Volume 26

Paspampres Ketiduran, Ketahuan Presiden

Kesaksian Mantan Anggota Paspampres Kepergok Soeharto Ketiduran, Langsung Dihukum?

Merdeka.com 2021-06-03 08:01:41
Kesaksian Mantan Anggota Paspampres Soeharto. YouTube beny adrian ©2021 Merdeka.com

Menjadi pengawal Presiden tentu bukan pekerjaan mudah. Mereka dituntut untuk selalu siap dan siaga dalam kondisi apapun. Namun di balik itu semua terdapat cerita-cerita menarik yang tak banyak orang tahu. Seperti kesaksian mantan anggota paspampres ini.

Dia kepergok ketiduran oleh Presiden Soeharto. Bahkan, yang membangunkannya pun juga orang nomor satu di Indonesia. Tentu saja, dia langsung gemetar dan siap menjalani hukumannya. Tetapi, apa yang dilakukan oleh Presiden Soeharto selanjutnya bikin dia terkesan.

Lantas bagaimana kesaksiannya? Melansir dari akun YouTube beny adrian, Kamis (3/6), simak ulasan informasinya berikut ini.


Jadi Pengawal Pribadi Presiden Soeharto

Mayor (Purn) Hermintoyo tentu merasa terhormat bisa menjadi pengawal pribadi presiden. Saat itu Hermintoyo menjadi Wapri di mana Kapten Syafrie Syamsuddin adalah Komandan Pengawal Pribadi Presiden.

"Saya mendapat perintah untuk mengawal pribadi Pak Harto wakilnya Pak Adam Malik. Saya Sersan Dua, Bunyamin Sersan Dua mengawal Pak Adam Malik dengan Pak Harto," ungkap Mayor (Purn) Hermintoyo.

YouTube beny adrian ©2021 Merdeka.com

"Berarti masuk Paspampres ya Pak Ya?" tanya pemilik akun YouTube beny adrian.

"Masuk Paspampres, BP tapi," jawabnya.

"Jadi Wapri ya pak ya?" tanyanya lagi.

"Wapri. Nah Komandan Pengawal Pribadinya itu Kapten Syafrie Syamsuddin," jelasnya.


Kepergok Presiden Soeharto Ketiduran

Banyak cerita menarik selama menjadi pengawal pribadi Pak Harto. Satu cerita yang masih segar diingatan adalah saat dirinya kepergok Presiden Soeharto ketiduran. Saat itu Hermintoyo tengah menjaga di lantai dua Cendana.

"Yang terkesan dengan Pak Harto ya kalau kita kunjungan ke Tapos. Itu biasalah Bapak suka tegur sapa sama karyawan-karyawan yang merawat sapi. Yang saya terkesan oleh Pak Harto, saya jaga di lantai dua Cendana sempat ketiduran," paparnya.

"Bapaknya?" tanya pemilik akun.

"Saya, ketiduran. Pak Harto keluar pakai piyama hari Jumat itu saya ingat," lanjutnya.

"Pagi ya Pak?," tanyanya.

YouTube beny adrian ©2021 Merdeka.com

"Jam satu malam. Kontrol Pak Harto 'Ngantuk Le?' 'Oh siap', ini senjata AK tak injak talinya, tapi pistol di sini (pinggang). Sudah, wah besok saya dihukum sama Pak Syafrie," ungkapnya sembari tertawa mengingat kenangannya dengan Presiden Soeharto.


Kesan dengan Soeharto

Tentu saja, Hermintoyo langsung gemetar dan siap menjalani hukumannya. Tetapi, apa yang dilakukan oleh Presiden Soeharto selanjutnya bikin dia terkesan. Pak Soeharto tidak melaporkan kejadian tersebut ke Komandan Pengawal Pribadi. Sehingga Hermintoyo aman dari hukuman akibat kelalaiannya.

YouTube beny adrian ©2021 Merdeka.com

"Ternyata Pak Harto bijaksana. Tidak ada laporan, Alhamdulillah aman lah saya," sambungnya.

"Aman ya Pak ya?" kata pemilik akun.

"Iya, aman. Itu kesannya kepada Pak Harto," jelasnya.

"Itu Bapak Wapri nya Pak Harto 79 berarti ya Pak?," tanyanya.

"(Tahun) 79 sampai 84," jelasnya.


Video Kesaksian Mantan Anggota Paspampres

Berikut videonya.

Baca juga:
Intip Penampakan Kampung Kelahiran Soeharto, Bersih, Sejuk dan Asri
Soeharto Berunding dengan Ulama dan Tokoh Masyarakat pada 19 Mei 1998, Enggan Mundur
Setelah 23 Tahun, Reformasi Belum Selesai
Deretan Keponakan Jenderal TNI yang Curi Perhatian Publik, Ada yang Kepala Daerah
Jarang Terpublikasi, Ini Potret Presiden Soeharto Pukul Beduk Sambil Takbiran

Jangan Arogan!

Hilangkan Arogansi dan Pentingnya Budaya Saling Menghargai di Jalanan

Merdeka.com 2021-05-31 18:14:24
Uji Coba Kedua Road Bike di JLNT. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Foto pemotor berpelat AA mengacungkan jari tengah ke pesepeda road bike trending di jagat dunia maya. Kejadian itu terjadi di kawasan Dukuh Atas, Jalan Sudirman Thamrin beberapa hari lalu.

Dari serangkaian foto yang beredar di media sosial, pemotor tampak mencoba melewati peleton road bike yang berada di tengah dan kanan jalan. Usai menyalip, pemotor yang kesal jalannya dihalangi mengacungkan jari tengah ke arah rombongan.

Aksi rombongan pesepeda vs pemotor memantik pro kontra muncul di antara warganet. Sebagian warganet menanggapi negatif aksi pemotor, sebagain lagi tentu ditujukan kepada rombongan pesepada.

Tetapi sorotan lebih banyak menyasar rombongan road biker. Publik menyampaikan komentar negatif dengan menganggap mereka egois dan arogan karena mengabaikan hak pengguna jalan lain. Terlebih lagi, Pemprov DKI sudah menyediakan jalur khusus sepeda di lajur kiri.

Selain road bikers, pengguna jalan yang acapkali disorot karena dianggap arogan dan egois adalah pengendara motor gede atau moge. Kasus terbaru rombongan motor gede (moge) kedapatan konvoi di jalur busway di kawasan KH Hasyim Ashari, Cideng, Jakarta Pusat.

Polisi melakukan penindakan berupa penilangan. Dari delapan motor, empat motor kabur, sementara empat lainnya berhasil ditilang polisi.

Bike To Work Singgung Adab Berkendara

Iring-iringan pesepeda road bike itu mendapat sorotan dari komunitas Bike To Work. Sikap rombongan tersebut dianggap egois dan keterlaluan karena seolah 'menguasai' jalan.

Ketua Umum Bike To Work, Poetot Soedarjanto mengatakan aturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) Nomor 22/2009 pasal 122 huruf c sudah jelas mengatur lajur pesepeda.

Aturan tersebut berbunyi 'pengendara kendaraan tidak bermotor juga dilarang menggunakan jalur jalan kendaraan bermotor jika telah disediakan jalur jalan khusus bagi kendaraan tidak bermotor'

"Yang juga harus dikemukakan dan ditegaskan adalah mereka yang termasuk perilakunya tidak tertolong lagi itu, ya, sebagian dari pengguna sepeda balap, sepeda sport. Mereka sudah keterlaluan. Mereka egois," kata dia.

©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Poetot merasa heran dengan postingan para pengguna sepeda balap yang menggunakan tagar #Sheretheroad atau berbagi jalan. Padahal mereka tidak memiliki etika dan berbagi jalan kepada pengendara lainnya.

"Sementara perilaku mereka jauh dari adab. Jadi apa yang mau dituju?" katanya.

Polisi Imbau Saling Menghormati dan Memberi Ruang

Polisi melihat fenomena berkendara ini sebagai suatu masalah serius. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengajak semua pihak untuk saling menghormati hak dan kewajiban sesama pengguna jalan.

"Saya mengimbau kepada semua orang, kepada semua pemakai jalan, mari kita berbagi ruang jalan. Kan sudah jelas di Undang-Undang, kendaraan yang lebih kencang itu melaju di sebelah kanan. Artinya pesepeda, pengguna non sepeda, juga harus berbagi ruang jalan yang sama. Kalau misalnya peletonan, peletonan yang baik. Misalnya di sebelah kiri, jangan sampai mengambil seluruh badan jalan sehingga kemudian orang lain tidak bisa lewat," katanya.

Selain itu, kata Sambodo, masyarakat juga harus memperhatikan aturan-aturan dalam berkendara agar tidak saling menyerobot jalur. Sekaligus demi menjaga keselamatan bersama.

"Atau pun sepeda motor, kalau misalnya lagi ada yang olahraga sama-sama menghormati, sehingga dengan demikian itu paling tidak kita sama-sama bisa menjaga keselamatan diri sendiri maupun menjaga keselamatan orang lain," imbuh Sambodo.

Pesepeda Bandel Perlu Ditindak

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai maraknya pesepeda melanggar aturan disebabkan belum berlakunya penindakan oleh polisi. Dia mencontohkan pesepeda bandel yang melaju tidak pada jalurnya seperti rombongan road bike.

Padahal, menurutnya, polisi bisa menerapkan pasal 299 UU Lalu Lintas. Pasal itu menyatakan sanksi denda Rp 100.000 atau kurungan 15 hari bagi pesepeda yang melintas di luar jalur sepeda.

Sementara, Polisi beralasan masih melakukan sosialisasi jalur sepeda Sudirman-Thamrin sehingga belum melakukan penindakan.

"Polisi dapat tegas bertindak karena sudah dilindungi UU LLAJ," papar Djoko.

©2021 merdeka.com/imam buhori

Djoko mengingatkan semua pengguna jalan sudah ada jalurnya masing-masing. Sehingga penting rasanya bagi semua pihak untuk mematuhi aturan-aturan lalu lintas demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

"Semua pengguna jalan wajib mentaati aturan berlalu lintas dengan tertib demi keselamatan. Yang menggunakan jalan ada kendaraan bermotor ada kendaraan tidak bermotor (pejalan kaki dan pesepeda)," tutup dia.

Jenderal Andika Marah

Depan Panglima Kodam, Jenderal TNI Andika Marah Ada Iuran di Lembaga Pendidikan

Merdeka.com 2021-06-02 08:37:00
Jenderal TNI Andika Marah Ada Iuran di Lembaga Pendidikan. Liputan6 ©2021 Merdeka.com

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menerima laporan adanya penarikan iuran dalam penyelenggaraan pendidikan Akademi militer di Angkatan Darat. Laporan tersebut membuat Andika marah.

Di hadapan para Panglima Kodam, Andika menegaskan tak ingin lagi ada laporan mengenai penarikan iuran. Dia pun akan bertindak tegas kepada para komandan jika penarikan iuran masih dilakukan.

Berikut ulasannya.


Iuran Tak Ada di Pendidikan Zaman Dulu

Instagram @jayalah.negriku ©2021 Merdeka.com

Andika Perkasa nampak kecewa mendengar adanya iuran kepada calon TNI saat menjalankan pendidikan militer. Dia bahkan membandingkan Pendidikan Militer di eranya kala itu yang bebas dari iuran.

"Saya tidak ingin lagi ada iuran, apa pun alasannya. Kita dulu waktu pendidikan, pendidikan pertama enggak ada itu iuran-iuran. Dinas Asops (TNI) dalam hal ini sudah merencanakan, ada uang makan, ada uang saku atau apa pun namanya. Sebelum dilantik sudah ada," kata Andika seperti dikutip dari laman Instagram akun @jayalah.negriku.


Tidak Memanjakan TNI

Menurutnya,  zaman dulu tak memanjakan calon tentara. Kurangnya logistik perorangan, menjadi salah satu bentuk latihan. Sehingga tidak bisa menjadi alasan bagi para oknum untuk meminta iuran.

"Itu semua sudah cukup, bahwasanya sepatunya kurang ya enggak apa-apa. Bisa kita dulu. Dan itu menjadi bagian dari cara kita berlatih. Kita nyuci malam-malam setelah kegiatan, jangan maunya cadangannya banyak," terang Andika.

Para Komandan Ikut Tanggung Jawab

Instagram @jayalah.negriku ©2021 Merdeka.com

Andika mengatakan, para komandan di setiap distrik harus ikut bertanggung jawab jika masih ada iuran. 

"Tapi yang lebih penting, jangan ada anggapan, seolah-olah iuran ini menjadi keharusan, dan mungkin ada yang memanfaatkan. Jadi kalau masih ada iuran apa pun bentuknya di Rindam. Saya akan menganggap Danrindam tahu. Ada iuran di Pusdik-Pusdik, saya akan menganggap Danpusdik tahu. Di Secapa saya juga dapat laporan iuran, berarti Danmen (Komandan Resimen) tahu," tegas Andika.


Tentara itu Sebagian Besar Orang Menengah ke Bawah

Andika berharap kasus iuran itu bisa segera ditindaklanjuti. Hal ini sebagai upaya memperbaiki kondisi TNI AD.

"Di Akmil, di Seskoad kita harus perbaiki. Enggak perlu dikoordinir, kalau mereka mau jajan, buka masing-masing. Enggak usah pakai dikoordinir, sehingga enggak ada 'petualang-petualang' (oknum peminta iuran)," ujar Andika.

Instagram @jayalah.negriku ©2021 Merdeka.com

Apalagi seperti diketahui, bahwa sebagian besar calon tentara itu berasal dari keluarga menengah ke bawah. Sehingga terlalu tega jika masih diminta iuran.

"Kalau saya masih dengar ada laporan tadi (iuran), saya anggap Komandannya tahu. Berarti akan ada konsekuensi. Sudahlah, kasihan yang mengikuti pendidikan itu enggak semuanya orang berada. Kalau berada, ngapain jadi tentara. Mayoritas mereka dari menengah ke bawah," tegasnya.


Ancaman Bagi Komandan

Instagram @jayalah.negriku ©2021 Merdeka.com

Andika memberi waktu dua minggu kepada para komandan untuk segera bertindak terkait penarikan iuran kepada calon tentara. Dia meminta para komandan bergerak menelusuri sampai ke akarnya.

"Kalau masih saya terima laporan, awas. Saya kasih waktu dua minggu, masing-masing Komandan tadi beresin, telusuri sampai ke bawah. Siap-siap saja dan jangan ragukan keseriusan saya," pungkasnya.

Video Ketegasan KSAD Andika Perkasa

Berikut video ketegasan KSAD Andika Perkasa terkait laporan iuran di Akademi Militer Angkatan Darat.

Dipuji dan Digoda

Potret Cantik Merry Gustianzhari, Kowad yang Disebut Bikin Penjahat Klepek-Klepek

Merdeka.com 2021-06-07 11:15:00
Potret Cantik Merry Gustian. Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Sosok kuat dan tegas menjadi ciri khas dari seorang tentara. Namun, di lain sisi ada sejumlah Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) yang kerap menghipnotis para kaum adam dengan pesonanya.

Salah satunya Merry Gustianzhari. Ia merupakan anggota TNI yang sempat viral di tahun 2019 lantaran pesonanya. Tak hanya sebagai anggota, kini Merry juga terjun di dunia YouTube dan menjadi seorang influencer.

Penasaran dengan potret barunya yang kian menawan? Simak ulasannya berikut ini.


Cita-Cita jadi Tentara Sejak Kecil

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Menjadi seorang abdi negara merupakan cita-cita Merry sejak kecil. Apalagi selama mengenyam pendidikan di sekolah, ia sudah memilih kegiatan yang berbau militer.

Fisiknya ditempa dengan beragam aktivitas di pramuka dan bela diri. Hal itu kian menambah semangat Merry.

"Motivasi aku adalah menjaga kesatuan negara Republik Indonesia ini. Dan ini adalah cita-cita aku dari kecil. Selain itu motivasi dari orangtua. Dari dulu suka naik gunung, ikut pramuka, ikut bela diri karate. Itulah dasar aku ingin jadi abdi negara," kata Merry seperti dikutip dari kanal YouTube Merry Gustianzhari.


Kerap Dipuji dan Digoda

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Tak ayal potret Merry yang cantik nan elegan di media sosial sering kali ramai dikomentari netizen. Sejumlah warganet bahkan tak segan melontarkan pujian.

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

"Bisa bisa apa sih yang enggak bisa buat kamu 😍😉," tulis @mas_uno_candukmarga.

"Kenapa gua senang sekali melihat wajah sangar mu mbak serasa ingin memiliki nya 😂😂😂😂😂," tulis @eskandarrudi.

"@merrygustianzhari07 semoga bisa bertemu bidadari seperti kamu," tulis @ryuichida85.


Jadi YouTuber

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Selain sibuk sebagai abdi negara, siapa sangka gadis cantik ini juga menjadi influencer dan YouTuber. Melalui media sosial, Merry kerap memberi motivasi dan berbagi aktivitasnya.
Berikut salah satu videonya saat bertandang ke Yogyakarta.


Miliki Pasangan Sesama Militer

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Saat ini Merry telah menjalin kasih dengan seorang perwira bernama Primafika Sofyan. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 2007.

Alumni Taruna Nusantaran Angkatan XII tersebut dikabarkan telah meminang Merry. Pasangan serasi yang sama-sama di bidang militer.


Gemar Kendarai Sepeda Motor

Instagram @merrygustianzhari07 ©2021 Merdeka.com

Di balik sisi feminimnya, tak disangka ternyata Merry gemar mengendarai sepeda motor besar. Melalui laman Instagram pribadinya, @merrygustianzhari07 tampak sekian kali mengunggah potret bersama kendaraan roda dua itu.

"Apapun yang Kamu Lakukan Jangan pernah Menyerah untuk Memperjuangkannya. SEMANGAT 💪😀," tulisnya dalam keterangan foto.

Preman Nekat Palak Polisi

Tak Ada Takutnya, Preman Palak Polisi, Komandan Murka Langsung Datangi Tongkrongannya

Merdeka.com 2021-06-03 06:47:56
Preman Ini Palak Polisi, Komandan Murka Langsung ke Tongkrongannya. YouTube Rana Films ©2021 Merdeka.com

Polisi kembali berurusan dengan preman di Depok. Hal ini terkait adanya pengaduan dari masyarakat sekitar terkait aksi preman tersebut.

Dilaporkan, salah seorang preman kerap kali melakukan pemalakan ke sejumlah warung pinggir jalan. Salah satunya warung milik polisi.

Mengetahui hal itu, Tim Jaguar Depok langsung mendatangi tongkrongannya. Komandan Tim Jaguar juga memberikan bukti saat pelaku membela diri.

Melansir dari akun YouTube Rana Films, Kamis (3/6), simak ulasan informasinya berikut ini.


Datangi Tongkrongannya

Tim Jaguar Depok yang dikomando oleh Iptu Winam Agus langsung mendatangi tongkrongannya.

YouTube Rana Films ©2021 Merdeka.com

"Ada pengaduan sepanjang jalan Kartini ini yang buka-buka warung, ada yang malak. Kalau kalian semua sampai enggak, saya terima kasih. Tapi ada di sini teman sampeyan yang ada. Cuma saya kasih tahu sampeyan ya, di sini tempat sampeyan cari uang, dijaga. Tapi yang oknumnya harus kita amankan, sampeyan saya kasih warning janganlah main seperti itu," ujar Iptu Winam Agus.


Bukti Aksi Nakal Preman

Tim Jaguar mendatangi tongkrongan pelaku tidak dengan kekerasan. Iptu Winam Agus bahkan juga memberikan peringatan kepada ormas yang berada di sana. Namun, pelaku sempat membela diri dengan menanyakan bukti yang ada.

YouTube Rana Films ©2021 Merdeka.com

"Saya ke sini mengamankan salah satu orang, dia. Sekarang dia yang saya amankan. Bilangin ormas yang lain atau kalian di ormasmu, saya pengen kalian cari uang yang enak. Sekarang saya mau tanya, AD ART mu apa sih kok seperti model yang dilakukan dia? Malak di sana, malak di sana," sambungnya.

"Kalau boleh tahu di mana Ndan?," tanya pelaku.

"Kamu perlu bukti? Perlu bukti? Tak bukain. Nih, kamu bukan?" ujarnya sembari memperlihatkan bukti berupa foto.

"Iya," jawabnya.


Banyak Keluhan Masyarakat

Rupanya, tak hanya satu atau dua keluhan saja yang ditujukan kepada pelaku. Diungkapkan oleh Iptu Winam Agus bahwa pengaduan masyarakat terhadap pelaku sudah banyak.

YouTube Rana Films ©2021 Merdeka.com

"Dan keluhan masyarakat banyak tentang kamu," lanjutnya.

"Kalau saya enggak pernah malak di situ Pak," kata oknum pelaku berusaha membela diri.

"Heh dengarin dulu, kalau nanti korbannya semua tak panggili, kamu mau enggak gitu. Kalau korbannya saya panggilin bagaimana? Kamu enggak bisa mengelak," ujarnya.


Komandan Murka Warung Polisi Dipalak

Mengejutkannya, pelaku juga dengan berani melancarkan aksinya di warung milik polisi. Bahkan dia meminta uang senilai Rp100 ribu meski tahu warung tersebut milik polisi.

YouTube Rana Films ©2021 Merdeka.com

"Kamu dibilangin orangnya polisi saja 'oh, kalau polisi Rp100 ribu'. Kamu itu hebat banget, sekarang korbannya ada di kantor, korbannya ada di Polres. Sudah bilang ini punya polisi warungnya, 'oh kalau polisi Rp100 ribu saja', kamu makan di situ ngambil. Kita bicara di Pores semua gimana? supaya saya masuk kata-kata saya dengan sampeyan. Ayo bicara di Polres, kita saksikan ini (pelaku)," lanjutnya.

"Enggak akan terulang lagi Pak," kata pelaku.

"Mana bawa borgol, satu di borgol. Ditungguin korbannya di Polres ya, mau diborgol enggak? Ikut," sambungnya lantas membawa pelaku ke Polres.


Video Polisi Mengamankan Preman Tukang Palak

Berikut videonya.

Baca juga:
Sudah Tobat, Hercules Bicara Kematian & Pertanggungjawaban ke Allah Bikin Merinding
Aniaya Warga dan Ancam Aparat di Garut, Dadang Buaya Cs Dijerat Pasal Berlapis
Selain Perwira TNI, Preman Dadang Buaya juga Kejar Polisi Lalu Kepung Koramil
Dandim Garut: Dadang Buaya Kerap Buat Onar, Palak Sejumlah Pedagang
Kronologi Dadang Buaya Kejar Anggota TNI ke Markas Koramil di Garut
Momen Hercules Datangi Indramayu, Disambut Warga Sekampung

Moge Ditaklukkan, Sekarang Istri Pejabat

Ingat Polwan Freestyle di Atas Moge yang Viral, Ini Potret Barunya jadi Istri Pejabat

Merdeka.com 2021-06-04 10:22:02
Polwan Freestyle di Atas Moge yang Viral, Ini Potret Barunya. Instagram @caturthatha ©2021 Merdeka.com

Mengendarai sepeda motor gede bahkan freestyle menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap riders. Umumnya kemampuan ini dimiliki oleh laki-laki. Namun kian mencuri perhatian bila dilakukan oleh kaum hawa.

Seperti yang sempat viral kala itu, aksi memukau ditampilkan oleh para Polisi Wanita Polda Metro Jaya. Salah seorang peserta atraksi yang hangat diperbincangkan ialah sosok Iptu Pol Martha Catur Wurihandini.

Meski akhirnya kini ia tak banyak mengendarai motor besar lagi. Terutama sejak menjadi istri Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

Berikut potret terbarunya kini yang kian menawan.


Awet Muda

Kehidupan biduk rumah tangga Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna bersama Iptu Pol Martha Catur Wurihandini, seakan kian berwarna. Bahagianya pasangan tinggal bersama kelima buah hatinya.

Instagram @caturthatha ©2021 Merdeka.com

Belum lama ini, Martha dikaruniai seorang putra bernama Andi Yusuf Panca Winata. Sementara putri sulungnya, Ananda Elsa Citra Pradinda baru saja dipinang.

Meski begitu, penampilan Martha masih terlihat bak anak muda kekinian. Paras cantiknya seakan tak tergerus usia.


Tak Lagi Kendarai Moge

Instagram @caturthatha ©2021 Merdeka.com

Martha merupakan abdi negara yang bertugas di kepolisian dengan pangkat perwira, yakni Inspektur Satu (Iptu). Sejak muda, ia kerap beraksi di atas motor Harley-Davidson.

Disebutkan bahwa dirinya memiliki hobi mengendarai motor gede berkapasitas lebih dari 1000 cc. Meski akhirnya, hobinya tersebut kini mulai dikurangi.

Apalagi semenjak suami Martha menjadi pejabat besar, Wakil Wali Kota periode 2016-2021.

"Iya, memang saya sudah lama mempunyai hobi mengendarai motor besar, tetapi sejak menjadi ibu pejabat aktivitas menunggangi motor besar agak berkurang," kata Martha sepert dikutip dari Liputan6.


Kian Menawan nan Anggun

Bulan Maret lalu, Martha menerima kejutan istimewa dari suami tercintanya. Kue ulang tahun pernikahan atau perayaan anniversary yang indah dipenuhi hiasan bunga.

Tak lupa ia menyematkan ucapan terima kasih kepada Tuhan dan seluruh pihak. Termasuk syukurnya bisa terus romantis bersama sang suami, Pradi Supriatna.

Instagram @caturthatha ©2021 Merdeka.com

Meski tampil gagah dengan seragam Polisi. Tapi aura feminim dan keanggunannya masih terpancar jelas.

"Terima kasih ya bang haji @pradi_supriatna untuk kasih sayang dan cintanya setelah sekian lama kita mengarungi rumah tangga. Semoga kita selamanya bersama hingga maut memisahkan," tulis doa Martha dalam keterangan foto.


Jadi Selebgram

Instagram @caturthatha ©2021 Merdeka.com

Kesibukan Martha saat ini bukan hanya mengabdi sebagai Polisi. Melainkan juga sebagai seorang istri pejabat.

Ditambah lagi, berkat ketenaran Martha yang kian melejit. Tak sedikit beberapa unggahannya di laman Instagram menjadi ajang iklan. Ia tampak menerima sejumlah endorse.

Penjelasan Potensi Tsunami

BMKG Sebut Skenario Terburuk Tsunami di Jatim Dibuat untuk Mitigasi

Merdeka.com 2021-06-04 09:32:39
Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr Daryono. ©2017 Merdeka.com

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan masyarakat tidak perlu panik terkait adanya skenario terburuk gempa bumi dan tsunami di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

"Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi. Kapan terjadinya juga tidak ada yang tahu," katanya kepada merdeka.com, Jumat (4/6).

Dia mengatakan potensi itu juga sama untuk wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok sehingga Sumba. Oleh sebab itu masyarakat tidak perlu panik terkait skenario tersebut.

"Jadi respons mitigasi yang dinanti bukan kepanikan. Potensi itu sama untuk semua wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Sumba, bukan Jatim saja," ungkapnya.

Dia mengatakan siapapun tidak ada yang bisa memprediksi. Kejadian tersebut bisa saja tahun depan atau puluhan tahun selanjutnya.

"Di sini BMKG tidak memberi info kapan. Bahkan kita tidak tahu kapan terjadinya," bebernya.

Siapkan Masyarakat Siaga Tsunami

Walaupun demikian Daryono mengatakan BMKG telah menyiapkan masyarakat siaga tsunami. Yaitu kata dia dengan membuat sekolah lapangan gempang, memasang sirine, memasang alat penerima informasi dan warning tsunami.

"Memetakan bahaya tsunami, peta landaan tsunami , memasang rambu, membantu membuat jalur evakuasi dan rekomendasi-rekomendasi mitigasi yang tepat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, BMKG juga sudah memasang banyak sensor gempa di Jawa Timur. Hal tersebut untuk memberikan peringatan tsunami dapat dengan terdiseminasi.

"BMKG sudah memasang banyak info dan warning tsunami dapat dengan cepat terdiseminasi. Sehingga memberi manfaat untuk selamatkan masyarakat pesisir. Masyarakat jangan panik, informasi potensi disiapkan untuk respons mitigasi bukan untuk menakuti masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan skenario terburuk gempa bumi dan tsunami di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Khusus gempa bumi, diprediksi akan terjadi hingga magnitudo 8,7, sedangkan tsunami bisa mencapai genangan setinggi 30 meter.

Pemetaan skenario terburuk ini berdasarkan hasil evaluasi terhadap beberapa klaster di wilayah Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan, terjadi peningkatan kejadian gempa, terutama di lepas pantai selatan Jawa Timur, selatan Selat Sunda, selatan Jawa Barat, selatan Jawa Tengah serta sebelah barat kepulauan Mentawai.

"Nah sehingga kami menyusuri pantai mulai Jatim sampai Selat Sunda mengecek yang kami khawatirkan dari catatan sejarah gempa-gempa yang kekuatannya di atas M 7,0 diprediksi skenario terburuk kekuatannya M 8,7. Kekuatan M 8,7 ini bisa membangkit tsunami," katanya dalam webinar Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat (28/5).

Dwikorita mencatat, selama ini rata-rata kejadian gempa bumi di Jawa Timur mencapai 300 hingga 400 kali dalam sebulan. Sementara sejak Januari 2021, kejadian gempa meningkat signifikan menjadi rata-rata 600 kali sebulan.

Dari 600 kali gempa bumi di Jawa Timur, ditemukan ada zona kosong. Zona ini dikhawatirkan belum melepaskan energi gempa.

Sahabat Lama

Resmikan Patung Bung Karno, Megawati Sebut Prabowo Sebagai Sahabat

Merdeka.com 2021-06-06 12:38:41
Megawati dan Prabowo saat peresmian patung Bung Karno menunggang kuda di kantor Kemhan. ©2021 Foto: dok PDIP

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno menunggang kuda di kompleks Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (6/6). Hadir pula Menteri pertahanan Prabowo Subianto.

Pada kesempatan itu,Megawati menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai sahabat.

"Atas nama pribadi dan keluarga Bung Karno, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Prabowo, Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan sekaligus sahabat saya, atas peresmian patung Bung Karno ini," kata Megawati saat peresmian di Kemenhan, Minggu (6/6).

Megawati bercerita kisah di balik Bung Karno menunggang kuda yang hanya terjadi sekali dalam hidupnya. Yakni pada perayaan hari jadi TNI pada 5 Oktober 1946. Megawati mendengar kisah itu dari ibundanya, Ibu Negara Fatmawati Soekarno.

"Saya dengar ceritanya dari ibu saya, waktu itu sangat panik. Karena seperti apa yang dikatakan, (Bung Karno) tidak tahu bagaimana menunggang kuda," kata Megawati.

"Karena sebagai presiden pada waktu itu, ini menurut cerita ibu saya, maka beliau minta untuk dicarikan kuda yang jinak. Saya tak tak dapat membayangkan mendengar cerita ibu saya itu, bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak. Tentunya, seharusnya (kudanya) garang ya," kata Megawati sambil tersenyum.

Bung Karno akhirnya bisa menunggang kuda. Lantas melakukan pemeriksaan kesiapan prajurit TNI. Momentum itu terjadi saat peringatan ulang tahun angkatan perang republik.

"Disebut Angkatan Perang pada waktu itu dan sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia," kata Megawati.

Dalam peresmian patung Sukarno menunggang kuda, Megawati hadir bersama anggota keluarganya. Yakni putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Sesaat sebelum penandatangan prasasti, Menhan terlihat memanggil Prananda Prabowo ke depan untuk mendampingi Megawati. Usai meneken prasasti, Megawati menekan tombol hingga patung terlihat.

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dipimpin langsung oleh Menhan Prabowo Subianto. Sejumlah pejabat negara ikut hadir. Diantaranya adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, Kasad Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Rahasia Cantik 'Artis' Baduy

Kenalan Sama Teh Dewi 'Artis' Baduy Banyak Dicari Pria Saat Wisata, Cantiknya Alami

Merdeka.com 2021-06-04 07:57:00
Teh Dewi Artis Baduy Banyak Dicari Pria Saat Wisata. Kanal YouTube Monti absurd ©2021 Merdeka.com

SukuBaduy selalu menarik untuk disimak. Sebabnya, mereka merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Karenanya tak heran wilayah Baduy menjadi salah satu lokasi favorit warga dalam maupun luar negeri untuk didatangi. Rupanya ada salah seorang wanita dari Baduy yang kerap dicari oleh para wisatawan dan dijuluki sebagai 'artis Baduy'.

Parasnya yang cantik alami dan memesona membuat siapa pun yang melihatnya terkesimak. Penasaran? Berikut ulasannya.


Disebut Mirip Orang Arab

Kanal YouTube Monti absurd ©2021 Merdeka.com

Urang Kanekes, begitulah sebutan bagi orang Baduy. Dewi merupakan penduduk asli yang telah dipinang oleh pria dari Baduy Luar. Rumah tangganya telah dikaruniai seorang putra kecil bernama Aceng.

Kulit putih nan mulusnya tampak menurun pada sang buah hati. Tak sedikit warganet yang menyangka bahwa paras cantik Dewi berasal dari keturunan Arab.

"Banyak yang komen, teh Dewi mirip orang Arab. Memangnya ada keturunan Arab?," kata pemilik akun kanal YouTube Monti absurd.

"Enggak ada. Orang Baduy tulen," jawabnya.


Jadi Ibu Rumah Tangga

Kanal YouTube Monti absurd ©2021 Merdeka.com

Selama ini Dewi menyibukkan diri sebagai ibu rumah tangga. Sementara suami bekerja di ladang, ia akan memasak dan sesekali menenun kain.

"Kegiatannya paling di rumah, masak. Bikin kerajinan, nenun bikin selendang," ujar Dewi.

Selama pandemi Covid-19, tak banyak wisatawan yang datang. Dia pun memilih menunggu ada yang memesan hasil tenunannya.

"Di rumah saja, suami di ladang. Sepi pengunjung. Biasanya ada yang pesan (hasil tenun), nanti dikirim," terangnya.


Rahasia Cantik

Kanal YouTube Monti absurd ©2021 Merdeka.com

Banyak netizen yang mengaku kagum dan penasaran dengan rahasia kecantikan 'artis' Baduy satu ini. Tak disangka, begitu santainya Dewi mengaku tak ada perawatan sama sekali.

Paras cantik yang alami dan rambut hitam berkilaunya, memang sudah asli sejak lahir.

"Skincare? Enggak, lahir alami ini dari sananya. Enggak pakai apa-apa. Rambut cuma pakai shampo biasa," tukas Dewi.


Tinggal di Rumah Sederhana

Bagian dalam rumah, Kanal YouTube Monti absurd ©2021 Merdeka.com

Saat ini Dewi tinggal di kampung yang sebagian besar dihuni oleh kerabatnya. Adik perempuannya yang tak kalah cantik pun beberapa kali terlihat dalam video.

Salah seorang saudara perempuannya pun sempat viral, namanya Ayu. Mereka masih tinggal di kampung yang sama.

"Di sini ada berapa rumah atau KK teh? Kalau sama Ayu juga saudara ya teh, sepupuan?," tanya sang perekam video.

"Iya. Di sini ada 150 (kepala keluarga)," jawab Dewi.

"Maaf ya teh saya kamerain, soalnya teteh mah viral, banyak yang lihat, suka, banyak yang komen nanyain," pungkasnya.

Baca juga:
Tradisi Seba Baduy Kembali Digelar, Tetua Adat Minta Ini ke Pemerintah
Seba Baduy Digelar di Tengah Pandemi, Hanya Diikuti 24 Perwakilan
Nuansa Ramadan di Kampung Baduy
Kisah Warga Baduy Putuskan Memeluk Islam
Menengok Musala di Kampung Mualaf Suku Baduy
Rusak Gunung Liman, 5 Penambang Liar Jadi Tersangka

Bule Ngemis Keciduk Satpol PP

Tak Bisa Mudik, Bule Italia Terlantar dan Mengemis di Bali Selama Setahun

Merdeka.com 2021-05-05 14:53:44
WN Italia terlantar dan mengemis di Bali. ©2021 Merdeka.com

Seorang pria Warga Negara Asing (WNA) asal Italia bernama Albani Roberto (75) terlantar dan mengemis di kawasan Jalan Benesari, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (5/5).

Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara menceritakan, bule tersebut ditemukan tidur di emperan toko. Warga melaporkan kepada petugas.

"Iya, ditemukan di Legian di Jalan Benesari," kata Suryanegara, saat dihubungi, Rabu (5/5).

Dari informasi, bule tersebut awalnya tinggal di kawasan Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali. Kemudian, setelah Pandemi Covid-19, dia tak bisa balik ke negara asalnya karena sedang lockdown.

Bule tersebut mengaku sebagai seniman dan punya usaha. Namun, karena imbas pandemi Covid-19, akhirnya usahanya bangkrut. Sehingga dia terlantar.

"Dulunya katanya dia punya usaha di sini tinggal di Canggu. Sejak lockdown di Italia, bisnis dia terhenti dan bangkrut. Katanya dia seniman," imbuhnya.

Bule tersebut sudah setahun berada di Bali. Dia menumpang tidur di emperan toko, warung dan rumah di sepanjang pinggiran Jalan Benesari. Selama ini, dia bertahan hidup dari belas kasihan warga yang memberinya makan.

"Katanya, hampir setahun di sana sejak pandemi ini. Iya pasti (ada yang memberikan pertolongan) sampai setahun begitu," ungkapnya.

Dia menyampaikan, kondisi bule tersebut sehat dan saat ini sudah dibawa ke pihak imigrasi Bali. Saat ditemukan bule tersebut hanya membawa pakain yang dia punya.

"Sudah dibawa ke imigrasi. Dia sehat karena nanti harus tes kesehatan lagi. (Untuk identitasnya) ada pengakuannya tapi dia bilang kehilangan," ujar Suryanegara.

Wanita ini Punya Tulang Besi

Potret Cantik Rakhma Lutfita, Istri Anggota TNI Viral Patahkan Besi di Pernikahan

Merdeka.com 2021-06-02 11:59:40
Rakhma Lutfita Istri Prajurit TNI yang Viral Patahkan Besi. Instagram @rakhmalutfita ©2021 Merdeka.com

Belum lama ini jagat maya dihebohkan dengan aksi debus seorang mempelai wanita. Rakhma Lutfita diketahui mematahkan tiga besi.

Tak ayal istri dari prajurit TNI itu viral di media sosial. Sang suami tercinta, Sertu Mulyasin pun mendukung aksi mengagumkan tersebut.

Penasaran dengan sosok Rakhma Lutfita? Berikut deretan fakta menarik dan potret cantiknya, seperti dilansir dari laman Instagram akun @rakhmalutfita.


Wanita Muda Asal Purbalingga

Instagram @rakhmalutfita ©2021 Merdeka.com

Rakhma Lutfita merupakan wanita muda asal Purbalingga, Jawa Tengah. Usianya baru menginjak 20 tahun. Kini mengawali karier dengan bekerja di Dinkominfo Purbalingga.

Wanita kelahiran 10 Juni 2000 itu menikah dengan seorang tentara bernama Mulyasin dan berpangkat Sersan Satu.


Pernah jadi Penyiar Radio

Instagram @rakhmalutfita ©2021 Merdeka.com

Sebelumnya Rakhma pernah terjun menjadi penyiar radio di Suara Braling Sakti (SBS) FM. Ia melakoni profesi tersebut selama sekitar satu tahun. Selain menjadi penyiar kala itu, Rakhma sudah dikenal sebagai selebgram.

Berikut video saat dirinya melakukan siaran radio.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rakhmalutfita (@rakhmalutfita)


Pembawa Acara dan Talent Film Pendek

Selain menjadi penyiar radio, gadis muda itu tampak mengukir banyak talenta. Bahkan ia pernah menjadi artis lokal dengan memerankan sejumlah film pendek di Purbalingga.

Ditambah lagi, Rakhma kerap menerima job sebagai pembawa acara. Tampaknya ia mulai berkiprah di dunia presenting.

Berikut beberapa potongan video dari setiap film yang pernah diperankan oleh Rakhma.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rakhmalutfita (@rakhmalutfita)


Anggota Beladiri

Instagram @rakhmalutfita ©2021 Merdeka.com

Siapa sangka, ternyata kemampuan mematahkan besi itu sudah dilakoni Rakhma sejak masih duduk di bangku SMP. Kala itu ia aktif di ekstrakurikuler beladiri Merpati Putih di SMP Negeri Kutasari Purbalingga.

Apalagi Rakhma pernah mengukir prestasi dengan membawa piala juara 1 di Kejuaraan Antar Kolat (Kejurlat) Merpati Putih, serta harapan 1 di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah.


Viral Patahkan Besi di Pernikahan

Sosok Rakhma yang sebelumnya seorang selebgram, kini namanya kian mencuat. Semenjak video aksi mematahkan besi di hari pernikahannya viral.

Berikut video viral mempelai wanita patahkan besi di hari pernikahannya.