Volume 22

Daftar Orang Kaya Sering Bagi Duit

Daftar Orang Kaya Hobi Bagi-bagi Duit, Ada Dari Indonesia

Merdeka.com 2019-12-14 08:00:00
Jack Ma. © Techinasia.com

Hidup kaya raya dan lebih dari cukup mungkin membuat sebagian orang memiliki kehidupan mewah bagaikan raja. Mereka membeli semua yang bisa dibeli dan menumpuk harta dalam bentuk mobil mewah hingga helikopter pribadi.

Namun lain ceritanya dengan miliuner cerdas Jack Ma dan kawan-kawannya. Mantan bos Alibaba dan miliuner-miliuner ini masuk ke dalam daftar orang kaya yang paling dermawan tahun 2019 versi Forbes.

Bahkan, ada pula miliuner Indonesia yang masuk ke dalam daftar ini.

Mengutip laman Forbes, berikut daftar miliuner yang hobi bagi-bagi duit baik untuk amal, pendidikan maupun kemanusiaan:


Jack Ma

Pendiri e-commerce raksasa Ali Baba ini fokus berdonasi di bidang pendidikan dan menjanjikan setidaknya USD 75 juta atau sekitar Rp1 triliun (asumsi kurs Rp14.016) untuk melatih tenaga pendidikan di pedesaan, sehingga para guru dan kepala sekolah bisa meningkatkan kualitas pendidikan pedesaan nantinya.


Azim Premji

Azim, pengusaha di bidang teknologi informasi asal India bernama Wipro Technologies juga gemar membagi-bagikan hartanya untuk bidang pendidikan.

Pada Maret 2019, Premji menjadi miliarder paling dermawan di Asia karena memberikan sahamnya senilai USD 7,6 miliar atau Rp102 triliun untuk hal tersebut.


Theodore Rachmat

Pendiri Grup Triputra Indonesia, Theodore Rachmat ternyata menjadi miliuner dermawan yang menyumbangkan hartanya hingga USD 5 juta atau Rp70 miliar untuk yayasan miliknya, A&A Rachmat Compassionate Service Foundation yang fokus mengembangkan potensi di bidang pendidikan, perawatan kesehatan dan panti asuhan.


Anderson Tanoto dan Belinda Tanoto

Kakak beradik ini berkontribusi untuk amal melalui yayasannya, Tanoto Foundation, senilai USD 16,7 juta atau sekitar Rp234 miliar. Dan ini digunakan untuk mendukung pendidikan di semua kalangan umur mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas.

Baca juga:
Jadi Miliuner Tunggal, Harta Pria Ini Setara Setengah PDB Negaranya
Bank Dunia Sarankan Indonesia Adopsi Sistem Asuransi Modern
Resep Sukses Ray Dalio, Sering Gagal dan Kini Jadi Orang Terkaya ke-26 di Dunia
5 Orang Ini Jadi Miliarder Baru di 2019 Versi Forbes
Mengintip Harta Lima Orang Terkaya di Indonesia 2019
5 Fakta Menarik Orang Terkaya Indonesia 2019 Versi Forbes, Berharta Total Rp1.898 T

Cantik - Cantik Super Kaya

Deretan Bos Perusahaan Tercantik dan Kaya di Dunia

Merdeka.com 2021-05-07 08:00:00
Ilustrasi orang kaya. © GQ

Wanita seksi kerap diidentikkan dengan kata nakal. Namun demikian, tak semua wanita seksi itu nakal.

Beberapa di antara mereka bahkan sukses mendirikan atau memimpin perusahaan besar. Kekayaan mereka juga terkadang melebihi pria pada umumnya.

Data Therichest menyebut, hanya 8 persen miliuner dunia yang berkelamin perempuan. Dari jumlah yang sedikit ini, mayoritas perempuan kaya ini tetap terlihat seksi dengan ciri fisik yang sempurna.

Berikut 6 wanita seksi yang terlihat nakal namun sukses jadi bos perusahaan seperti dikutip dari Therichest.


Marissa Mayer

Marissa adalah pengusaha wanita yang sangat kuat dan dipercaya sebagai CEO Yahoo. Dia merupakan salah satu CEO paling top dunia. Kekayaan bersih Marissa saat ini tercatat mencapai USD 380 juta dengan gaji tahunan sebesar USD 40 juta. Marissa juga merupakan salah satu eksekutif dengan gaji tertinggi dunia.

Tak hanya pintar dan kaya, Marissa juga terkenal sangat seksi dengan gaya tradisional.

Izzie Lerer

Izzie Lerer menjadi salah satu wanita yang sukses menjadi bos perusahaan. Izzie (30) mendirikan Dodo, website startup yang didedikasikan untuk hak-hak binatang pada 2013 silam. Sejak itu, Dodo telah mengumpulkan dana lebih dari USD 50 juta.

©www.therichest.com

Dalam perjalanannya, Dodo mendapat dukungan kuat dari perusahaan besar seperti Discovery Channel dan Huffington Post. Dalam dua tahun, perusahaan Izzie telah membangkitkan kesadaran akan sejumlah hak-hak binatang dan menyumbangkan jutaan dolar.

Dodo memang tidak memberi penghasilan besar pada Izzie karena dia juga berasal dari keluarga kaya. Dalam menjalankan Dodo, uang adalah urusan yang kedua.


Katia Beauchamp

Katia Beauchamp dipercaya menggantikan Hayley Barna jadi CEO perusahaan Birchbox. Dalam karirnya, Katia berhasil memajukan perusahaan dan membuat seluruh karyawan suka padanya.

Katia telah menjadi salah satu pebisnis wanita yang paling berpengaruh di industri kecantikan.

Nilai perusahaan Birchbox sendiri saat ini diperkirakan mencapai USD 1 miliar dan keuangan perusahaan masih terus tumbuh. Wanita seksi berusia 32 tahun ini ternyata juga kaya dan sangat cantik. Meski demikian, Therichest tidak merinci total kekayaannya.

Danielle dan Jodie Snyder

Situs Therichest menempatkan kakak beradik Danielle (29) dan Jodi (32) sebagai wanita seksi yang sukses memimpin perusahaan. Meski Jodie sudah menikah, kedua wanita ini disebut layak ditempatkan posisi atas deretan wanita seksi sukses jadi CEO.

©www.therichest.com

Danielle dan Jodie Snyder memulai perusahaan mereka dengan nama Dannijo pada 2008 silam. Mereka menciptakan label fesyen mereka sendiri dan kini berkembang pada produksi perhiasan, tas, perlengkapan pengantin dan banyak lagi.

Produk Dannijo kini telah mendapat dukungan dari orang terkenal dunia seperti Beyonce dan Oprah. Mereka disebut berhasil mencetak uang miliaran Rupiah dari bisnis fesyen ini. Namun, Therichest tidak menyebut secara pasti total kekayaan mereka.


Dylan Lauren

Dylan terlahir dari keluarga kaya dan merupakan anak konglomerat Ralph Lauren. Meski demikian, Dylan tak mau bergantung pada kekayaan orang tuanya dan lebih memilih mencetak kekayaannya dengan usaha sendiri. Dylan kini sukses melalui perusahaan permen yang didirikannya pada 2001 silam yaitu Dylan Candy Bar.

Kekayaan Dylan Lauren saat ini tercatat mencapai USD 4 miliar. Angka ini belum termasuk warisan kekayaan yang dia terima dari ayahnya.

Mendirikan perusahaan permen atau Dylan Candy Bar adalah impian Dylan dari kecil. Kini, dia berhasil membuat perusahaan besar dan jadi pemasok permen terbesar dunia. Hal ini dia capai berkat tekad dan kerja keras sendiri.

Kelsey Falter

Kelsey Falter (26) merupakan CEO dan pendiri Poptip, sebuah startup yang membantu perusahaan melakukan survei pemasaran melalui saluran online dan percakapan online. Wanita single ini memulai perusahaannya pada usia 21 tahun.

©www.therichest.com

Kelsey mendirikan perusahaan secara nekat, namun siapa sangka perusahaan cepat tumbuh dan diakuisisi oleh perusahaan besar Palantir pada 2014 silam.

Kelsey saat ini tidak lagi menjalankan bisnis Poptip karena sudah diakuisisi. Tetapi, perjuangan dia mendirikan perusahaan layak diacungi jempol. Kini, Kelsey yang masih muda, kaya dan cantik ini sedang berjuang mendirikan usaha lainnya.

 

Baca juga:
Hobi Paling Aneh Orang-Orang Kaya Dunia
Orang Kaya Tapi Irit, Hobi ke Rumah Makan Murah dan Menawar di Pasar
Pemuda Kaya Raya Kelupaan Sudah Pesan Mobil Rp1,2 M, Dibeli Biar Garasi Warna Warni
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta
Mirip Tuban, Penduduk Satu Desa ini Mendadak Kaya Raya
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
5 Selebritas Dunia Gelontorkan Hartanya untuk Perubahan Iklim

Pesta Hedon Crazy Rich Cantik

Rayakan Ulang Tahun, Miliarder Termuda di Dunia Sewa Kapal Senilai Rp3,5 triliun

Merdeka.com 2019-08-07 08:00:00
Kylie Jenner. ©2017 AFP Photo/Frazer Harrison/Getty Images

Miliarder termuda di dunia, Kylie Jenner, segera merayakan ulang tahunnya ke 22 pada 10 Agustus mendatang. Seperti gadis muda kebanyakan, ia pasti memilih venue spesial untuk menggelar pesta, dan pilihan Kylie jatuh ke sebuah kapal mewah.

Ukuran kapal tersebut akan seluas lapangan sepakbola dan harga sewanya mencapai USD 250 juta atau Rp3,5 triliun (USD 1 = Rp14.267). Kapal itu muat untuk 22 undangan dan 29 kru, demikian laporan Cosmopolitan.

Kapal mewah itu bernama Tranquility dan memiliki 10 kabin, sebuah helipad, sauna, salon kecantikan, movie theater, kolam renang, jacuzzi, dan steam room.

Biaya sewanya mencapai USD 1,2 juta (Rp17,1 miliar) per minggu. Tentunya itu bukan apa-apa bagi Kylie Jenner yang punya harta USD 1 miliar (Rp14,2 triliun). TMZ memprediksi kapal itu akan berlayar ke wilayah Mediterrania untuk ulang tahun Kylie.

Baru-baru ini, sang miliarder juga muda sedang tersandung sensasi karena memakai baju bertemakan dolar. Kylie berkata baju itu adalah tema Birthday Collection yang meluncur 10 Agustus mendatang untuk Kylie Cosmetics.

Meski kontroversial, baju dolar Kylie Jenner terbukti menarik perhatian warganet. Foto-foto terkait gaya tersebut mendapat like mulai dari 1,8 juta hingga 4 juta.

Meski sukses, miliarder muda ini juga merasakan bullying. Pada 2016, ia meluncurkan kampanya #IAmMoreThan untuk membagi kisah orang-orang yang menuntaskan tantangan berat dalam hidup mereka.

Kylie mendapat predikat miliarder tahun ini versi Forbes. Ia menjadi miliarder berkat kesuksesannya berbisnis kosmetik.

Sumber: Liputan6
Reporter: Tommy Kurnia

Saking Kaya, Lupa Sudah Beli Mobil Rp1,2 M

Pemuda Kaya Raya Kelupaan Sudah Pesan Mobil Rp1,2 M, Dibeli Biar Garasi Warna Warni

Merdeka.com 2021-05-04 07:21:00
Saking Kayanya Kelupaan Sudah Pesan Mobil. TikTok akun @setyanug ©2021 Merdeka.com

Kelakuan pemuda dijuluki 'Anak Sultan' ini menarik perhatian publik. Sebagai orang super kaya Setya Nugraha sampai kelupaan sudah beli mobil mewah.

Setya membeli mobil secara tunai Rp1,2 miliar. Yang bikin mencenangkannya lagi, alasan dia membeli sekedar ingin garasinya penuh warna.

Berikut ulasannya.


Kejutan Paket Mobil Mewah

Mahasiswa berusia 22 tahun itu mengaku terkejut ada paket mobil mewah datang ke rumah saat dirinya masih terlelap tidur.

TikTok akun @setyanug ©2021 Merdeka.com

Menurut Satpam di kompleks, mobil tersebut dikirim atas nama Setya. Dia mengaku masih bingung dan tak ingat sudah membeli mobil.

"Guys, pas kemarin aku tidur di rumah kata pak Satpam ada paket. Tapi paketnya mobil dan aku itu bingung banget itu mobil siapa ya. Warnanya putih gitu guys dan modelnya SUV gitu," katanya seperti dikutip dari laman TikTok akun @setyanug.


Kelupaan Pesan Mobil Rp1,2 Miliar

TikTok akun @setyanug ©2021 Merdeka.com

Mobil Mercedes Benz jenis SUV berwarna putih kini terparkir di garasi rumahnya. Setya lupa karena membelinya sudah beberapa bulan lalu.

Beruntunglah mobil mewah seharga Rp1,2 miliar tersebut sudah dibayar lunas. Mungkin saking kayanya, Direktur PT Sella Putri Wulandari ini sampai terselap.

"Dan aku baru ingat guys, sempat berapa bulan lalu aku itu pesan mobil. Dan baru datang hari ini. Oh my God, aku sampai lupa. Kamu pernah enggak si beli mobil dan lupa. Untungnya sudah dibayar cash ya, jadi kita enggak perlu pusing-pusing lagi sama bayarannya," papar Setya.


Iseng Beli Biar Garasi Warna Warni

Uniknya lagi, Setya mengaku iseng beli hanya ingin tambahan warna di garasi. Seperti diketahui sejak lama, ia dikenal gemar mengoleksi mobil sport.

"Paket Rp1,2 Milyard check. Beli mobil iseng 😂😂😂," tulisnya dalam video.

TikTok akun @setyanug ©2021 Merdeka.com

"Oh my God aku senang banget. Karena mobil aku lainnya enggak bisa dipakai sehari-hari gitu kan, dan ini bisa banget. Alasan aku beli mobil ini karena warnanya putih si guys. Jadi garasi aku bisa warna-warni gitu," pungkasnya.

Setya Nugraha kini statusnya masih jadi mahasiswa akhir di Universitas Pelita Harapan, mengambil jurusan arsitektur. Di usianya yang masih 22 tahun, Setya sudah memegang beberapa bisnis.


Reaksi Kocak Netizen

Setya Nugraha yang kini berkecimpung jadi TikToker, memang terkenal mengoleksi mobil miliaran. Tak ayal aksinya kali ini berhasil mencuri perhatian. Banyak warganet yang menilai videonya begitu kocak, bisa-bisanya beli mobil kelupaan dan iseng demi garasi warna warni.

TikTok akun @setyanug ©2021 Merdeka.com

"Beli mobil dan lupa? Gue beli barang online 28ribuan juga ingat mulu dipantau tiap hari," tulis @nicalycee.

"Gua pernahnya beli mobil eh lupa nggak punya uang," tulis @abahaing.

"Aku pernah banget, pas bangun eh cuma haluu 😔," tulis @wahab.379.

"Sumvah beli mobil sampai lupa. Gua beli case online harga 50ribu saja terus-terusan gua cek resinya," tulis @jauharisyakieb_official.

"Hilang seribu saja aku ingat 😂," tulis @chishan9.

"Buset beli mobil cuman karena warna 😭," tulis @0_ackermanmikasa_0.

"Mana bisa lupa...Bakalan gue tanya terus itu deller mobil, kapan woy mobil gue datang 😳," tulis @anggits_04.

Video

@setyanug

kelupaan beli tbtb di kirim 🙃🤪 ##fyp

♬ Paket Ashiap - Iyuz misterius

 

Baca juga:
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta
Mirip Tuban, Penduduk Satu Desa ini Mendadak Kaya Raya
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
5 Selebritas Dunia Gelontorkan Hartanya untuk Perubahan Iklim
Harta 6 Miliarder AS Ini Lebih Besar dari PDB 13 Negara Bagian
Kisah Miliuner Bill Hwang, Berharta Rp291,3 Triliun dan Bangkrut dalam 2 Hari

Kebanyakan Duit, Bingung Ngabisin

Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta

Merdeka.com 2021-05-04 07:00:00
ilustrasi orang kaya. © nocookie.net

Orang terkaya kadang melakukan sesuatu di luar nalar rakyat biasa. Seperti berbelanja. Harta kekayaan yang bergelimang membuat beberapa miliarder menghamburkan uangnya dengan cara-cara yang unik, bahkan aneh.

Seperti para miliarder ini yang menghabiskan uang untuk hal konyol, nyentrik dan aneh. Mulai dari rumah pencakar langit hingga karya seni bernilai tinggi. Ada berbagai alasan di balik pembelian-pembelian unik tersebut seperti hanya sekadar iseng atau untuk menunjukkan kekayaan mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara unik orang-orang kaya dunia membelanjakan uangnya.

1. Hiu Raksasa

Banyak orang kaya memiliki akuarium megah di rumahnya, tapi miliarder Steve Cohen bukan orang kaya pada umumnya. Pada 2004, Cohen membeli hiu macan sepanjang 14-kaki atau sekitar 4,2 meter yang telah diawetkan. Hiu tersebut merupakan karya seni kontemporer buatan seniman Damien Hirst.

Hiu raksasa tersebut ia beli dari kolektor seni Charles Saatchi dengan harga mencapai USD 12 juta atau Rp 178 miliar (asumsi kurs Rp 14.874 per USD).

2. Rumah Termahal Dunia

Mukesh Ambani, anak dari Dhirubhai Ambani yang mewarisi kerajaan bisnis penyulingan minyak, kini merupakan orang terkaya di Asia dengan total kekayaan sekitar USD 43 miliar (Rp 639 triliun). Dengan kekayaan yang tumpah ruah, miliarder asal India tersebut menggunakan USD 1 miliar atau Rp 14 triliun dari hartanya untuk membangun rumah paling mahal sedunia.

Menurut Forbes, kediaman Ambani terdiri dari 27 lantai dan dilengkapi tiga landasan helikopter dan enam lantai parkir bawah tanah. Tak hanya itu, rumah dengan luas sekitar 37.000 itu juga memiliki ballroom, bioskop, dan elevator. Ada sekitar 600 orang yang dipekerjakan untuk merawat rumah Ambani.

3. Pulau Beserta Kota di Dalamnya

Bagi pendiri Oracle Larry Ellison, rumah megah tidaklah cukup. Pada 2012, dia membeli Pulau Lanai di Hawaii seharga USD 300 juta atau Rp 4 triliun. Bukan sekadar pulau, di sana juga terdapat dua resort Four Seasons dan sebuah kota dengan populasi sebesar 3.200 penduduk.

Ingin menginap di sana? Siap-siap merogoh kocek senilai USD 21 ribu atau Rp 312 juta untuk bermalam di salah satu resornya.

4. Mobil Selam

Elon Musk merupakan pendiri perusahaan mobil listrik Tesla sekaligus penggagas terowongan Hyperloop. Oleh karena itu, tak heran apabila bos Tesla itu menggunakan alat transportasi yang tak biasa.

Pada tahun 2013, Elon Musk membeli mobil selam James Bond, Lotus Esprit seharga USD 997 ribu atau Rp 14 miliar.

5. Potong Rambut

Sultan Brunei pernah membayar USD 2.300 alias sekitar Rp 32,2 juta (asumsi kurs Rp 14.019) hanya untuk potong rambut. Miliarder ini bahkan pernah menyewa kabin khusus untuk pemotong rambutnya. Aneh-aneh saja.


6. Ukiran Nama Agar Bisa Terihat dari Bulan

Mungkin, bangsawan Arab sekaligus miliarder yang satu ini kebingungan cara menghabiskan hartanya yang melimpah, sampai-sampai dia mengukir namanya di salah satu pulau agar bisa terlihat dari bulan.

Tidak diketahui berapa yang dihabiskan Sheikh Hamad Bin Hamdan Al Nahyan, tapi ukirannya tidak sembarangan, butuh beragam alat berat untuk membuatnya.

7. Mobil Bertabur Berlian

Tahun 2010 silam, tersiar rumor kalau pangeran Saudi, Alwaleed membeli Mercedes-Benz yang terbuat dari berlian seutuhnya, bahkan mengenakan biaya USD 1.000 untuk orang yang menyentuhnya. Tidak diketahui rumor ini benar atau tidak, tapi kalau benar, benar-benar mencengangkan dan konyol.

8. Operasi Plastik

Tidak ada salahnya mengubah penampilan, tapi kalau yang dilakukan Jocelyn Wildenstein ini, sepertinya...konyol dan membingungkan. Sebab, dia menghabiskan miliaran dolar untuk operasi plastik namun hasilnya, wajahnya semakin buruk rupa.

9. Jam

Sebenarnya, orang-orang yang mengkoleksi jam bisa dibilang kolektor barang antik, namun kalau harganya sampai USD 25 juta alias Rp 350 miliar, rasanya terlalu berlebihan.

The Patek Philippe Henry Graves Supercomplication ini memang terbuat dari emas 18 karat, namun apa lagi keistimewaannya selain menunjukkan waktu?

10. Buku Leonardo da Vinci

Banyak yang bilang keputusan Bill Gates membeli jurnal Leonardo da Vinci senilai lebih dari USD 30 juta ini sia-sia, meskipun ada juga yang bilang kalau barang antik ini punya esensi ilmu pengetahuan yang mendalam.

Tetap aja, membeli buku otentik punya inventor terkenal dunia hanya bisa dilakukan miliarder yang uangnya tidak habis-habis.

Baca juga:
Mereka yang Semakin Kaya Sejak Pandemi Corona Melanda Dunia
Orang Terkaya Dunia Diam-Diam Sumbangkan Kekayaannya Rp2,1 Triliun
Cerita Miliuner China Kehilangan Rp43,5 Triliun Gara-Gara Sentimen Negatif
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
Mengintip Aliran Harta Bos Facebook, dari Beli Properti Hingga untuk Amal
4 Pebisnis Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes, Usia di Bawah 30 Tahun
Saat Tinggalkan Jabatan CEO Amazon, Jeff Bezos Wasiatkan Resep Capai Kesuksesan ini

Luar Biasa Kaya Tapi Ngirit

5 Cara Berhemat Tak Biasa Orang Terkaya dan Sukses Dunia

Merdeka.com 2019-04-30 07:00:00
ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Benarkah hemat pangkal kaya? Belum tentu benar. Tetapi orang kaya pastilah hemat. Terbukti, para orang terkaya dan terkenal dunia saat ini juga masih suka mengirit pengeluaran.

Bahkan banyak yang menggunakan cara unik hingga aneh demi menghemat uang. Sebagian orang ternama seperti Lady Gaga bahkan masih menggunakan kupon saat berbelanja di toko grosir.

Sementara bos Facebook, Mark Zuckerberg masih lebih memilih mengendarai mobil murahnya.

Berikut lima orang terkaya dan sukses dunia yang memiliki kebiasaan unik nan aneh dalam mengelola uang seperti dilansir dari CNBC, Minggu (27/4).

Reporter: Siska Amelie F Deil

Sumber: Liputan6


Warren Buffett

Kebiasaan: Selalu sarapan dengan biaya kurang dari Rp 50.000

Lebih dari 50 tahun, CEO Berkshire Hathaway ini dilaporkan selalu menikmati menu sarapan yang sama. Bianya bahkan tak sampai Rp 50.000.

Setiap hari dia memesan tiga item McDonalds dengan total harga termahal USD 3 atau Rp 42.560 (USD 1 = Rp 14.186).


Simone Biles

Kebiasaan: Menahan diri tak mengeluarkan uang

Pemenang medali emas olimpiade bidang gymnastic Simone Biles tak begitu menikmati uang yang dia peroleh. Biles mengaku dirinya takut bangkrut.

Dia terus berjaga untuk tidak boros. Dia bahkan menantang dirinya untuk bepergian berhari-hari tanpa mengeluarkan uang. Tapi tentu saja dia tetap membeli bahan bakar saat mobilnya nyaris kehabisan bahan bakar. Dia bahkan tidak pernah menggunakan kartu kreditnya.


Giancarlo Stanton

Kebiasaan: Berbelanja pakaian murah

Bintang Baseball Giancarlo Stanton menandatangani kontrak seniali USD 325 juta pada 2014. Tiga tahun setelahnya, dia bahkan ditransfer dengan harga USD 28,2 juta.

Dengan harta sebanyak itu, dia justru tak pernah membeli baju bermerek. Dia mengaku lebih suka memakai baju biasa karena merasa tak butuh banyak uang untuk bergaya.

Hobi Mahal Pangeran Arab

Hobi Paling Aneh Orang-Orang Kaya Dunia

Merdeka.com 2021-05-05 08:00:00
ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Hobi, umum dimiliki setiap orang. Mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, atau berolahraga. Hobi umum tersebut tampaknya disukai siapa pun dan tidak terbentur kelas sosial. Namun bagaimana dengan hobi mereka yang hidup dalam lingkup jetset?

Bepergian ke luar negeri atau membeli barang dan mengoleksi barang mewah dan langka sudah menjadi hal biasa bagi mereka. Penasaran dengan hobi aneh para orang kaya?

Berikut merdeka.com hadirkan kisah mereka dari berbagai sumber:

Orang Kaya Arab Doyan Pelihara Singa

Anak-anak muda Arab kini punya cara baru untuk menunjukkan betapa kayanya mereka. Melalui foto di media sosial Instagram mereka kini sering memotret harta kekayaan mereka untuk pamer. Misalnya mereka berfoto dengan hewan buas singa, cheetah yang mereka pelihara di samping mobil mewah Mercedes, Lamborghini, motor mahal atau perahu motor.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (18/11), memelihara singa kini menjadi simbol status kekayaan baru di negara-negara Arab. Seperti diperlihatkan seorang pemuda Arab bernama Humaid Al-Buqaish yang sering mengunggah foto dirinya bersama singa dan koleksi mobil mewahnya di Instagram. Dia memiliki 250 ribu pengikut di akun media sosial tempat berbagi foto itu.

Di kawasan negara-negara Arab singa-singa itu bisa dijual hingga Rp 560 juta per ekor.

"Jika seseorang ingin membeli binatang buas maka dia sesumbar punya cukup uang buat membelinya," kata Jasim Ali, pengelola Taman Kebun Binatang Ras Al Khaimah di Uni Emirat Arab.

"Orang-orang itu suka pamer mereka punya hewan buas yang sudah dijinakkan. Mereka pamer keberanian, tapi itu bukan keberanian. Itu penyiksaan terhadap binatang."

Pada 2010 dilaporkan ada 200 hewan ilegal yang disita di Uni Emirat Arab. Di antara hewan-hewan itu ada singa, harimau, macan kumbang, cheetah, dan hyena.


Orang Kaya ini Hobi Koleksi Karya Seni Aneh, Harga Bisa Capai Rp 954 M

Sebuah lukisan unik sekilas mirip coretan kapur di papan tulis, kemarin terjual sangat mahal dalam lelang yang digelar Balai Sotheby's, Kota New York, Amerika Serikat. Lukisan karya Cy Twombly itu dihargai USD 70,5 juta (setara Rp 954 miliar).

Balai Lelang Sotheby's menyatakan lukisan yang dibuat pada 1968 itu sebetulnya karya yang tidak berniat menggambarkan papan tulis. Lukisan bertajuk 'Untitled' ini dibuat dengan bahan krayon lilin, pensil, cat minyak, di atas kanvas.

"Harga jual kali ini mengalahkan rekor penjualan sebelumnya yang mencapai USD 69 juta," kata juru bicara Sotheby's, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (12/11).

Pemilik lukisan ini sebelumnya adalah kolektor yang namanya dirahasiakan dari Kota Los Angeles. Hasil penjualan itu akan digunakan untuk membangun tempat ibadah.

Lukisan 'Untitled' ini masuk kategori seni kontemporer. Lingkaran yang tergambar mewarnai latar hitam ditafsirkan oleh kritikus sebagai representasi kehidupan modern.

Twombly adalah pelukis asal AS yang lama berkarir di Italia. Dia meninggal pada usia 83 di Ibu Kota Roma, Italia.

Dalam lelang kemarin malam, karya seni terjual tak kalah mahal adalah lukisan repro sosok Mao Zedong oleh seniman legendaris Andy Warhol. Karya seni kontemporer ini terjual USD 47,5 juta.


Pangeran Arab Hobi Adu Balap Elang Langka

Di Indonesia, kita akrab dengan hobi adu merpati. Pangeran di Teluk juga mempunyai kegemaran yang sama. Bedanya, yang mereka paksa balapan adalah elang dari jenis langka.

Penyuka adu balap paling gila di Timur Tengah adalah Syekh Sultan bin Tahnun al Nahyan. Dia putra mahkota Uni Emirat Arab.

Bukan sembarang burung yang dia pakai balapan. Merujuk surat kabar the Guardian, Syekh Tahnun memelihara elang jambul merah (falco rusticolus), spesies langka di muka bumi, karena tinggal tersisa ratusan ekor. Pada 2009, dia memberikan seekor elang serupa pada Pangeran Edward dari Kerajaan Inggris sebagai suvenir.

Hobi balapan elang memang populer, baik di UEA maupun kerajaan lain, termasuk Arab Saudi. Tapi banyak penyayang binatang mengecam. Karena perawatan burung langka itu tidak layak. Hewan-hewan itupun dipaksa terbang puluhan kilometer demi memuaskan hasrat pemiliknya. Tak jarang mereka pulang dalam keadaan cacat dan kemudian mati.


Kaum Tajir China Doyan Layanan Sedot Langsung Susu ASI

Para orang-orang super kaya di China dikabarkan rela membayar uang puluhan juta rupiah per bulannya untuk air susu ibu (ASI). Beberapa di antaranya bahkan memilih langsung meminum ASI langsung dari payudara.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (5/7), tren baru yang terbilang tidak biasa ini terlihat meningkat di kalangan orang dewasa China dalam membeli ASI. Mereka biasa meminumnya langsung dari sumbernya atau setelah diperas.

Dari beberapa laporan koran setempat layanan ini telah menimbulkan kemarahan di China. Puluhan ribu orang menyatakan kemarahan mereka di situs jejaring sosial asal China Sina Weibo, yang setara dengan Twitter.

Menurut koran the Southern Metropolis Daily, perusahaan yang menawarkan pemberian ASI ini memberikan layanan bagi bayi baru lahir, orang sakit atau siapa saja yang akan membayar hingga Rp 25,9 juta per bulannya.

Pelanggan layanan ini mengatakan mereka memang menginginkan air susu ibu yang memiliki konsentrasi gizi dan nutrisi. Ini merupakan kombinasi unik dari antibodi, sel hidup, enzim, hormon, dan asam lemak yang membuat beberapa orang memperlakukan ASI ini sebagai makanan super terbaru.

"Klien orang dewasa bisa meminumnya langsung melalui payudara, atau mereka dapat minum dari pompa payudara jika mereka merasa malu," kata Lin Jun, pemilik perusahaan Xinxinyu, yang juga menawarkan layanan itu.

Namun, sembilan dari sepuluh orang mengatakan mereka tidak setuju dengan praktik itu dalam sebuah survei di dunia maya.

Salah satu pengguna di situs Weibo menyebut layanan ini hanyalah samaran pornografi. Sementara lainnya mengatakan hal ini adalah hanya bentuk baru hiburan bagi para orang-orang super kaya di Negeri Tirai Bambu itu.

 

Baca juga:
Pemuda Kaya Raya Kelupaan Sudah Pesan Mobil Rp1,2 M, Dibeli Biar Garasi Warna Warni
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta
Mirip Tuban, Penduduk Satu Desa ini Mendadak Kaya Raya
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
5 Selebritas Dunia Gelontorkan Hartanya untuk Perubahan Iklim
Harta 6 Miliarder AS Ini Lebih Besar dari PDB 13 Negara Bagian
Kisah Miliuner Bill Hwang, Berharta Rp291,3 Triliun dan Bangkrut dalam 2 Hari

Tisu Emas Toilet Orang Kaya, Berapa Harganya?

5 Cara Unik Orang Kaya Kala Pamer Harta Emas

Merdeka.com 2021-05-07 06:00:00
iphone berlapis emas. ©asiantown

Emas selalu menjadi simbol kekayaan. Mengenakan emas sebagai perhiasan bagi sebagian orang bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Seperti yang diperlihatkan miliarder Arab Saudi, empat mobil berlapis emasnya berkeliaran di jalan London, Inggris bikin heboh tiap pasang mata. Belum lagi aksi pria India. Dia memakai baju berlapis emas yang pasti membuat mata tak berkedip saat melihatnya.

Berikut beberapa benda tak lazim berlapis emas lainnya yang dihimpun merdeka.com dari beragam sumber.

Bocah Tajir di Dubai Pamer iPhone Berlapis Emas

Uni Emirat Arab (UEA) dikenal sebagai salah satu negara terkaya di Bumi ini. Selain sumber minyak melimpah, UEA mulai sadar mempromosikan pariwisata.

Dengan pendapat perkapita penduduk yang melonjak, tak heran kalau banyak muncul orang-orang kaya di Kota Dubai.

Orang-orang kaya itupun punya anak yang begitu bahagia menikmati harta melimpah mereka sehingga akhirnya pamer di Internet. Salah satunya adalah ponsel berlapis emas. Ponsel besutan perusahaan Apple ini, didesain khusus mengandung emas 24 karat.


Tisu Berlapis Emas

Sebuah mesin yang bisa memproduksi tisu toilet dan dihiasi dengan gambar berlapis emas 24 karat dibuat di Grafenau, Jerman. Setiap emas yang melapisi corak pada tisu tersebut didesain oleh sang pemilik, Fritz Loibl.

Tisu toilet yang dihiasi dengan gambar berlapis emas 24 karat ini dijual dengan harga USD 246, atau senilai Rp 2,8 juta per gulung.

Kakus Berlapis Emas di Istana Negara

Tokoh oposisi Turki menuduh Presiden Recep Tayyip Erdogan menghamburkan uang rakyat untuk pembangunan rumah dinas presiden. Pemimpin Partai Rakyat Republikan (CHP) Kemal Kilicdaroglu yang pertama mengembuskan isu tersebut.

Seperti dilansir Hurriyet, Selasa (2/6), saat berkampanye ke Kota Izmir, dia mengatakan komplek Ak Saray (Istana Putih) yang sekarang menjadi rumah dinas presiden terlalu mewah.

"Petinggi di Ankara telah membangun istana, dilengkapi pesawat dan sejumlah mobil Mercedes, termasuk kursi emas yang dibeli untuk diletakkan di toilet," ujarnya.

Kemarin, Erdogan di televisi berang mendengar tudingan tersebut. Dia menantang Kemal datang ke Ak Saray untuk melihat sendiri kondisi istana kepresidenan itu.

Pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang masih satu garis ideologi dengan PKS di Indonesia ini menjamin tidak ada kursi emas jadi dudukan toilet.

"Saya mengundang (Kemal), silahkan datang dan periksalah. Saya ingin lihat apakah dia bisa menemukan kursi toilet emas di kakus" kata Erdogan di tayangan TV pelat merah, TRT.

Istana berisi 1.000 kamar di ata tanah seluas 150 ribu meter persegi ini dibangun dengan biaya mencapai USD 615 juta (setara Rp 7,4 triliun). Anggaran ini membengkak dua kali lipat dari estimasi awal.

Menteri Keuangan Turki Mehmet Simsek menjelaskan, pembangunan istana Erdogan pada 2015 membutuhkan tambahan uang rakyat USD 135 juta. Alasannya, perlu ada fasilitas pendukung. Istana Putih dilengkapi teknologi anti penyadapan, lantai full marmer, serta ada pelbagai atrium untuk mendukung kerja maupun istirahat sang presiden.

Sebelum ada kritik dari Kemal, warga dan pecinta lingkungan sudah memprotes Erdogan. Komplek Ak Saraya membabat ribuan pohon di kawasan hijau yang seharusnya tidak boleh dipakai untuk bangunan apapun.

Erdogan sejak lama dikenal ingin memperluas peran presiden dan memperlama masa jabatannya. Sebelum naik jadi pemimpin seremonial di Turki, dia telah menjabat 11 tahun sebagai Perdana Menteri Turki.


Miliarder Saudi Bawa 4 Mobil Mewah Bersepuh Emas

Miliarder asal Arab Saudi, Turki bin Abdullah, membuat geger warga London. Sejak awal pekan ini, mobil-mobil mewah dengan bodi bersepuh emas murni melintasi jalanan Ibu Kota Inggris itu.

Abdullah sedang pelesir dan menetap di apartemen pribadinya, kawasan Kensington di London Barat. Warga setempat sering menyaksikan mobil-mobilnya yang mencolok hilir mudik.

Salah satu mobilnya yang paling mencolok adalah Rolls Royce Phantom - salah satu mobil mewah terlangka sedunia - yang sudah didandani khusus sehingga bersepuh emas. Pakar otomotif memperkirakan empat mobil itu saja sudah bernilai 1 juta pound sterling (setara Rp 18,9 miliar).

Surat kabar the Telegraph melaporkan, Jumat (1/4), Abdullah kadang menyetir sendiri seri mobil emasnya. Dia pernah terekam kamera amatir mengendarai Lamborghini Aventador SV, yang velg-nya juga telah dilapisi emas.

Tak kalah menghebohkan adalah aksi Abdullah membawa seekor cheetah di dalam mobil Mercedes Jeep. Macan yang sudah dijinakkan itu diletakkan sang miliarder di kursi depan dekat sopir.

Abdullah tak luput dari tilang. Mobil-mobilnya kena denda karena parkir sembarangan. Jika ditotal, denda untuk keempat mobil emasnya mencapai 320 pound sterling dalam dua hari saja (setara Rp 6 juta).

Kabarnya, Abdullah nyaris setiap tahun pasti menyempatkan pelesir ke London. Kebiasaan ini juga dilakoni banyak orang tajir asal Saudi. Namun, warga London kerap mengomel, karena perilaku orang-orang superkaya Negeri Petro Dollar seringkali urakan. Mereka mengendarai mobil mewah serampangan, kerap menggelar pesta semalam suntuk yang berisik, serta ogah bersosialisasi.

Abdullah adalah anggota klan Bani Saud yang menguasai Saudi. Sehari-hari dia menjalankan tugas sebagai Gubernur Riyadh. Sang pangeran ini juga memiliki saham di Aramco, perusahaan minyak pelat merah Saudi.


Pria Tajir dari India Pakai Baju Terbuat dari Emas

Seorang pria kaya raya di India bernama Pankaj Parakh memakai baju terbuat dari emas saat merayakan ulang tahunnya yang ke-45.

Menurut media setempat dia berjalan-jalan di kota tempat tinggalnya di Yeola, dekat Mumbai, pekan ini untuk memamerkan baju emasnya itu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Jumat (8/8).

Laporan dari surat kabar the Daily Mail menyebutkan Parakh mengatakan baju emas 18-22 karat itu cukup nyaman dia kenakan seperti layaknya baju biasa.

"Baju ini mudah dicuci dan bisa dijemur seperti baju normal biasa. Baju ini juga dijamin terpakai seumur hidup karena jika rusak atau sobek bisa dengan cepat diperbaiki," ujar Parakh.

Baju emas seberat empat kilogram milik Parakh itu mempunyai tujuh kancing emas.

"Saya selalu terpukau dengan emas sejak usia lima tahun. Selama ini ketertarikan itu menjadi keinginan yang ingin diwujudkan. Jadi cukup masuk akal jika saya ingin memakai baju emas saat ulang tahun ke-45," kata dia.

 

Baca juga:
Hobi Paling Aneh Orang-Orang Kaya Dunia
Orang Kaya Tapi Irit, Hobi ke Rumah Makan Murah dan Menawar di Pasar
Pemuda Kaya Raya Kelupaan Sudah Pesan Mobil Rp1,2 M, Dibeli Biar Garasi Warna Warni
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta
Mirip Tuban, Penduduk Satu Desa ini Mendadak Kaya Raya
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
5 Selebritas Dunia Gelontorkan Hartanya untuk Perubahan Iklim

Muda, Cantik, Kaya

Sosialita Cantik ini Jadi Orang Terkaya di Usia 35 Tahun

Merdeka.com 2019-10-11 08:00:00
Tatiana Santo Domingo. ©2019 Liputan6.com/Business Insider

Berharta USD 2 miliar atau Rp28,3 triliun (USD 1 = Rp14.166), Tatiana Santo Domingo yang terkenal di industri fashion menjadi orang terkaya di Monako. Kekayaan wanita berusia 35 tahun tersebut berasal dari warisan sang kakek.

Mengutip Business Insider, Tatiana merupakan cucu dari Julio Mario Santo Domingo, seorang pengusaha bir yang mendapat predikat orang terkaya kedua di Kolombia pada 2011. Usai wafat, Tatiana mendapat seperenam warisan kakeknya.

Sosialita miliarder ini sebetulnya lahir di New York, akan tetapi dia memiliki kewarganegaraan Monako. Dia menikahi Andrea Casiraghi, keponakan dari penguasa Monako: Pangeran Albert.

Tatiana memiliki hidup yang tertutup, dia hanya kerap tampil di ajang fashion, seperti Paris Fashion Week. Dia juga pernah bekerja di rumah mode Aeffe dan Vanity Fair.

Ketika muda, miliarder muda ini mengemban pendidikan di salah satu sekolah termahal di dunia: Institut Le Rosey yang berlokasi di Swiss.

Kemudian berkuliah di American University of London mengambil jurusan komunikasi visual dengan konsentrasi di fotografi.

Orang terkaya di Monako ini akrab dengan banyak kota besar. Tumbuh besar di Jenewa, Swiss, dan kerap bepergian ke Paris, New York, Rio, dan London.


Aktif di Dunia Sosial

Kehidupan sang miliarder tidak berhenti di fashion saja sebab dia pernah aktif di Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (United Nations High Commission for Refugees/UNHCR), serta Human Rights Watch di New York.

Dia memiliki pengalaman sebagai analis politik Timur Tengah pada sebuah konsultan risiko bisnis global di London.

Pernikahan Tatiana dengan Andrea Casiraghi dianugerahi tiga orang anak: Alexandre, India, dan Maximilian Rainier yang baru lahir tahun lalu. Walau mereka adalah anggota keluarga kerajaan Monako, tetapi mereka tinggal di London.

Secara ekonomi, Monako memiliki kekayaan yang besar meski ukurannya kecil. Fox Business melaporkan sepertiga warga Monako memiliki kekayaan di atas USD 1 juta.

Reporter: Tommy Kurnia Romy

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Dulu Kaya Raya, Kini Para Pengusaha Ini Hidup Miskin & Melarat
Inilah Jangka Waktu Orang Terkaya Dunia Sandang Status Miliarder
Kisah Hidup Homes, Dari Kekayaan Rp68 Triliun Hingga Bangkrut dan Dituduh Menipu
5 Rahasia Sukses dari Para Orang Terkaya Ternama Dunia
Singgung Perang Dagang, Miliuner Sebut Banyak Teman Bagus Untuk Bisnis
Kemampuan Steve Jobs ini Bikin Iri Orang Terkaya Lain
Menguak Sumber Pendapatan Orang Terkaya Dunia

Orang Kaya Masih Suka Menawar di Pasar

Orang Kaya Tapi Irit, Hobi ke Rumah Makan Murah dan Menawar di Pasar

Merdeka.com 2021-05-05 06:00:00
Ingvar Kamprad. ©2018 DeZeen

Seseorang saat menjadi konglomerat, biasanya gaya hidupnya turut berubah. Fasilitas, mulai dari kendaraan sampai rumah, menjadi lebih mewah dan bergengsi.

Sudah banyak media memberitakan tentang kisah unik soal kebiasaan nyeleneh orang superkaya dunia. Mulai dari belanja gila-gilaan, membeli kapal pesiar mewah hanya untuk pamer.

Namun demikian, ternyata tidak semua orang kaya berperilaku konsumtif atau hedonistis. Tetap ada pengusaha besar lebih suka menjalani hidup sederhana, walau kekayaan mereka sudah taraf lintas negara.

Bahkan beberapa orang kaya dunia terbilang irit dalam membelanjakan uang mereka. Salah satunya adalah Ingvar Kamprad.

Dia adalah raja furnitur dari kota kecil di Swedia yang terkenal sebagai pendiri perusahaan IKEA. IKEA didirikan Ingvar ketika berusia 17 tahun.

Dilansir dari therichest, sifat pebisnis dan irit Ingvar masih melekat hingga usianya menginjak 89 tahun. Meski mempunyai kekayaan USD 3,3 miliar atau setara dengan Rp 42,5 triliun, Ingvar tidak pernah menghabiskan banyak uang. Dia bahkan disebut masih suka makan di restoran yang murah.

"Dia juga tawar menawar harga di pasar tradisional, dan selalu terbang di kelas ekonomi."

Ingvar sangat tertarik dalam bisnis. Waktu masih kecil, dia pernah membeli tiket pertandingan di Stockholm dengan harta murah. Kemudian dia kembali ke kotanya dan menjual dengan harga yang lebih tinggi.

"Ini adalah bagaimana dia membuat laba pertamanya," isi kutipan therichest yang dilansir merdeka.com.


Pendiri IKEA Ingvar Kamprad meninggal dunia di usia 91 tahun

Pendiri perusahaan IKEA, Ingvar Kamprad, dikabarkan meninggal dunia di usia 91 tahun. Dia menghembuskan napas terakhir di rumahnya di Smaland, Swedia Selatan pada Sabtu (27/1) lalu.

"Dia meninggal dalam damai setelah mengalami penyakit ringan." demikian pernyataan IKEA yang diunggah melalui akun Twitter resmi, dikutip dari ABC, Senin (29/1).

"Dia akan sangat dirindukan dan selalu diingat oleh keluarga dan staf IKEA di seluruh dunia," tambah pernyataan itu.

Direktur IKEA Group, Jesper Brodin, menyatakan bahwa Kamprad akan terus menjadi inspirasinya dalam mengelola perusahaan tersebut. Visi Kamprad akan terus diterapkan agar bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik lagi.

"Peninggalan Kamprad akan terus dikenang selama-lamanya, dan visinya untuk membuat kehidupan lebih baik bagi semua orang akan terus menuntun dan menginspirasi kita," ujar Brodin.

Selama hidup Kamprad dikenal sebagai sosok pekerja keras, suka berhemat, dan sangat sederhana. Dia memulai usaha peternakan keluarganya sebelum kemudian mendirikan perusahaan furnitur di usia 17 yang kini telah merajai dunia.

Meski memiliki kekayaan hampir USD 60 miliar, namun Kamprad tidak pernah membiarkan aura seorang taipan ada dalam dirinya. Namanya sering muncul sebagai daftar orang terkaya di dunia, tetapi dia hanya mengemudikan mobil Volvo sederhana dan berpakaian seadanya.

Dalam buku autobiografi yang dia tulis pada 1998 silam untuk menjelaskan sejarah IKEA, Kamprad menceritakan bahwa dirinya sering mengunjungi pasar sayur di jalan jelang toko-toko tutup agar bisa mendapat harga lebih murah.

Reputasinya dalam hidup sederhana dibeberkan oleh mantan asisten eksekutifnya, Jogan Stenebo. Stenebo mengungkapkan bahwa Kamprad selalu menciptakan imej yang sama dalam kehidupan sehari-hari maupun saat berada di perusahaan.

"Dia ingin dianggap hanya sebagai orang biasa, sama seperti kita," ujar Stenebo.

Baca juga:
Pemuda Kaya Raya Kelupaan Sudah Pesan Mobil Rp1,2 M, Dibeli Biar Garasi Warna Warni
Kebiasaan Unik Orang Kaya Habiskan Harta
Mirip Tuban, Penduduk Satu Desa ini Mendadak Kaya Raya
Mengenal Raja Muslim Afrika, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah yang Terkenal Murah Hati
5 Selebritas Dunia Gelontorkan Hartanya untuk Perubahan Iklim
Harta 6 Miliarder AS Ini Lebih Besar dari PDB 13 Negara Bagian
Kisah Miliuner Bill Hwang, Berharta Rp291,3 Triliun dan Bangkrut dalam 2 Hari