebabkan kerusakan pada (bioskop) Nelum Pokuna,” jelas pejabat senior polisi Ajith Rohana, dikutip dari Al Jazeera, Jumat (9/4).
Pada Kamis, De Silva mengatakan kepada wartawan di luar kantor polisi Cinnamon Gardens di Kolombo, dia siap untuk mencabut tuntutan jika Jurie menyampaikan permintaan maaf secara terbuka, tetapi dia menolak.

“Saya mencoba mengakhiri ini di luar pengadilan, tetapi dia menolak,” kata de Silva.

“Saya bisa memaafkan, tapi tidak melupakan.”

Belum ada pernyataan dari dari Jurie atau pengacaranya.

Sumber kepolisian mengatakan kepada AFP, sidang pengadilan kemungkinan besar akan dilakukan pekan depan dan Jurie serta rekannya, yang jatuh ke panggung pada Minggu, dapat diberikan jaminan pada Kamis malam.

Jurie naik ke atas panggung mengklaim de Silva telah bercerai dan karena itu tidak memenuhi syarat untuk memenangkan kontes tersebut.

Salah satu syarat ialah kontestan harus sudah menikah. De Silva berpisah dengan suaminya, tetapi mereka masih menikah secara resmi.
Penyelenggara mengatakan mereka meminta kompensasi dari Jurie atas kerusakan pada panggung dan ruang ganti di belakang panggung di mana beberapa cermin dipecahkan.

Penyelenggara mengatakan Jurie juga telah membawa nama buruk atas acara tersebut.

Pemegang waralaba lokal untuk kontes tersebut, Chandimal Jayasinghe, mengatakan mereka “sangat rishi dan dengan tulus menyesali” perilaku Jurie.

Disebut Seperti Bidadari

Potret Terbaru Natasha Wilona Makin Cantik, Netizen Sebut Seperti Bidadari

Merdeka.com 2021-04-08 15:00:00
Natasha Wilona. ©2021 Merdeka.com/Instagram @fdphotography90

Nama Natasha Wilona sudah tidak asing lagi di dunia hiburan tanah air. Namanya dikenal lantaran sering tampil di layar kaca.

Natasha Wilona kembali menjadi perbincangan. Mantan kekasih Verrell Bramasta ini menjadi perbincangan lantaran unggahannya di instagram.

Natasha Wilona mengunggah foto terbarunya. Netizen menyebut penampilan Natasha Wilona bak bidadari. Ini potretnya.


Potret Terbaru Natasha Wilona

Hal itu terungkap dari unggahan terbaru Natasha Wilona di instagram. Tampak Natasha mengunggah empat foto dengan ekspresi wajah berbeda yang menjadi sebuah kolase.

Tampak rambut Natasha Wilona dibiarkan panjang tergerai. Penampilannya mencuri perhatian.

©2021 Merdeka.com/Instagram Natasha Wilona


Seperti Bidadari

Unggahan Natasha Wilona mendapat banyak komentar dari netizen. Natasha Wiloan disebut seperti bidadari.

"FLAWLES and STUNNING Ka Wilona," tulis @nicole_rossi_.

"Cantik banget deh ka wilona," tulis @ikriaah_.

"Bidadari ini mah," tulis @bangndat16.

Baca juga:
Dijuluki Crazy Rich Surabaya, Ini Kesan Melvin Tenggara saat Bertemu Natasha Wilona
Dituding Makan Bareng Stefan William, Natasha Wilona Beri Jawaban Tegas
Asli Air Matanya Sendiri, Ternyata Begini Cara Natasha Wilona Akting Menangis
Potret Natasha Wilona Bak Cinderella, Banjir Pujian Netizen
Terseret Isu Rumah Tangga Stefan William dan Celine, Begini Tanggapan Natasha Wilona
Natasha Wilona Kenang Masa Susah, Tinggal di Rumah Kayu sampai Pakai Baju Lungsuran

Survei Membuktikan...

Adu Kuat Capres Potensial Pilpres 2024

Merdeka.com 2021-03-26 10:47:44
infografis calon kandidat presiden. ©2021 Merdeka.com

Pilpres 2024 memang masih jauh. Bukan berarti gaungnya tidak terdengar. Sejumlah nama bahkan digadang-gadang layak menjadi calon presiden. Kebanyakan dari mereka merupakan kepala daerah. Adapula nama menteri masuk dalam radar survei.

Tiga nama kepala daerah itu adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kemudian nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Nama terakhir ini sudah tidak asing lagi. Prabowo sudah bolak-balik mengikuti ajang Pilpres.

Dari sejumlah survei sejak Juli 2020 hingga Maret 2021, Prabowo memang selalu unggul. Kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Ketiga nama tokoh tersebut bergantian menempati posisi satu, dua dan tiga dalam sejumlah survei.

Di bawah ketiga nama tersebut, terdapat Menteri Parekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Keduanya menempel ketat di posisi keempat dan kelima.

Direktur Riset Populi Center, Usep Achyar, menilai semua nama tersebut memang sudah lama muncul. Mereka memang dinilai layak untuk menjadi presiden. Ditambah nama mereka selalu teratas di sejumlah versi dan merupakan media darling. Terutama nama Prabowo, Ganjar dan Anies.

"mereka punya instrumen aktualisasi diri yang cukup disorot dalam hal ini menduduki jabatan penting di pemerintahan," kata Usep kepada merdeka.com, Kamis kemarin.

Tiap nama memang memiliki keunggulan. Seperti pada Anies. Posisi mantan menteri pendidikan itu tampak diposisikan berhadapan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usep melihat Anies bisa mengambil ceruk masyarakat yang tidak memilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu.

Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat suara sekitar 55 persen. Sisanya 45 persen suara Prabowo-Sandiaga, kemungkinan besar bisa beralih mendukung Anies saat ini. Salah satu alasannya, yakni masuknya Prabowo dan Sandiaga dalam jajaran kabinet menteri era Presiden Jokowi.

Di samping itu, Anies mendapat persepsi bagus dari publik. Mereka melihat Anies punya nilai tersendiri soal kepemimpinan seperti soal kecerdasan atau keterampilan memimpin. "Saya kira ini yang kemudian menjadi ceruk Aneis yang dimainkan itu menjadi kecerdasan tersendiri bagi Pak Anies untuk memainkan ini," katanya.

Kemudian untuk Ganjar Pranowo, Usep menjabarkan, gubernur Jateng tersebut selama ini mendukung penuh pemerintahan karena berasal dari suku dan partai sama. Kemudian Ganjar dikelompokkan sebagai pendukung utama di pemerintahan Presiden Jokowi. Ditambah Ganjar juga relatif dipandang berhasil memimpin Jawa Tengah.

Memang harus disadari posisi Ganjar akan terganjal. Ini dikarenakan di PDIP terdapat nama Puan Maharani, selaku ketua DPR sekaligus anak kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Posisi ini tentu membuat Ganjar harus ekstra keras agar mendapatkan tiket untuk menjadi calon presiden.

"Apakah akan punya tiket atau tidak ini persoalan ya karena kalau PDIP juga kan banyak calon-calon yang potensial selain Ganjar," ungkap dia.

Sementara untuk Prabowo, publik dirasa sudah sangat paham. Modal sebagai menteri pertahanan tentu memberi peran besar. Untuk itu ketua umum Partai Gerindra tersebut harus bisa menunjukkan keberhasilan. Sehingga ke depan menambah poin Prabowo. Walaupun mungkin banyak orang kecewa dengan bergabungnya Prabowo dengan Jokowi.

"Pak Prabowo ini mungkin dia lebih tinggi di kelompok kelompok tua. Saya kira juga kan pendukungnya masih banyak," kata Usep menjelaskan.

Pentingnya Popularitas

Di kesempatan lain, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan, melihat ada tiga faktor yang memengaruhi nama Prabowo, Anies dan Ganjar selalu teratas dalam survei capres. Pertama, mereka ini tingkat popularitasnya sudah tinggi semua di atas 75 persen-80 persen. Dengan angka itu artinya lebih dari 75 persen pemilih Indonesia sudah mengenal mereka.

Khusus untuk Prabowo, kata dia, bahkan tidak berbeda jauh dengan Jokowi popularitasnya. Apalagi dia sudah tiga kali mencalonkan jadi presiden.

Nama Anies juga sama sudah berada dalam radar politik Indonesia. Seperti dalam 10 tahun terakhir. Begitu juga Dengan nama Ganjar, Ridwan Kamil hingga Sandiaga. "Mau tidak mau faktor popularitas itu penting kan tidak mungkin orang mau memilih kalau dia tidak kenal," kata Djayadi.

Selain itu para kandidat capres versi lembaga survei, ini juga punya tingkat likebilitas atau tingkat kesukaan masyarakat di atas 80 persen. Dengan angka itu, untuk dianggap sudah layak menjadi kandidat calon presiden.

Para kandidat ini juga memiliki kualitas personal. Misalnya, Anies Baswedan yang dianggap unggul karena pintar berpendidikan dan memiliki kapasitas untuk memerintah. Lalu, sosok Prabowo dikenal tegas dengan latar belakang militer, pengusaha sekarang jabatan menteri.

Kehilangan 11 Anggota Keluarga

Maria Magdalena Sura Ola, Kehilangan 11 Orang Keluarga Akibat Banjir Bandang Adonara

Merdeka.com 2021-04-10 14:00:00
Korban banjir bandang di Adonara. ©2021 Merdeka.com/Ananias Petrus

Duka mendalam dirasakan Maria Magdalena Sura Ola, warga Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, Pulau Adonara, Nusa Tenggara.

Maria kehilangan 11 orang anggota keluarganya karena diterjang banjir bandang yang menghantam desanya, Minggu (4/4) dini hari.

Semua keluarga meninggal, kini hanya tinggal Maria dan kedua anaknya yang masih kecil.

Kesebelas anggota keluarga itu terdiri dari suami, ayah dan ibu mertua, adik ipar dan kakak ipar beserta istri serta anak-anaknya.

Sebelas anggota keluarga Maria ini merupakan bagian dari 56 korban meninggal di Desa Nelelamadike akibat banjir bandang.

Kejadian nahas yang merenggut nyawa suami dan keluarganya itu terjadi, saat Maria tidak berada di rumahnya. Saat kejadian Maria sedang berada di rumah orang tuanya untuk mempersiapkan pesta Paskah 2021.

Sehari sebelum badai menyapu bersih desa Nelelamadike, suami mengantar Maria dan anak ke rumah orang tua Maria di desa tetangga.

Maria dan anak seolah berfirasat buruk ketika sang suami mengantarkan anaknya. Anak mereka enggan kembali dengan suami untuk merayakan Paskah di rumah mereka.

Rupanya, hari itu merupakan momen terakhir Maria dan kedua anaknya bertemu suami tercinta dan keluarga besarnya.

Maria berharap pemerintah memperhatikan kedua buah hatinya yang masih berusia lima dan satu tahun itu.

"Harapan saya, anak saya kan masih kecil, saya mohon harapan dan belas kasihan dari pemerintah, perhatikan anak saya apalagi masa depan kan masih terlalu panjang. Saya tidak ada keluarga lagi, tidak ada harapan lagi untuk mereka. Saya kasihan anak saya. Perhatikan anak saya, apalagi anak saya yang masih kecil. Itu saja yang saya harapkan," Harapnya, Sabtu (10/4).

Nelelamadike merupakan salah satu desa terparah akibat banjir bandang. Selain 56 korban tewas, setidaknya ada 1.200 orang yang mengungsi di posko darurat yang dibangun pemerintah.

Untuk diketahui, total korban jiwa dalam bencana alam di Pulau Adonara sebanyak 71 jiwa, 5 dilaporkan hilang, 70 jiwa luka-luka dan masih dirawat dan 1.389 warga mengungsi di posko-posko terpusat. Sedangkan total jiwa terdampak dari 19 desa dari 6 kecamatan sebanyak 95.626 jiwa.

Pangeran Jago Perang Laut

Pangeran Philip, Antara Jasa, Amal, dan Selera Humornya yang Kontroversial

Merdeka.com 2021-04-11 18:00:14
pangeran philip. ©Reuters/Hannah McKay

Keluarga paling tersohor sejagat raya kini tengah berduka.

Pangeran Philip, suami dari Ratu Inggris Elizabeth II meninggal pada usia 99 tahun dua hari lalu.

The Duke of Edinburgh, demikian gelar kebangsawanannya--menikahi Ratu Elizabeth pada 1947 dan menjadi sosok suami paling lama dalam sejarah Inggris.

Dia akan dikenang karena jasa-jasa kegiatan amalnya, dedikasinya kepada layanan publik dan tentu saja, selera humornya yang kontroversial.

Pangeran Philip suatu kali pernah berseloroh tentang dirinya sendiri yang dia sebut sebagai "pencari kotoran paling berpengalaman di dunia". Namun sebagai anak generasi yang lahir ketika negara-negara Eropa saling berperang dan seorang laksamana angkatan laut yang berjasa ketika Perang Dunia Kedua, Pangeran Philip adalah sosok yang unik.

Masa kanak-kanak

Dilansir dari laman CNN, Jumat (9/4), kehidupan Pangeran Philip cukup penuh drama. Keponakan dari Raja Yunani Konstantin I ini adalah Pangeran Yunani dan sekaligus Denmark yang lahir pada 1921 di meja ruang makan di sebuah vila di Pulau Corfu, Yunani.

Delapan belas bulan kemudian dia harus tinggal di pengasingan ketika monarki Yunani digulingkan oleh pemberontak revolusi. Pengalaman itulah yang nantinya membuat Philip berkeinginan memodernisasi Kerajaan Inggris di bawah kepemimpinan sang Ratu.

Bayi kecil Philip kemudian naik kapal Inggris, HMS Calypso, yang memang dikerahkan dalam misi rahasia untuk menyelamatkan keluarganya. Di kapal itu dia tidur di dalam kotak buah.

Tak punya status warga negara--untuk ukuran bangsawan--keluarga Philip yang miskin kemudian berpindah-pindah dari rumah mereka ke kerabat-kerabat di saat Eropa menjelang Perang Dunia Kedua.

Ibunya, Alice, harus masuk klinik psikiater pada 1930. Dia kemudian diasuh oleh pamannya, Lord Louis Mountbatten, dan dia beberapa kali pindah sekolah dari Inggris, Jerman, dan Skotlandia.

Pada 1935 ayahnya, Andrew, memaksa dirinya masuk militer Yunani. Namun Philip lebih memilih tetap bersekolah di Skotlandia. Di sanalah dia bersiap untuk bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris.


Anak muda Viking

Philip masuk Angkatan Laut pada 1939 tahun yang sama dia bertemu Elizabeth ketika perempuan itu mengunjungi Kampus Angkatan Laut di Dartmouth bersama ayahnya, Raja George VI. Perjalanan Elizabeth dan ayahnya diurus oleh Mounbatten.

Salah satu sepupunya, Lady Kennard, menyebut Philip muda "mirip anak muda Viking, sangat pirang, kuat, dan tampan. Rasanya dia jadi idola siapa pun."

Sebagai warga negara Yunani, Philip awalnya ditugaskan dengan status "warga asing netral" di Angkatan Laut. Tapi ketika Italia menyerang Yunani pada 1940, dia ditugaskan ke Valiant, kapal perang yang beroperasi di Mediterania.

Philip kemudian berjasa dalam pertempuran malam hari pada 1941 di dekat Cape Matapan. Kapal-kapal Inggris menghancurkan banyak kapal Italia. Dia kemudian diberi penghargaan Greek War Cross of Valor. Setelah sejumlah jabatan dan promosi, Philip ditunjuk sebagai Letnan Satu kapal HMS Whelp, kapal perang Inggris yang dikerahkan di Pasifik bersama Angkatan Laut AS saat pertempuran Iwo Jiwa. Seusai Perang Dunia Kedua Philip masih bertugas di Angkatan Laut dan menjalin kedekatan dengan Elizabeth yang kemudian menjadi kisah asmara di tengah publik.

Pada 1947 Philip menjadi warga naturalisasi Inggris, dia pun mendapat gelar kebangsawanan dan mengganti namanya dari Philip Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glucksburg dengan nama keluarga yang diambil dari nama paman sekaligus bapak baptisnya, Philip Mounbatten.

Philip dan Elizabeth menikah di Westminster Abbey pada 1947. Tak lama kemudian dia kembali bertugas di Angkatan Laut hingga meraih jabatan Letnan Komandan.

Raja George kemudian sakit dan meninggal pada 6 Februari 1952 ketika Philip dan Elizabeth dalam perjalanan resmi ke Kenya.

Pasangan itu kemudian dianugerahi dua anak sebelum Elizabeth mewarisi takhta kerajaan yaitu Pangeran Charles pada 1948 dan Putri Anne pada 1950. Setelah menjadi Ratu mereka mempunyai dua anak lagi Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. Kini mereka punya delapan cucu dan 10 cicit.

"Dia menjadi pasangan hidup yang luar biasa bagi Ratu. Mungkin karena menjadi Ratu adalah tugas yang penuh kesepian," kata Sophia Wessex, istri dari putra bungsu mereka, Pangeran Edward, suatu kali.


Selera humor yang ganjil

Pangeran Philip pernah mengakui dia cukup kesulitan menempatkan diri di tengah keluarga kerajaan. Dia mengatakan dirinya mengemban tugas lebih karena alasan kewajiban ketimbang minatnya.

"Saya tidak mau jadi presiden World Wildlife Fund," kata dia dalam wawancara pada 1992. "Saya diminta untuk itu. Terus terang, saya lebih suka tetap di Angkatan Laut."

Namun karena pekerjaan di bidang amal itulah yang membuat banyak orang mengenangnya. Pada 2016 di Inggris saja sudah lebih dari 2,4 juta orang yang meraih penghargaan Duke of Edinburgh Award. Program ini berjalan di lebih dari 140 negara dan wilayah.

Dia juga menjadi penasihat atau anggota di 785 organisasi nasional yang sebagian besar bergerak di bidang amal.

Selama bertahun-tahun Pangeran Philip dikenal dengan reputasinya yang kerap dipandang rasis.

Pada 1986 Philip membuat pernyataan yang menyinggung banyak orang China. Ketika mengunjungi China dalam perjalanan resmi dia mengatakan kepada siswa pertukaran pelajar asal Inggris: "Kalau kalian tinggal di sini lebih lama mata kalian akan sipit."

Di tahun yang sama dalam sebuah rapat World Wildlife Fund dia mengatakan, "selama masih berkaki empat, tapi bukan kursi, selama masih ada dua sayap dan bisa terbang tapi bukan pesawat, dan selama masih bisa berenang dan mungkin kapal selam, orang Kanton (China) pasti akan memakannya."

Pada 1988 dia bertanya pada siswa Inggris yang baru kembali dari naik gunung di Papua Nugini: "Kalian berhasil tidak dimakan mereka?"

Empat tahun kemudian ketika mengunjungi Australia dengan Ratu, dia dilaporkan pernah bertanya pada sekelompok orang Aborigin: "Apakah kalian masih saling melempar tombak?"

Baca juga:
Suku Vanuatu Anggap Pangeran Philip Sebagai Dewa, Arwahnya akan Kembali
Pangeran Philip Meninggal Dunia
Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun
Tak Dukung Kudeta, Dubes Myanmar untuk Inggris Dikunci di Luar Kedutaan
Seorang Muslim Dibunuh di Inggris, 8 Tahun Kemudian Definisi Islamofobia Jadi Polemik
Polisi Inggris Tangkap 107 Demonstran dalam Aksi Unjuk Rasa Menentang RUU Kepolisian

Musuh Baru Gatotkaca

Gatutkoco Ngedan dan Perlawanan Seniman Hadapi Pandemi

Merdeka.com 2021-04-11 12:58:56
Wayang Orang di Masa Pandemi. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Kursi penonton masih kosong. Dari atas panggung, Gatutkoco beraksi. Menari diiringi tabuhan gamelan dan suara sinden. Karya seni tak boleh mati meski dirundung masa Pandemi.

Wayang Lawan Pandemi. Ungkapan itu keluar dari para seniman Wayang Orang Bharata dalam menghadapi Covid-19 yang hingga kini tak kunjung usai.

Paguyuban kesenian 'wayang wong' yang telah berdiri sejak 1972 itu mendadak lesu seiring pembatasan sosial untuk menghindari kerumunan. Kegiatan hiburan termasuk seni pertunjukan budaya dilarang pentas. Ini sebagai langkah pemerintah memutus penyebaran Virus Corona.

©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

"Panggung sempat ditutup sejak awal Covid, tapi pertengahan (Juli) pemerintah kembali mengizinkan pentas dengan syarat wajib protokol Covid," cerita Kentus (53), Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata.

Kreativitas justru lahir di tengah segala keterbatasan sosial. Berbekal keinginan kuat para seniman untuk terus berkarya. Mereka menggelar pertunjukan secara online, live streaming. Terkadang tampil di program budaya di televisi.

©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Sambil menyelesaikan riasannya sebagai pemeran Begawan, Kentus melanjutkan ceritanya. Acara live streaming yang digelar dua minggu sekali ini untuk menggalang donasi. Sebagai bentuk kepedulian seniman wayang orang kepada sesamanya yang kehilangan pendapatan karena Pandemi.

"Banyak seniman yang terpukul akibat Covid karena mata pencaharian mereka yang lain seperti mengajar seni pertunjukan juga sepi," jelas Kentus.

Untuk diketahui, seniman Wayang Orang Bharata hampir kebanyakan dilestarikan turun temurun yang terlahir dari komunitas paguyuban lantaran generasi muda Indonesia jarang yang berminat menekuni seniman wayang.

©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

"Ya pada intinya harapan seniman semua pandemi ini cepat berakhir supaya kita bisa berkarya seperti dulu lagi, bisa ada penonton supaya lebih semangat berkarya," ucapnya.

Inilah Negara dengan Puasa Terlama

Ramadan 2021, Berapa Jam Puasa di Berbagai Negara di Dunia?

Merdeka.com 2021-04-09 07:36:00
Aktivitas pasar tradisional Palestina saat Ramadan. ©2019 AFP PHOTO/SAID KHATIB

Tahun ini bulan suci Ramadan akan mulai pada Selasa, 13 April pekan depan. Puasa biasanya berlangsung di berbagai tempat mulai dari 10 sampai 21 jam, tergantung di bagian dunia mana Anda berada.

Ramadan mulai 10 sampai 12 hari lebih cepat setiap tahun. Ini karena kalender Islam berdasarkan pada kalender Hijriah di mana setiap bulan berlangsung selama 29 sampai 30 hari. Ramadan berikutnya yang akan mulai sekitar 13 April akan kembali terjadi 33 tahun dari sekarang, atau pada 2054.

Panjang jam siang hari bervariasi dari satu negara ke negara lain. Umat Muslim yang tinggal di negara-negara paling selatan di dunia seperti Chile atau Selandia Baru akan berpuasa rata-rata 11 jam sementara mereka yang tinggal di negara-negara utara seperti Islandia atau Norwegia akan berpuasa 18+ jam.

Bagi umat Islam yang tinggal di belahan bumi utara, panjang jam puasa akan sedikit lebih pendek tahun ini dan akan semakin pendek sampai 2032, yang merupakan tahun Ramadan yang akan jatuh selama titik balik matahari musim dingin - hari terpendek dalam setahun. Setelah itu, jam puasa akan semakin panjang hingga titik balik matahari musim panas - hari terpanjang di tahun Utara. Bagi Muslim yang tinggal di selatan khatulistiwa, hal yang sebaliknya akan terjadi.

Dikutip dari Al Jazeera, Kamis (8/4), di bawah ini adalah berapa lama jam puasa di kota-kota di seluruh dunia. Jam dan waktu puasa sebenarnya akan bervariasi menurut hari, begitu juga dengan metode penghitungannya:

Di kota-kota paling utara yang ekstrem seperti Longyearbyen, Norwegia, di mana matahari tidak terbenam dari 20 April hingga 22 Agustus, fatwa telah dikeluarkan untuk mengikuti pengaturan waktu di Makkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat.


Puasa terlama

- Nuuk, Greenland: 19-20 jam

- Reykjavik, Islandia: 19-20 jam

- Helsinki, Finlandia: 18-19 jam

– Stockholm, Swedia: 17-18 jam

– Glasgow, Skotlandia, Inggris: 17-18 jam

– Oslo, Norwegia: 17-18 jam

– Copenhagen, Denmark: 17-18 jam

– Moskow, Rusia: 17-18 jam

– Berlin, Jerman: 16-17 jam

– Amsterdam, Belanda: 16-17 jam

– Warsawa, Polandia: 16-17 jam

– London, Inggris: 16-17 jam

– Paris, Prancis: 16-17 jam

– Nur-Sultan, Kazakhstan: 16-17 jam

– Brussels, Belgia: 16-17 jam

– Zurich, Swiss: 16-17 jam

Ide Istri Penguasa Orde Baru

Gagasan Ibu Tien Soeharto di Balik Berdirinya Taman Mini Indonesia Indah

Merdeka.com 2021-04-08 09:42:00
Gagasan Ibu Tien Soeharto di Balik Berdirinya Taman Mini Indonesia Indah. ©2021 Merdeka.com

Lima anak Presiden Soeharto digugat secara perdata oleh perusahaan konsultan asal Singapura, Mitora Pte Ktd dengan nomor perkara 244/Pdt.G/2021/PN JKT. SEL. Dalam perkaara tersebut, ada enam tergugat yakni, Siti Hastuti Rukmana, Bambang Trihatmojo, Siti Hediati Hariyadi, Sigit Harjojudanto, Siti Hutami Endang Adiningsih dan Yayasan Purna Bhakti Pertiwi.

Mitora menggugat keenamnya dengan nilai gugatan sebanyak Rp58 miliar dengan rincian Rp84 miliar guna membayar kewajiban dan Rp500 miliar guna mengganti rugi immateriil. Mitora juga meminta agar Museum Purna Bhakti Pertiwi dan Puri Jati Ayu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disita.

Terlepas dari semua itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tersebut dapat berdiri lantaran gagasan dari mendiang Ibu Negara Fatimah Siti Hartinah Soeharto atau Ibu Tien. Berikut ulasannya.


Berdirinya TMII Digagas Oleh Ibu Tien

Siapa yang tak tahu tentang sosok Ibu Negara Fatimah Siti Hartinah Soeharto, perannya sangat besar di era kepemimpinan presiden RI ke-2 Soeharto. Ibu Tien, demikianlah sapaan untuk Ketua Yayasan Harapan Kita atau YHK yang berhasil dirikan pada 28 Agustus 1968 itu.

©2021 Merdeka.com

Perlu diketahui, bahwa Ibu Tien jugalah yang menggagas pembangunan miniatur Indonesia yang saat hingga saat ini diberi nama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tersebut.


Kritik dan Demo Akan Rencana Pembangunan

Namun, saat TMII dibangun tepatnya pada akhir 1971 menuai banyak kritikan. Kala itu Soeharto banyak mendapatkan kritikan serta perlawanan dari banyak orang.

Demonstrasi berjalan di sejumlah titik guna menolak rencana pembangunan tersebut. Meski begitu sebagai presiden sekaligus suami dari Ibu Tien, Soeharto pasang badan terhadap isu, kritik hingga demonstrasi penolakan pembangunan TMII.

"Saya akan menghantam siapa saja yang mencoba melanggar konstitusi, dan saya akan mendapat dukungan dari ABRI. Kalau ada seorang ahli hukum yang mengatakan bahwa Presiden tidak bisa menindak orang yang tidak mengerti dan tidak mau mengerti, maka Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret 1966) bisa saya gunakan sebagai alasan karena mengganggu ketertiban umum," ucap Soeharto dalam pidato tanpa teks pada Kamis 6 Januari 1972 seperti dikutip dalam buku 'Jejak Langkah Pak Harto'.


TMII Punya Dua Tugas Pokok

Soeharto juga sempat menjelaskan bahwa TMII memiliki dua tugas pokok. Keluar, sebagai sarana memperkenalkan wajah Indonesia pada bangsa asing atau negara lain.

 /></p>
<p style=Liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Sementara ke dalam, agar masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat melihat dan juga merasa bangga akan kebudayaan yang dimiliki oleh Tanah Air. Enam belas tahun kemudian dalam buku berjudul 'Soeharto: Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya' karya G. Dwipayana dan Ramadhan KH dituliskan pernyataan Soeharto.

"Saya dan istri saya mempunyai cita-cita untuk membangun suatu pusat kebudayaan peninggalan nenek moyang kita yang akhirnya nanti bisa berfungsi sebagai tempat rekreasi, tempat pendidikan, dan juga tempat untuk mengembangkan kebudayaan".


Dibangun Pada 1975

Setelah menempuh perjuangan, akhirnya proyek yang dicita-citakan bersama Ibu Tien terlaksana dan dibangun pada tahun 1975. Namun, kritik terhadap ide keduanya kembali muncul. Sebenarnya publik yang mengkritik tak mengetahui tujuan pembangunan tersebut. Publik khawatir bahwa pembangunan yang dilakukan hanya pemborosan dan tak memiliki arti.

"Padahal tujuan kami bukan seperti yang dikhawatirkan itu. Kenyataan, sekian tahun kemudian menunjukkan bahwa setelah Taman Mini Indonesia Indah itu jadi, pengkritik-pengkritik itu akhirnya mengakui manfaatnya," ungkap Soeharto.

Kota dengan Miliarder Terbanyak

Beijing Tercatat sebagai Kota dengan Jumlah Orang Super Kaya Terbanyak di Dunia

Merdeka.com 2021-04-08 16:03:58
Beijing. ©istimewa

Beijing saat ini tercatat sebagai rumah bagi lebih banyak orang super kaya atau miliarder dibandingkan dengan kota-kota lainnya di dunia, menurut daftar orang kaya tahunan terbaru Forbes. Ibu kota negara China itu tercatat memiliki 33 miliarder tahun dan sekarang naik menjadi 100 orang.

Rekor ini hampir mengalahkan New York City, yang merupakan rumah bagi 99 orang super kaya dan telah menduduki peringkat teratas selama tujuh tahun terakhir.

Penanganan Covid-19 yang cepat, meningkatnya perusahaan teknologi, dan pasar saham membantu Beijing menduduki tempat tertinggi ini. Demikian dilansir BBC, Kamis (8/4).

Walaupun Beijing saat ini mempunyai lebih banyak orang super kaya daripada Big Apple, julukan untuk New York City, kekayaan bersih gabungan miliarder New York City tetap USD 80 miliar, lebih besar daripada rekan-rekan mereka di Beijing.

Orang terkaya di Beijing adalah Zhang Yiming, pendiri TikTok dan kepala eksekutif dari perusahaan induknya ByteDance. Kekayaan bersihnya naik dua kali lipat menjadi USD 35,6 miliar.

Sementara itu, penduduk terkaya di New York City yaitu mantan Wali Kota Michael Bloomberg, memiliki kekayaan senilai USD 59 miliar.

China, bersama dengan AS, telah menyaksikan raksasa teknologinya semakin besar selama pandemi karena semakin banyak orang berbelanja online dan mencari sumber hiburan.

China, yang termasuk Hong Kong dan Makau dalam hitungan Forbes, menambahkan lebih banyak miliarder ke daftar tersebut daripada negara lain secara global, dengan 210 pendatang baru.

Setengah dari miliarder baru China memperoleh kekayaan dari manufaktur atau usaha teknologi, termasuk miliarder perempuan Kate Wang, yang menghasilkan uang dari rokok elektronik.

Dengan 698 miliarder, China mendekati AS, yang masih memimpin dengan 724 miliuner.


Satu miliarder setiap 17 jam

Menurut Forbes, rekor 493 miliarder pendatang baru bergabung dalam daftar global tahun lalu, kira-kira satu miliarder baru setiap 17 jam.

India memiliki jumlah miliarder tertinggi ketiga, sebanyak 140. Secara total, 1.149 miliarder dari Asia Pasifik memiliki kekayaan USD 4,7 triliun, dibandingkan dengan miliarder AS USD 4,4 triliun.

Jeff Bezos, pendiri dan kepala eksekutif Amazon, tetap menjadi orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Kekayaan bersihnya tumbuh sebesar USD 64 miliar menjadi USD 177 miliar tahun lalu.

Baca juga:
Ilmuwan Serukan Penyelidikan Baru Asal Usul Virus Corona, Dengan atau Tanpa China
China Vonis Mati Dua Bekas Pejabat Uighur di Xinjiang karena Kasus Separatisme
Lewat Film Propaganda, China Gambarkan Etnis Uighur yang Riang Gembira
China Klaim Berhasil Angkat Jutaan Warga Etnis Minoritas dari Kemiskinan
Harga Batubara Meroket Dipengaruhi Memanasnya Perang Dagang Australia-China

Kenapa Wanita Direkrut Jadi Teroris?

Eks Teroris: Banyak Perempuan Terpapar Terorisme Lebih Militan dari Laki-laki

Merdeka.com 2021-04-07 17:24:49
Diskusi Virtual Mantan Napiter, Mukhtar Khairi alias Abu Hafsah. ©2021 Merdeka.com

Mantan napi teroris (napiter) Mukhtar Khairi alias Abu Hafsah mengungkapkan bahwa selama 5 tahun terakhir ini, teroris wanita lebih militan dibandingkan pria. Mukhtar pun membeberkan alasan mengapa peran wanita sebagai eksekutor aksi terorisme meningkat.

"Mohon maaf, di lapangan itu banyak sekali perempuan-perempuan yang terpapar terorisme lebih militan daripada kaum laki-laki," kata Mukhtar dalam diskusi virtual, Rabu (7/4).

Mukhtar mengatakan, para teroris wanita itu menjadi tergerak hatinya karena melihat para ikhwan (laki-laki) yang sudah sering menjadi eksekutor atau pelaku bom bunuh diri. Mirisnya, para wanita itu menganggap, para eksekutor ikhwan itu sudah melakukan jihad.

"Amaliyat-amaliyat yang dilakukan di suatu tempat bagi mereka cukup mengorbankan semangat. 'Lihat itu ikhwan di Makassar sudah melakukan amaliyat, kita kapan?' nah seperti itulah, mereka jadi tergerak," kata napiter yang sempat direkrut oleh ISIS itu.

Selain itu, para wanita tersebut juga percaya bahwa berjihad merupakan suatu kewajiban atau fardhu ain. Karena mereka menganggap fardhu ain, maka menurutnya berjihad tidak bisa diwakilkan. Inilah mengapa dalam 2015 ke atas, pelaku bom bunuh diri wanita meningkat.

Seperti yang diketahui, dalam Islam, amalan yang hukumnya fardhu ain contohnya salat 5 waktu atau berpuasa di bulan ramadan.

"Teman-teman wanita merasa bahwa jihad adalah fardhu ain, jadi harus dilakukan. Sehingga menurut mereka, seorang istri tidak perlu lagi izin kepada suami ataupun anak tidak perlu izin dengan orang tua," ujarnya.

"Jadi anggapan jihad sebagai fardhu ain itu menjadi semacam beban bagi mereka," sambungnya.

Seperti yang diketahui, aksi peledakan yang diistilahkan dengan bahasa Arab 'Amaliyat Istisyhadiyah' itu dianggap sebagai penyejuk dan obat hati bagi kaum muslimin yang terdzalimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia.

Para wanita itu, kata Mukhtar, merasa terbebani dengan 'Amaliyat Jihadiyah istisyadiyah' yang juga dianggap sebagai penyejuk dan obat hati bagi kaum muslimin yang terzalimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia. Amaliyat tersebut, kata Mukhtar, terbukti selalu membangkitkan semangat sel-sel terorisme lainnya untuk melakukan jihad yang sama.

"Anggapan fardhu ain itu yang menjadi beban di punggung mereka. Jadi tidak peduli mau laki-laki atau perempuan harus memiliki semangat melakukan amaliyat," ujarnya.

"Hampir di seluruh Indonesia kalau ada kelompok atau orang yang melakukan amaliyat makan akan memicu tindakan terorisme lainnya, ini yang harus diantisipasi," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen (Purn) Ansyaad Mbai mengungkapkan alasan mengapa peran wanita yang menjadi eksekutor atau pelaku bom bunuh diri meningkat.

Selain karena mudah dipengaruhi, kata dia, hal itu dikarenakan para wanita muslimah yang menggunakan hijab panjang/ lebar bisa menyimpan bom atau bahan peledak lainnya di dalam hijab mereka tanpa diketahui oleh aparat ataupun warga sekitar.

"Mengapa perempuan? Saya melihat realitas saja, mereka mengunakan busana hijab yang mana susah diidentifikasi. Jadi paling mudah eksekutornya itu perempuan karena paling gampang disembunyikan bom di dalam hijabnya," kata Ansyaad

Sebelumnya, Peneliti hukum dan HAM LP3ES sekaligus dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang, Milda Istiqomah memaparkan, dalam kurun waktu 10 tahun (2001-2020), jumlah tahanan perempuan terkait aksi terorisme di seluruh Indonesia mencapai 39 orang.

Dari jumlah tersebut, setiap tahunnya selalu meningkat. Tahun 2018 13 orang dan 2019 15 orang. Padahal kata dia, pada tahun 2001-2015, peran jihad sebagian besar diambil oleh pria, sedangkan peran para wanita itu luput dari pengawasan.

"Jadi memang dari 2001-2015 peran-peran mereka tidak terlihat. Bru pada 5-6 tahun terakhir, peran perempuan mulai bergeser (menjadi eksekutor) seperti pengeboman di Makassar dan Surabaya," kata Milda dalam diskusi virtual tentang Terorisme, HAM, dan Arah Kebijakan Negara yang diadakan oleh LP3ES, Jumat (2/4).

Bukan Penjara Jiwa

Doa Kesembuhan dari Balik Jeruji

Merdeka.com 2021-04-06 11:40:20
Pasien ODGJ di Ponpes Daarul Miftah Mulia, Ciseeng, Kabupaten Bogor. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Dua pekan lagi Johan pulang ke rumah. Keadaannya sudah lebih tenang. Wajahnya mulai bisa tersenyum. Rasa rindu berada di tengah keluarga ini sedang dinantikan. Setelah berbulan-bulan menjalani rehabilitasi. Johan kini terasa seperti terlahir kembali.

Johan bukan seorang kriminal. Pria ini sedang menjalani terapi kejiwaan. Bertumpuk masalah di tahun lalu, membuatnya harus mengalami depresi. Tiap hari tatapannya kosong. Tak mau bicara dan lebih sering melamun.

Kurang lebih tujuh bulan Johan menjalani terapi. Selama berobat untuk kesembuhan jiwanya, dia dimasukkan ke dalam kamar berjeruji besi. Tidak sendiri di ruangan itu. Banyak pula yang senasib dengannya.

"Sebentar lagi saya akan kembali bertemu keluarga," ujar Johan ketika berbincang dengan merdeka.com, Senin kemarin.

Masalah ekonomi memang paling dirasakan Johan. Mantan kontraktor ini sempat terlilit utang. Di tengah kesusahan itu, dia mendapat musibah. Sang istri harus operasi rahim dan membutuhkan biaya besar.

Merasa terpojok dan tidak mendapat jalan keluar, perlahan terjadi perubahan sikap dari Johan. Pria ini tidak mau lagi banyak bicara dan tatapannya kosong.

Tempat rehabilitasi jiwa itu bernama Daarul Miftah Mulia. Berada di tengah desa berudara sejuk kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Tepatnya di Kampung Cisuuk RT 04 RW 02. Sekitar bangunan itu di kelilingi kebuh beragam jenis sayuran. Sepintas memang terlihat seperti sebuah pesantren.

Sudah 14 tahun tempat rehabilitasi ini berdiri. Ribuan pasien Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pernah ditangani. Semua langsung dipegang Ustaz Ruslan selaku pimpinan Daarul Miftah Mulia.

"Banyak pasien yang datang biasanya stres karena faktor ekonomi," ujar Ustaz Ruslan ketika berbincang dengan merdeka.com, Senin kemarin.

Pasien di tempat rehabilitasi jiwa Daarul Miftah Mulia kini terdapat 60 orang. Mereka memiliki beragam latar belakang sakit berbeda. Mulai dari depresi hingga masalah penyalahgunaan narkoba yang menyebabkan gangguan jiwa.

Lebih dari 80 persen pasien di sini juga mendapat pengobatan gratis. Untuk bisa menutupi kekurangan, biasanya Ustaz Ruslan dan timnya melakukan subsidi silang dan berharap uluran tangan donatur. Biasanya untuk pasien memiliki kemampuan ekonomi cukup, mereka biasanya dikenakan biaya pengobatan Rp600.000 sampai Rp1,5 juta per bulan.

Metode Penyembuhan

Dalam menyembuhkan para pasien, Ustaz Ruslan menggunakan metode pijat simpul saraf dan rukiah. Pengobatan semacam ini memang menjadi andalan di Daarul Miftah Mulia. Para pasien memang lebih banyak diminta mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Para ODGJ juga diajarkan salat, membaca Alquran dan zikir. Persis seperti mengajarkan kepada santri di pesantren. Selebihnya unuk mengisi waktu luang, para ODGJ ini juga diajarkan langsung berkebun di halaman sekitar area rehabilitasi. Meskipun lahan kebun mereka garap masih milik orang lain akibat masalah keterbatasan.

Khusus bagi pasien dengan tingkat kesulitan khusus, biasanya Ustaz Ruslan akan memasukkan ke dalam ruang isolasi. Walau namanya terkesan menyeramkan, tetapi ruangan itu sangat manusiawi. Tentu ini dilakukan agar ODGJ tersebut tidak mengancam kondisi para pasien lain. Rata-rata untuk penyembuhan membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun.

"Selama menjalani terapi, kami para pasien memang diajarkan untuk banyak beribadah dan berdoa," ungkap Johan.

Para pasien pasien sekaligus santri Daarul Miftah Mulia memang dikirim langsung keluarga. Ada pula kiriman dari berbagai komunitas yang menemukan ODGJ di jalanan. Semua diterima Ustaz Ruslan dengan tangan terbuka.

Harus diakui selama masa Pandemi Covid-19, tempat rehabilitasi kejiwaan miliknya mendapat banyak tambahan pasien. Bahkan jumlahnya dua kali lipat. Banyak di antara pasien lagi-lagi utamanya terkait masalah ekonomi. "Di masa pandemi ini, penghuni pesantren bertambah."

Memang selama 14 tahun terakhir Ustaz Ruslan sudah memutuskan membantu penyembuhan masalah kejiwaan ini. Semua berawal ketika dia mengajar di Pondok Pesantren. Ada seorang santrinya memiliki kakak mengalami kejiwaan cukup parah. Kemudian Ustaz Ruslan meminta izin keluarga membantu menyembuhkan.

Selama menjalani proses penyembuhan, kakak dari santrinya tersebut menjalani terapi seperti dilakukannya kini di Daarul Miftah Mulia. Setelah sekian bulan, pasien tersebut sembuh. Dari situ nama Ustaz Ruslan terus dikenal hingga kini mampu menyembuhkan ODGJ. "Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk membantu sesama manusia," kata Ustaz Ruslan mengungkapkan.

Mendadak Jadi Magnet

Magnet Kepemimpinan Gibran di Solo

Merdeka.com 2021-04-08 09:35:49
Petinggi Gerindra Sambangi Gibran di Loji Gandrung. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Kepemimpinan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka seolah menjadi magnet bagi sejumlah petinggi negeri. Sejak Gibran dilantik pimpin Solo pada Jumat (26/2), tercatat sudah banyak para pejabat dan politisi yang ‘sowan’ ke Solo.

Bukan cuma para menteri, kepemimpinan Gibran menjadi seperti magnet politik. Belum 30 hari menjabat, bahkan petinggi parpol bertamu ke rumah dinas Loji Gandrung dan mendukung penuh kepemimpinan Gibran di Solo.

Merdeka.com mencatat, para petinggi negeri yang mulai menyambangi Gibran diawali Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang bertolak ke Solo pada Minggu (28/2). Dua hari setelah Gibran dilantik, Menhub Budi meninjau revitalisasi terminal tipe A Tirtonadi dan mengecek pembangunan rel layang di Simpang 7 Joglo.

Gibran pun meminta Menhub mempercepat pembangunan realisasi pembangunan rel itu. Permintaan itu disampaikan Gibran saat menemani Menhub meninjau lokasi rel.

Berikutnya, Gibran bertemu dengan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnutama Kusubandrio di Studi Lokananta pada Kamis (4/3). Di studio rekaman pertama Indonesia itu, mereka membicarakan masa depan Lokananta.

Gibran berdiskusi dengan Wisnutama terkait potensi Lokananta. Menurutnya, Lokananta bisa menjadi ruang publik untuk anak-anak muda Solo yang kreatif.

Sehari setelahnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terlihat mendatangi Balai Kota, Solo pada Jumat (5/3). Yaqut bertemu dengan Gibran di ruang rapat Natapraja.

Mereka berdua melakukan koordinasi teknis persiapan groundbreaking pembangunan The Surakarta Grand Mosque atau Masjid Agung Sheikh Zayed.

Esok harinya, Menteri BUMN Erick Thohir ikut menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo itu. Erick mengunggah fotonya bersama Gibran di akun Twitternya pada Sabtu (6/3).

Di situ, terlihat juga Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab H.E Suhail Mohammed Al Mazrourei serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Gibran lalu bertemu dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada Rabu (10/3). Pada kesempatan itu, keduanya membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap I di BLK Surakarta.

©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Mereka juga meresmikan kejuruan baru di BLK, yaitu pelatihan barista jamu. Menurut Ida, pola konsumsi jamu meningkat saat pandemi Covid-19.

Pekan depannya, Gibran bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Keduanya meninjau pembangunan GOR Indoor Manahan Solo pada Sabtu (20/3). Amali memberikan apresiasi rencana pembangunan GOR berstandar internasional itu.

Keesokannya, Gibran hadir dalam pembukaan turnamen Piala Menpora 2021 pada Minggu (21/3). Ia terlihat bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Mochamad Iriawan.

Empat hari kemudian, Kapolri Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Gibran pada Kamis (25/3). Sigit menemani Gibran meninjau Vaksinasi massal di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

Mereka juga sempat meninjau pelaksanaan protokol kesehatan pada kompetisi sepak bola pramusim Piala Menpora 2021. Momen Kapolri Sigit ke Solo menjadi nostalgia ketika dirinya pernah menjadi Kapolresta Solo 2011-2012 saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo.

Terakhir, ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkunjung ke Solo pada Sabtu (27/3). Kunjungan Basuki merupakan perintah Presiden Jokowi untuk melakukan revitalisasi Taman Balekambang agar menjadi pusat kebudayaan.

Pertemuan keduanya sempat menjadi gunjingan publik. Saat mereka berbincang, posisi duduk Gibran lebih tinggi dari Basuki. Gibran terlihat duduk di atas meja, sementara Basuki di atas bangku kayu panjang yang posisinya lebih rendah.

©2021 Merdeka.com

Selain para menteri, Gibran dikunjungi sejumlah elite partai politik ke Solo. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyambangi Gibran di rumah dinas Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Penumping Rabu (24/3).

Cak Imin mengaku memberikan dukungan kepada Gibran agar sukses dalam memimpin Kota Solo. Saat ditanyakan kemungkinan Gibran maju di Pilkada DKI Jakarta, Cak Imin pun menilainya sebagai hal positif. Namun, ia meminta Gibran membuktikan diri untuk mampu menyukseskan Kota Solo.

Berikutnya, ada Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah yang menemui Gibran. pada Sabtu (27/3). Keduanya tukar pikiran soal pengelolaan Kota Solo.

Bekas politisi PKS itu juga mengapresiasi Gibran karena mampu mewakili generasi muda memimpin sebuah daerah. Dia meminta Gibran untuk menikmati seluruh proses yang ada sehingga bisa mematangkannya sebagai seorang politisi.

Esok harinya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani turut menyambangi Gibran di rumah dinas Loji Gandrung, pada Minggu (28/3). Muzani menyebut, partainya berkomitmen memberikan dukungan penuh untuk keberhasilan Gibran sebagai Wali Kota Solo.

Saat disinggung terkait dukungan Gerindra jika Gibran akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta, Muzani tak secara tegas mengiyakan. Menurutnya, yang lebih penting Gibran harus membuktikan dulu keberhasilannya memimpin Kota Solo.

©2021 Merdeka.com

Terbaru, Gibran dikunjungi Komisaris PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada di rumah dinas Loji Gandrung pada Rabu (7/4) malam. Keduanya terlibat pembicaraan tertutup di ruang rapat Loji Gandrung selama sekitar 1 jam.

"Saya lagi mau kunjungan kerja ke Cepu. Karena pagi-pagi jalan, penerbangannya terbatas, nginep di Solo," ujar Ahok seusai pertemuan.

"Pas nginep, kontak Pak Wali Kota, ada waktu nggak, lalu mampir," sambung Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Ahok mengaku terakhir ke Loji Gandrung pada 9 Februari 2012. Saat itu dia bertemu Joko Widodo alias Jokowi, yang masih menjabat Wali Kota Solo.

"Jadi ini kedua kali mampir ketemu anaknya," kelakar Ahok.

Selama satu jam bertemu, Ahok mengaku tidak membicarakan sesuatu yang penting. "Ngobrol biasalah, kan sudah lama nggak bisnis. Ini ngobrolnya berhenti-berhenti, makanannya banyak," katanya.

Gibran menambahkan, selama bersama Ahok, dirinya mendapatkan masukan terkait ruang terbuka hijau di Solo yang perlu penambahan.

"Tadi banyak bicara masalah leadership. Beliau kan termasuk orang yang saya idolakan. Orangnya tegas, dan apa-apa thas thes," pungkas dia.