Volume 25

Diincar Hotman Paris

Potret Polwan Cantik Vani Simbolon Mau Dijadikan Aspri & Bodyguard Hotman Paris

Merdeka.com 2021-05-25 07:41:00
Potret Polwan Cantik Vani Simbolon Mau Dijadikan Aspri. Instagram/@vanisimbolon ©2021 Merdeka.com

Polisi wanita (Polwan) sering kali menjadi pusat perhatian publik. Tak sedikit dari mereka tiba-tiba viral akan aksinya di lapangan atau bahkan karena parasnya yang mempesona.

Seperti halnya Bripda Vani Simbolon. Polwan cantik ini semakin dikenal masyarakat saat dirinya bertugas pada Pilpres 2019.

Tak tanggung-tanggung, pengacara kondang Hotman Paris bahkan secara terang-terangan mengaku tertarik dengan sosok Bripda Vani. Pernyataan tersebut pun juga dibalas langsung oleh Bripda Vani.

Seperti apa? Simak informasi selengkapnya.


Hotman Paris Turun Tangan

Beberapa waktu yang lalu, pria berdarah Batak yang dikenal dengan gaya nyentriknya tersebut mengungkapkan keinginannya di media sosial. Melalui akun Instagram @hotmanparisofficial, pria berusia 61 tahun tersebut mengaku bakal segera bertandang ke Polres Siantar.

Hal ini tak lain ia lakukan hanya untuk menjemput langsung sosok Polwan cantik, Bripda Vani Simbolon. Pria kelahiran Sumatera Utara tersebut menyampaikan keinginannya agar Bripda Vani menjadi asisten pribadi sekaligus bodyguard.

Instagram/@hotmanparisofficial ©2021 Merdeka.com

"Hotman akan jemput Polwan in( Vani Simbolon) ke Polres Siantar mau di jadikan Aspri merangkap body guard! Batak Manis!!"


Komentar Polwan Cantik

Unggahan Hotman Paris pada akun Instagram miliknya tersebut langsung mendapatkan atensi dari yang bersangkutan. Bripda Vani Simbolon yang diketahui juga aktif di media sosial nampak menyematkan balasan secara langsung di kolom komentar.

Instagram/@hotmanparisofficial ©2021 Merdeka.com

Langsung menjadi pusat perhatian publik, Bripda Vani justru memberikan doa dan harapan terbaik bagi sang pengacara kondang tersebut. Diketahui, Hotman Paris harus dilarikan ke rumah sakit beberapa waktu lalu. Kesembuhan pun menjadi prioritas utama yang disampaikan Bripda Vani.

Instagram/@hotmanparisofficial ©2021 Merdeka.com

"Cepat sembuh biar bisa join ke HW," balasnya.


Cantik & Tangguh

Nama Vani Simbolon sempat mencuat ke publik lantaran perhelatan Pemilu 2019. Dara cantik ini diketahui bertugas untuk mengamankan pesta demokrasi yang berlangsung 5 tahun sekali tersebut.

Instagram/@vanisimbolon ©2021 Merdeka.com

Kini, ia pun tetap aktif di media sosial dengan membagikan sejumlah kegiatannya saat bertugas di lapangan. Paras cantiknya pun semakin lengkap saat dirinya nampak energik di berbagai kesempatan.


Foto Terpampang di Truk

Saking menariknya, Bripda Vani bahkan mulai memiliki penggemar setianya. Hal ini terbukti dari parasnya yang tergambar di sebuah truk. 

Instagram/@vanisimbolon ©2021 Merdeka.com

Melihat wajahnya terpampang nyata di bagian belakang truk, Bripda Vania yang acap kali membagikan kegiatannya sehari-hari di akun Instagramnya pun nampak mengapresiasi karya unik tersebut. Bahkan, dirinya menyebut sang pemilik truk tersebut dengan perasaan bangga.

"Yang punya mobil gokil deh. Ini mobil truk dari kota mana sih?," tulisnya.


Mendapat Karangan Bunga

Instagram/@vanisimbolon ©2021 Merdeka.com

Selain itu, ia juga pernah mendapatkan kiriman bunga yang diantar langsung ke Polres Siantar. Sebagai sosok yang banyak dikagumi, ia pun juga sering menyapa pengikutnya dengan sejumlah unggahan di media sosial. 

Tak Terbang, Kini Jadi PKL

Berani Berubah: Berhenti Terbang, Pramugari Terjun Bisnis Lontong Sayur

Merdeka.com 2021-05-24 07:00:00
Pramugari Jual Lontong Sayur. istimewa

Dua pramugari tak putus asa meski sudah tidak bekerja di perusahaan maskapai Indonesia. Mereka masih memiliki cita-cita yang harus dicapai. Mereka adalah Meitry dan Qorry. Setelah enam bulan tak bekerja di perusahaan maskapai, mereka semangat membuka usaha makanan lontong sayur.

Meitry dan Qorry bercerita tentang usaha lontong sayur yang sedang mereka jalani. Berawal dari berhenti dari pekerjaan di salah satu perusahaan maskapai di Indonesia selama enam bulan. Saat itu, perusahaan maskapai terimbas Pandemi Covid-19. Meitry dan Qorry, dan sejumlah karyawan lainnya menjadi korban pemberhentian karyawan atau PHK.

istimewa

Namun hal itu justru tidak menyurutkan semangatnya. Meitry teringat dengan cita-citanya menjadi pengusaha. Dari kondisi ini, Meitry berharap bisa meraih cita-citanya itu. Dibantu oleh Qorry, Meitry membuka usaha lontong sayur dengan resep dari sang nenek.

Di awal usahanya, Meitry dan Qorry rela terjun langsung ke lapangan. Melayani pembeli hingga rela panas-panasan. Meski usaha barunya berbanding terbalik dengan profesinya dahulu, namun tidak ada rasa gengsi dalam diri Meitry dan Qorry.

"Untuk soal gengsi, saya sendiri sih nggak ada gengsi sih, yang penting kan kita cari pekerjaan yang halal," kata Meitry.

Kini usahanya membuahkan hasil. Dalam satu hari, mereka mampu menjual hingga 300 porsi lontong sayur. Bahkan omsetnya mencapai angka Rp50 juta.

istimewa

Meitry dan Qorry sangat bersyukur setelah tiga bulan membuka usaha lontong sayur. Berkat kerja keras mereka, kondisi keuangan mulai membaik. Bahkan mereka sudah bisa mempekerjakan karyawan di toko milik mereka.

Meitry dan Qorry mendapat banyak pelajaran. Meski sudah tidak bekerja di perusahaan maskapai, namun cita-cita menjadi pengusaha justru tercapai. Tak hanya itu saja, keduanya juga ingin membuka lapangan kerja bagi orang lain.

"Saya juga ingin sekali bisa mempekerjakan banyak orang yang terkena dampak seperti saya sekarang, ya jadi saya bisa mempekerjakan mereka semua, amin," kata Meitry.

Pasukan Mematikan Israel

Mengenal Sayeret Matkal, Pasukan Elite Israel yang Jadi Mimpi Buruk Bagi Para Musuh

Merdeka.com 2021-05-31 13:23:31
Sayeret Matkal. ©020mag.com

Beragam aksi kekerasan terus terjadi di Jalur Gaza. Israel tak berhenti menggempur permukiman warga Palestina. Tak terhitung jatuhnya korban jiwa.

Bicara soal Israel, angkatan bersenjata negara ini tergolong cukup kuat. Mereka memiliki unit pasukan khusus yang dapat diterjunkan di berbagai medan. Sayeret Matkal adalah salah satunya.

Bagi musuh-musuhnya, pasukan ini adalah mimpi buruk. Namun bagi Bangsa Israel, pasukan elite Sayeret Matkal adalah pahlawan dan kebanggaan. Dalam berbagai operasi, pasukan baret merah ini lah yang selalu menjadi andalan Israeli Defence Forces.

Semua situs militer menempatkan Sayeret Matkal di posisi lima besar pasukan elite terbaik dunia. Mereka dilatih dengan keras, menggunakan persenjataan yang terbaik dan kenyang berbagai operasi militer untuk mempertahankan wilayah yang diklaim mereka sebagai tanah air Bangsa Yahudi.

Awalnya tahun 1954, Israel merasa perlu untuk membentuk satu tim yang memiliki kemampuan intelijen khusus. Selain itu harus mampu beroperasi hingga ke belakang garis pertahanan musuh untuk mengumpulkan informasi. Dibentuklah Unit 157. Personelnya dipilih dari anggota pasukan payung alias paratroopers yang terbaik dan memiliki kemampuan tinggi.

Butuh waktu panjang bagi pasukan ini untuk menunjukkan eksistensinya. Dalam perang enam hari dan Yom Kippur, Sayeret Matkal malah tak diterjunkan dalam misi-misi tempur.

Kegagalan Fatal di Ma'alot

Kesempatan pertama datang dalam operasi pembebasan sandera di Ma'alot bulan Mei 1974. Sebuah pemukiman Yahudi yang berjarak enam kilometer dari perbatasan Libanon.

Tiga anggota Front Kemerdekaan Palestina membunuh warga Israel di sana. Mereka juga masuk ke sekolah dan menyandera 102 murid.

Lampu hijau diberikan bagi Sayeret Matkal untuk menyerang gedung sekolah. Tiga tim bergerak ke sana. Namun nahas, di tengah baku tembak tak kurang dari 25 siswa sekolah tewas dalam operasi pembebasan sandera.

Tiga orang penyandera tewas. Namun total 31 warga Israel juga tewas dalam peristiwa yang dikenal sebagai Tragedi Ma'alot ini. Kegagalan ini jadi pukulan berat bagi Sayeret Matkal.

Operasi Entebbe dan Misi Membunuh Tokoh PLO

Tahun 1976, kembali ada kesempatan bagi pasukan baret merah ini untuk membuktikan diri. Lima warga Palestina membajak pesawat Air France berisi 246 penumpang dan memaksa pilot mendarat di Uganda. Pemerintah Israel mengirimkan Sayeret Matkal untuk membebaskan sandera.

Mereka diterbangkan dengan C-130 Hercules. Dalam waktu singkat, pasukan elite ini bergerak melumpuhkan para penyandera dan tentara Uganda yang melindungi mereka.

Pimpinan pasukan Letkol Yonatan Netanyahu tewas dalam baku tembak. Namun, mereka berhasil membawa sisa sandera dan jasad komandannya kembali ke Israel. Dalam penyerbuan ini, tiga penumpang tewas dan 10 lainnya terluka. Seluruh tujuh pembajak bersama 45 tentara Uganda tewas.

Operasi di Entebee melambungkan nama Sayeret Matkal. Walau komandan operasi tewas, dia langsung disejajarkan dengan pasukan elite dunia seperti Delta Force, SAS dan GIGN dari Prancis. Sebuah operasi yang dianggap mustahil, mulai dari pengiriman pasukan hingga evakuasi para sandera dari wilayah musuh, berhasil dilakukan dengan baik.

Sayeret Matkal juga dikirimkan dalam misi-misi khusus memburu para petinggi PLO yang berada di Beirut, Libanon. Tanggal 9 Maret 1973, Unit Sayeret Matkal menyusup dengan kapal peluncur misil ke perairan Libanon. Setelah itu mereka mendayung perahu karet ke pantai dan langsung menuju target mereka di jantung Kota Beirut.

Para personel ini tak ada yang mengenakan seragam militer. Mereka bergaya bak remaja yang baru pulang dari diskotik. Bahkan ada beberapa personel Sayeret Matkal mengenakan pakaian wanita digandeng oleh pacar-pacar mereka.

Dua polisi Libanon yang berjaga tak menyangka jika anak-anak muda setengah mabuk itu adalah para algojo pencabut nyawa. Sebelum sadar, peluru dari pistol berperedam sudah meluncur telak mengakhiri hidup mereka.

Para personel Sayeret Matkal menghabisi Muhammad Youssef al-Najjar, pemimpin gerakan Black September. Mereka juga menembak mati Kamal Nasser, juru bicara dan anggota komite eksekutif PLO di apartemennya.

Pasukan elite Israel yang lain juga melakukan hal serupa pada target lainnya. Sejumlah target dihancurkan, ratusan dokumen penting berhasil dicuri. Sementara puluhan pejuang PLO tewas dalam baku tembak malam itu. Hal ini menjadi pukulan telak bagi para pejuang Palestina.

Pasukan Sayeret Matkal kembali diterjunkan dalam Perang Libanon tahun 1982. lalu operasi menghadapi Gerakan Intifada I para pejuang Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat tahun 1988. Selanjutnya Operasi Tameng Pelindung tahun 2000 hingga 2004.

Wilayah yang tak pernah sepi dari konflik membuat Sayeret Matkal tak pernah kehilangan kesiapsiagaan. Mereka juga terus berlatih dan mengadopsi teknik tempur terbaru.

Para personelnya dipilih dengan ketat. Harus jago bela diri dan menembak. Mereka juga ahli menyusup jauh ke wilayah musuh, baik secara tim atau seorang diri. Setiap anggota juga dibekali teknik pertempuran jarak dekat, antiteror dan pembebasan sandera.

Reaksi Ganjar Disentil Puan

Ganjar Pranowo: Saya Sangat Hormat dengan Mbak Puan, Sangat-sangat Hormat

Merdeka.com 2021-05-28 12:46:13
Ganjar dan Puan. ©2021 Merdeka.com

Politikus PDI Perjuangan yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku selalu hormat kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Saya mengikuti di medsos, sungguh-sungguh saya tidak enak, saya sangat hormat dengan mbak Puan, sangat-sangat hormat," kata Ganjar kepada wartawan usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Jumat (28/5).

Ganjar menyebut Puan Maharani merupakan sosok yang sangat berjasa bagi dirinya.

Dirinya masih ingat ketika maju sebagai calon Gubernur Jateng pada 2013, namun elektabilitasnya sangat rendah.

"Mbak Puanlah sebenarnya komandan tempur, saya juga tidak punya modal saat itu, maka partai (PDI Perjuangan, red) yang bergerak sehingga saya menang. Saya tidak pernah lupa itu," ujarnya.

Menurut Ganjar, apa yang saat ini ramai di media sosial terkait dengan isu perseteruannya dengan Puan Maharani itu tidak seperti yang sebenarnya terjadi.

Hingga saat ini, Ganjar mengaku tidak pernah berkonflik dengan Puan Maharani.

"Sampai hari ini saya tidak pernah berkonflik dengan beliau, bahkan saat saya 'sowan' ibu (Megawati Soekarnoputri, red) untuk halalbihalal, Mbak Puan juga ada di sana dan kami sempat bercanda. Saya ini orang Jawa dan kader yang selalu diajari 'mendhem jero, mikul duwur', itu saja," katanya.

Kabar Gembira Buat PNS dan Pejabat Negara

Tak Hanya PNS, Ini Daftar Penerima Gaji ke-13 yang Cair Juni 2021

Merdeka.com 2021-05-28 14:30:01
pns. ©sijaka.files.wordpress.com

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diberikan pada periode Juni 2021. Selain PNS, para abdi negara lain juga akan mendapatkan gaji ke-13 ini.

Pemberian gaji ke-13 PNS telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

"Secara teknis, bulan Juni itu harus dibayarkan gaji ke-13 sesuai PP," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto kepada Liputan6.com dikutip Jumat (28/5).

Adapun rincian aparatur negara yang akan menerima gaji ke-13 adalah PNS dan calon PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, dan pejabat negara.

Besaran gaji ke-13 PNS pun tidak ada perubahan, masih sesuai dengan ketentuan di PP No 63 Tahun 2021 tersebut.

Gaji ke-13 PNS, PPPK, TNI, dan Polri terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum, sesuai jabatan atau pangkatnya.

Sementara gaji ke-13 bagi calon PNS terdiri atas 80 persen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan umum sesuai jabatan dan/atau pangkat golongan/ruangannya.

Gaji ke-13 bagi pensiunan dan penerima pensiun terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tambahan penghasilan.


Tanpa Tunjangan Kinerja

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatawarta memastikan, pemerintah masih akan melakukan refocusing anggaran untuk untuk Kementerian dan Lembaga (K/L) di 2021.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang membengkak.

"Refocusing akan terus (dilakukan) kita akan terus antisipasi terutama antisipasi kalau kebutuhan Covid atau PEN perlu kita tingkatkan," jelasnya dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (25/5).

Sementara itu terkait besaran refocusing pihaknya masih menghitung. Sebab masih melihat juga seberapa besar dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Jadi terus kami pantau dan kalibrasi kemarin setelah PP THR dan gaji ke-13 enggak ada tukin, itu kita bisa tarik dari KL sejumlah dana yang akan kita alokasikan di cadangan untuk penanganan Covid dan PEN ini," jelasnya.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Menelusuri Data PNS Misterius
Pemerintah Pastikan Gaji ke-13 PNS Cair Juni 2021
PNS Jabatan ini Terima Kenaikan Tunjangan, Simak Besarannya Ada Capai Rp 1,7 Juta
Menkeu Sri Mulyani: APBD Masih Didominasi Belanja Pegawai yang Sangat Tinggi
Cair Juni, Cek Besaran Pembayaran Gaji ke-13 PNS
Fakta Wajib Dibaca Seputar Pembayaran THR dan Gaji ke-13 PNS

Dibakar Biar Sembuh

Merasakan Sensasi Terapi 'Dibakar' Si Jago Merah, Bikin Berdebar

Merdeka.com 2021-05-28 14:10:00
Terapi Bekam Api. ©2021 Merdeka.com/Ridwan Sank

Seorang pasien tidur tengkurap. Di punggungnya terdapat api yang menyala. Si jago merah itu berkobar di atas handuk yang sudah diberi herbal. Sekilas memang bikin berdebar, namun sang pasien nampak menikmati kehangatan api di punggungnya.

Di samping pasien, Ustaz Abdur Rozak menjaga kobaran api. Memperhatikan dengan seksama titik-titik bagian tubuh mana yang perlu di beri api. Bekam memang menjadi pengobatan alternatif yang sampai saat ini masih digemari masyarakat Indonesia.

Tak terkecuali, Fire Therapy, bekam api atau terapi bakar. Sesuai dengan namanya, bekam api. Pengobatan alternatif ini menggunakan media api yang dikenal berbahaya sebagai cara penyembuhan.

©2021 Merdeka.com/Ridwan Sank

Ustaz Abdur Rozak atau yang lebih dikenal Bang Jack membuka kliniknya di Jalan Pahlawan Revolusi (Jl. Damai) No.27 Rt.004 Rw. 012 Pondok Bambu Jakarta Timur. Murid Habib Ali bin Abdrurrahman Assegaf menggeluti bidang ini sejak 2018 lalu. Ia menggunakan pengobatan teknik kuno dari Tibet.

Yaitu pemanasan dengan api pada titik-titik tubuh tertentu. Tujuannya agar darah dapat bergerak lebih lancar dan jantung dapat memompa darah ke seluruh penjuru tubuh tanpa hambatan. Bekam api dapat mengeluarkan patogen angin, dingin dan lembab melalui hawa panas tersebut. Metode ini banyak digunakan di Negara China.

©2021 Merdeka.com/Ridwan Sank

Sebelum menyalakan api pada tubuh pasien, biasanya Ia memberi pasta herbal ke tubuh pasien. Setelah itu, tubuhnya ditutupi handuk dan menuangkan air serta herbal. Barulah si jago merah ini menyala. Seluruh bagian tubuh pun bisa 'dibakar' dengan api ini, tak terkecuali bagian kepala.

Pasien yang datang mengeluh berbagai penyakit, namun yang paling sering ialah masuk angin.Sesudah menjalani terapi, pasiennya akan merasakan perubahan kondisi tubuhnya dan merasa nyaman.

©2021 Merdeka.com/Ridwan Sank

Terapi menggunakan api ini diklaim bisa menyembuhkan setidaknya23 penyakit. Dari penyakit ringan seperti masuk angin sampai penyakit jantung. Selain itu, bisa mencegah penuaan dini dan meleburkan timbunan lemak yang menjadi favorit pasien hawa.

Proses terapi api ini tidak lama sekitar 11-15 menit saja. Pria berjanggut ini hanya membuka klinik ketika sudah membuat janji dengannya. Pelanggannya sekitar Jabodetabek.Selain datang ke klinik, Bang Jack juga bersedia terapi di kediaman pasien.

©2021 Merdeka.com/Ridwan Sank

Menurut Bang Jack, teknik ini juga masuk kategori pengobatan nabawi yang diperbolehkan karena tidak menimbulkan rasa sakit dan membuat cacat tubuh. Tidak dengan Kay yang diminta oleh Nabi Muhammad SAW untuk meninggalkannya, seperti yang tertulis dalam hadist.

"Kesembuhan itu terdapat pada tiga hal, yakni minum madu, sayatan alat bekam, dan kay (sundutan) dengan api, sesungguhnya aku melarang umatku dari kay." (HR. Bukhari)

Untuk mengobati penyakit pasien, Bang Jack bahkan tidak mematok harga. Pasien diminta untuk membayar semampunya. Bang Jack seolah bersedekah dengan ilmu yang dimilikinya.

Alasan Dipilih Jadi Komisaris

Terkuak, Ini Alasan Telkom Group Tunjuk Abdee Slank Jadi Komisaris

Merdeka.com 2021-05-29 12:30:00
SVP Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza. Istimewa ©2021

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM, Ahmad Reza membongkar alasan pemegang saham menunjuk Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank sebagai Komisaris dan Komisaris Independen Telkom. Pengangkatan sendiri tertuang dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (28/5) kemarin.

Menurutnya, pemegang saham sudah mempertimbangkan kompetensi yang dimiliki masing-masing individu di jajaran komisaris baru tersebut. Termasuk dalam hal ini Abdee Slank.

"Para komisaris yang diangkat punya kapasitas dan klasifikasi yang dibutuhkan bagi pengembangan bisnis perusahaan," jelasnya saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (29/5).

Khusus untuk Abdee Slank, perseroan menilai bukan hanya latar belakangnya sebagai seorang seniman saja. Tetapi, juga aktif keterlibatannya dalam dunia digital serta memberikan perhatian yang besar terhadap masalah hak kekayaan intelektual.

Abdee merupakan Co-Founder Importmusik.com, yakni perusahaan digital distribusi musik. Lainnya, Abdee pernah duduk sebagai Tim Pakar penyusunan UU Hak Cipta dan Pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

"Industri digital sangat bersinggungan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual. Dari rekam jejak, bisa diketahui bahwa beliau punya perhatian yang besar terhadap masalah Hak Atas Kekayaan Intelektual,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya meyakini keputusan perseroan untuk mengangkat Abdee Slank duduk di komisaris sudah tepat. Menyusul telah terpenuhinya aspek kompetensi plus bisa memberikan warna baru terkait tugas dan tanggung jawabnya dalam memperkuat pengawasan.

"Melihat exposure beliau sebelumnya di industri seni dan start up hal ini menjadi warna tersendiri dalam fungsi pengawasan dan juga memberikan masukan kepada management," terangnya.


RUPST Telkom

Sebelumnya, (RUPST) PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) untuk tahun buku 2020 merombak susunan komisaris pada Jumat, (28/5). RUPST Telkom Indonesia mengangkat Arya Sinulingga dan Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank sebagai Komisaris dan Komisaris Independen.

Adapun Arya Sinulingga menjabat sebagai stat khusus Menteri BUMN Erick Thohir. Pria kelahiran 1971 ini sebelum jadi Staf Khusus Menteri BUMN dikenal sebagai ahli kebijakan media. Ia pun pernah memegang jabatan penting di perusahaan media, demikian mengutip berbagai sumber.

Sementara itu, Abdi Negara Nurdin atau dikenal Abdee Slank. Dia berperan gitaris di grup musik Slank era tahun 80 yang masih eksis hingga saat ini. Selain sebagai gitaris, Abdee Slank juga menjadi produser band musik. Selain itu, ia juga turut andil dalam menciptakan lagu.

Selain itu, RUPST juga menyepakati penunjukan Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Perseroan menggantikan Rhenald Kasali.

Bambang sebelumnya merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Kabinet Indonesia Maju.

Bambang juga pernah menjabat Menteri Keuangan Indonesia ke-29 pada periode 27 Oktober 2014- 27 Juli 2016. Saat ini, dirinya menduduki kursi Komisaris Bukalapak, bersama dengan putri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid.


Jajaran Dewan Direksi dan Komisaris

Berikut jajaran dewan komisaris dan direksi terbaru Telkom Indonesia:


Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen : Bambang Brodjonegeoro

Komisaris Independen : Wawan Iriawan

Komisaris Independen : Bono Daru Adji

Komisaris Independen : Abdi Negara Nurdin

Komisaris : Marcelino Pandin

Komisaris : Ismail

Komisaris : Rizal Mallarangeng

Komisaris : Isa Rachmatarwata

Komisaris : Arya Mahendra Sinulingga

 

Dewan Direksi

Direktur Utama : Ririek Adriansyah

Direktur Keuangan : Heri Supriadi

Direktur Consumer Service : Venusiana Papasi

Direktur Network & IT Solution : Herlan Wijanarko

Direktur Digital Business : Muhammad Fajrin Rasyid

Direktur Strategic Portfolio : Budi Setiawan Wijaya

Direktur Wholesale & International Service : Bogi Witjaksono

Direktur Human Capital Management : Afriwandi

Direktur Enterprise & Business Service : Edi Witjara

Baca juga:
Kata Ahmad Dhani soal Penunjukan Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom
Jaringan Internet Terganggu, RSUD Jayapura Tak Bisa Akses Data BPJS
Kapolda Pastikan Gangguan Jaringan Telekomunikasi di Papua Bukan Cipta Kondisi
Kabel Laut Telkom di Jayapura Putus
Telkom dan Netflix Kolaborasi Hadirkan Layanan Streaming Video Terbaik

Beli Senjata Dicicil 28 Tahun

Bantah Angka Rp1.750 Triliun, Kemenhan Sebut Utang untuk Beli Alutsista Rahasia

Merdeka.com 2021-05-30 10:00:00
TNI latihan gabungan Dharma Yudha 2019. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemenhan Mayjen TNI Rodon Pedrason menyatakan jumlah pinjaman luar negeri pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) merupakan rahasia negara. Namun dia membantah nominal Rp 1,7 kuadriliun yang sempat muncul ke publik.

"Untuk jumlahnya yang Rp 1.750 triliun itu jumlah ngaco (tidak benar)," tutur Rodon saat dikonfirmasi, Minggu (30/5).

Dia juga menegaskan, pinjaman uang ke luar negeri untuk pengadaan Alutsista tidak akan membebani keuangan negara. Alasannya, utang itu akan dibayar menggunakan sistem angsuran dengan tenor sampai dengan 28 tahun dan bunga kurang dari 1 persen.

"Akan dicicil sesuai dengan alokasi budget per tahun," jelas Rodon.

Seperti diberitakan, Kementerian Pertahanan berencana membeli alat alutsista TNI dengan cara meminjam uang kepada negara asing. Hal tersebut tertuang pada rancangan Peraturan Presiden tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020-2024 (Alpalhankam).

"Pendanaan untuk membiayai pengadaan Alpalhankam Kemenhan dan TNI dibebankan pada anggaran dan pendapatan negara melalui anggaran pinjaman luar negeri," dalam rancangan Perpres yang didapat, Sabtu (29/5).

Dalam rancangan perpres tersebut dijelaskan pada pasal 7, duit yang dibutuhkan untuk membeli alutsista adalah USD 124.995.000. Kemudian secara merinci meliputi akuisisi Alpalhankam sebesar USD 79.099.625.314, pembayaran bunga tetap selama 5 Renstra sebesar USD 13.390.000.000, untuk dana kontingensi serta pemeliharaan dan perawatan Alpalhankam sebesar USD 32.505.274.686.

Kemudian dijelaskan bahwa pengadaan Alpalhankam Kemenhan dan TNI dalam Renbut dilaksanakan Kemenhan pada Rencana Stretegis (Renstra) tahun 2020-2024. Tetapi dalam peraturan tersebut, dijelaskan peraturan akan dilaksanakan setelah peraturan presiden diundangkan.

Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemenhan Mayjen TNI Rodon Pedrason membenarkan rencana tersebut. Dia menjamin tidak akan membebani keuangan negara.

"Memang ada, tapi dipastikan tidak akan bebani Keuangan negara," kat Rondon saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5).

Dia mengatakan, nantinya hal tersebut akan dicicil sesuai dengan alokasi budget pertahun. Menurut dia, negara-negara yang memberikan pinjaman dengan tenor sampai dengan 28 tahun dan bunga kurang dari 1 persen.

"Bahwa diperlukan modernisasi alutsista sih sebuah keniscayaan. Alutsista itu boleh tua tapi enggak boleh usang. Old but not obsolete," bebernya.

"Namun figur pertahanan juga mesti modern dan kuat. Eligible dan capability yang mumpuni. Bicara soal pertahanan itu berarti bicara teknologi, bicara soal hal yang mahal, tapi dapat dipakai untuk jaga kedaulatan negara, keutuhan Wilayah dan keselamatan bangsa dalam jangka lama," ungkapnya.

Sumber: Liputan6.com.
Reporter: Nanda Perdana Putra

Bersepeda Pakai Etika

Dishub DKI Tegaskan Pesepeda Wajib Gunakan Jalur Kiri

Merdeka.com 2021-05-30 12:00:00
Bersepeda di Jakarta. ©2021 merdeka.com/imam buhori

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara mengenai banyaknya pesepeda yang menggunakan jalur kanan di jalan umum sehingga banyak menuai protes. Dia menegaskan, pesepeda wajib menggunakan jalur kiri.

"Bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, ada namanya prioritas pengguna jalan. Tentu bagi para pesepeda yang kecepatannya berada di bawah kendaraan bermotor, itu wajib menggunakan jalur paling kiri," kata Syafrin di kawasan Jalan Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (30/5).

Syafrin menyebut hal itu demi aspek keselamatan dan keamanan para pengguna jalan. Kendati begitu, dia menyebut untuk sanksi pelanggar merupakan ranah dari pihak kepolisian.

"Untuk sanksi sepenuhnya menjadi kewenangan rekan-rekan kepolisian," ucap dia.

Syafrin menyatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ketertiban berlalu lintas ini kepada masyarakat. "Tentu dengan upaya social engineering ini kita harapkan ada perubahan perilaku, dari warga Jakarta untuk selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, menaati rambu lalu lintas, marka jalan, dan mengikuti arahan petugas pada saat berada di lapangan," jelas dia.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan jalur khusus untuk sepeda balap (road bike) dan akan menindak tegas pesepeda yang masih menggunakan jalan umum atau keluar dari jalur khusus.

"Kita siapkan jalur khusus road bike. Setelah jalur itu operasional kita akan mulai penindakan tegas terhadap para bikers," kata Direktur Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5).

Sambodo menjelaskan, jalur khusus yang tengah disiapkan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta adalah Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Kampung Melayu-Tanah Abang.

Meski demikian, penggunaan JLNT Casablanca sebagai jalur khusus road bike masih dalam tahap uji coba, Belum ada kepastian kapan jalur itu akan dioperasikan.

Sanksi untuk pesepeda yang melanggar telah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Ada pelanggaran UU Lalu Lintas. Pasal 299 UU LLAJ," katanya seperti dikutip Antara.

Pasal 299 UU LLAJ itu berbunyi:

Setiap orang yang mengendarai kendaraan tidak bermotor yang dengan sengaja berpegang pada kendaraan bermotor untuk ditarik, menarik benda-benda yang dapat membahayakan pengguna jalan lain, dan/atau menggunakan jalur jalan kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a, huruf b, atau huruf c dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp100 ribu.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Ika Defianti

Rudal - Rudal Letoi Israel

Polisi Gaza Amankan Hampir 300 Rudal Israel yang Gagal Meledak

Merdeka.com 2021-05-24 15:11:00
Warga Gaza rumahnya hancur akibat gempuran Israel. ©MOHAMMED ABED/AFP

Kepolisian Gaza mengamankan hampir 300 peluru dan rudal yang gagal meledak yang ditembakkan oleh Israel selama menyerang wilayah Palestina yang diblokade.

Kepala Kepolisian Mahmoud Salah saat konferensi pers di Gaza pada Sabtu menyebutkan bahwa tim penjinak bom masih menetralkan senjata lainnya yang tidak meledak meski kemampuan teknik mereka terbatas.

Konferensi pers digelar di atas puing-puing markas polisi yang hancur akibat serangan udara Israel.

"Pendudukan Israel berupaya merancukan populasi sipil kami dengan menggempur markas polisi..., namun polisi tak henti-henti berpartisipasi dalam melawan pendudukan," kata Salah, seperti dilansir Antara mengutip Anadolu, Senin (24/5).

Lanjutnya, "Pendudukan gagal total dalam mengacaukan keamanan kami dan mengancam front internal kami, dan aparat polisi tetap tangguh di posisi mereka untuk secara efektif melayani rakyat."

Salah mengatakan bahwa polisi akan terus melayani dan melindungi rakyat Gaza meski markas kepolisian hancur.

Pada Jumat gencatan senjata antara kelompok Palestina dan Israel yang ditengahi oleh Mesir mulai berlaku, mengakhiri 11 hari pertempuran.

Sedikitnya 248 warga Palestina tewas, termasuk 66 anak dan 39 perempuan, dengan 1.948 orang lainnya mengalami cedera dalam serangan Israel terhadap Jalur Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Otoritas Kesehatan di Tepi Barat secara terpisah mengonfirmasi 31 korban tewas di Tepi Barat sejak bulan lalu, dengan total 279 korban tewas di seluruh wilayah Palestina.

Sementara itu, tercatat 12 korban tewas dari pihak Israel akibat serangan roket Palestina dari Jalur Gaza.