Volume 60

Jokowi Lemas Tak Boleh Ikut Konvoi MotoGP

Cerita Jokowi Lesu Tak Diizinkan Ikut Konvoi Bersama Pebalap MotoGP

Merdeka.com 2022-03-16 11:05:02
Pembalap MotoGP audiensi dengan Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

pebalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Lombok, sudah tiba di Jakarta. Hari ini, Rabu (16/3), mereka mendatangi Istana Merdeka dan bertemu Presiden Joko Widodo.

Setelah bercengkrama dan sesi foto bersama, para pebalap dilepas Presiden Jokowi untuk melakukan konvoi dari Istana menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Usai melepas konvoi, Presiden Jokowi sempat curhat. Ternyata sebenarnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu ingin ikut dalam barisan konvoi tersebut. Dia ingin menggeber motor Kawasaki W175 miliknya bersama para pebalap MotoGP tersebut. Sayangnya, niat Jokowi tidak bisa direalisasikan karena alasan keamanan.

"Saya enggak naik motor. Karena tidak diperbolehkan. Dari sisi keamanan. Jadi saya lemas gitu," kata Jokowi usai melepas para pebalap di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3).

Pernyataan Jokowi disambut tawa oleh para awak media. Jokowi memperlihatkan wajah lemasnya tidak boleh ikut konvoi bersama para pebalap.

Meski demikian, pada para pebalap MotoGP, Presiden Jokowi sempat memamerkan motor pribadinya jenis Kawasaki W175 custom yang terparkir di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi juga sempat menunggangi motor yang pernah dijajalnya di aspal Sirkuit Mandalika, tahun lalu.

Kurang lebih sekitar 5 menit Jokowi memamerkan motor itu kepada para pebalap MotoGP yang tampak antusias.

Juara Dunia MotoGP Tersenyum Lihat Motor Jokowi

Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP

Merdeka.com 2022-03-16 12:47:33
Jokowi terima kunjungan pembalap MotoGP. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memamerkan motor custom miliknya kepada pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Sebanyak 20 pembalap MotoGP melakukan parade di jalanan Jakarta dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Namun, sebelum memulai konvoi mereka terlebih dahulu bertemu dengan Presiden Jokowi.
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Presiden Jokowi menerima kunjungan pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Sebanyak 20 pembalap MotoGP melakukan parade di jalanan Jakarta dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Namun, sebelum memulai konvoi mereka terlebih dahulu bertemu dengan Presiden Jokowi.
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Presiden Jokowi berbincang dengan para pembalap MotoGP yang melakukan kunjungan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022).
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Salah satu pembalap yang bertemu Jokowi dan mengikuti parade di jalanan Ibu Kota adalah Marc Marquez.
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Dalam kesempatan itu, Jokowi memamerkan sepeda motor Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi.
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Motor berkelir hijau yang dihiasi tulisan RI 1 itu pernah dipakai Jokowi saat menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika November 2021.
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Presiden Jokowi memamerkan motor custom miliknya kepada pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022).
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Setelah berbincang dan bertemu Presiden Jokowi, para pembalap MotoGP kemudian bersiap melakukan konvoi yang dimulai dari Istana Merdeka dan berakhir di Bundaran HI.

Jokowi: Motor Saya Tak Sekeren Kalian

Jokowi ke Pebalap MotoGP: Motor Saya Tak Sekeren Milik Kalian

Merdeka.com 2022-03-16 12:34:10
Jokowi pamer motor kepada pebalap MotoGP. ©2022 Merdeka.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memamerkan motor pribadinya di hadapan pebalap MotoGP yang datang ke Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/3). Motor yang dipamerkan Jokowi adalah motor Kawasaki W175 yang dimodifikasi.

Motor itu berwarna hijau bertuliskan RI 1. Motor ini Jokowi saat menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika November 2021. Bahkan, Jokowi dan para pebalap berfoto bersama di depan motor Kawasaki W175 milik Kepala Negara.

Tidak hanya itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sempat menceritakan sejarah motornya di hadapan Marc Marquez dan pebalap lainnya.

"Sama seperti Anda semua, saya juga suka mengendarai motor. Walaupun motor saya tidak sekeren milik kalian, tapi memiliki sejarah tersendiri," kata Jokowi saat menjelaskan motor miliknya kepada para pebalap.

Jokowi mengaku motor yang dimiliki sering digunakan. Mulai dari mengunjungi daerah hingga menjajal sirkuit di Mandalika.

"Saya sering mengendarai motor ini untuk mengunjungi daerah, bertemu masyarakat, mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika," ujar dia.


Para Pebalap Disambut Jokowi di Istana Negara

Untuk diketahui para pebalap hadir bersama motor balap yang akan digunakan berlaga. Jokowi melepas para pebalap untuk melakukan iring-iringan menuju Bundaran Hotel Indonesia Jakarta.

Para pebalap tiba di Istana pukul 09.38 WIB. Jokowi kemudian menyambut mereka mengenakan jaket merah bertuliskan G20 Presidensi di bagian dada dan celana hitam yang pernah dipakai saat meninjau Mandalika beberapa waktu lalu.

Presiden melakukan sesi foto bersama Marquez dan Francesco Bagnaia. Terlihat mantan wali kota Solo itu juga memegang helm dan bergaya layaknya pebalap. Tidak hanya Francesco seluruh para pebalap MotoGP juga berkesempatan melakukan foto bersama Jokowi.


Jokowi Berharap Terbaik Kepada 20 Pembalap MotoGP

Jokowi sempat berbincang dengan 20 pebalap di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Jokowi pun yakin para pebalap Sirkuit Mandalika sudah siap berlomba di MotoGP 2022.

"Saya berharap yang terbaik untuk balapan Anda semua di Sirkuit Mandalika," kata Jokowi saat berbincang bersama para pebalap.

Setelah memberikan wejangangan, mereka juga sempat melakukan foto bersama. Para pebalap MotoGP kemudian menuju motor masing-masing untuk melakukan kegiatan parade yang mengangkat tema Pertamina Grand Prix of Indonesia: “Energy to Speed Up Parade”.


Parade MotoGP

Parade yang digelar dalam rangka pelaksanaan promosi Mandalika MotoGP 2022 tersebut dilepas langsung oleh Jokowi dengan menggunakan bendera balap.

Selain itu, turut hadir pula Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, Managing Director Dorna Carlos Ezpeleta, Vice Chief Executive Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Utama PT ITDC Abdulbar Mansoer.

Untuk diketahui, para pebalap MotoGP yang hadir di Istana Merdeka adalah:

1. Marc Marquez, pebalap Repsol Honda Team;
2. Pol Espargaro, pebalap Repsol Honda Team;
3. Joan Mir, pebalap Suzuki Ecstar Team;
4. Alex Rin, pebalap Suzuki Ecstar Team;
5. Francesco Bagnaia, pebalap Ducati Lenovo Team;
6. Jack Miller, pebalap Ducatio Lenovo Team;
7. Enea Bastianini, pebalap Gresini Racing Moto GP;
8. Fabio Di Giannantonio, pebalap Gresini Racing Moto GP;
9. Johann Zarco, pebalap Pramac Racing;
10. Jorge Martin, pebalap Pramac Racing;
11. Alex Marquez, pebalap LCR Honda Castrol;
12. Takaaki Nakagami, pebalap LCR Honda Idemitsu;
13. Andrea Dovizioso, pebalap WithU Yamaha RNF Moto GP Team;
14. Darryn Binder, pebalap WithU Yamaha RNF Moto GP Team;
15. Luca Marini, pebalap Mooney VR46 Racing Team;
16. Marco Bezzecchi, pebalap Mooney VR46 Racing Team;
17. Bo Bendsneyder, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team;
18. Gabriel Rodrigo, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team;
19. Mario Aji, pebalap Honda Team Asia;
20. Veda Ega Pratama, pebalap Idemitsu Asia Talent Cup.

Baca juga:
Parade MotoGP Berakhir, Jalan Depan Istana Merdeka hingga Thamrin Kembali Dibuka
Presiden Jokowi akan Saksikan Langsung Balapan MotoGP 2022 di Mandalika
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Presiden Jokowi: 60.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah Terjual
Jokowi Kepada Para 20 Pebalap MotoGP: Fans Anda di Indonesia Banyak Sekali
Parade Pebalap MotoGP Usai, Warga di Depan Hotel Indonesia Bubarkan Diri

Bisikan Jokowi ke Pebalap MotoGP

Jokowi Kepada Para 20 Pebalap MotoGP: Fans Anda di Indonesia Banyak Sekali

Merdeka.com 2022-03-16 11:24:24
Pembalap MotoGP audiensi dengan Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbincang dengan 20 pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Dalam pertemuan itu, mantan gubernur DKI Jakarta sempat menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia mengidolakan para pebalap.

"Saya sampaikan Indonesia ini memiliki 122 juta motor. Jadi saya sampaikan fans Anda di Indonesia itu banyak sekali. Senang semua," kata Jokowi usai melepas para pembalap di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3).

Untuk diketahui sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut 20 pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Dua puluh pebalap ini akan berlaga di Sirkuit Mandalika.

Dilihat melalui YouTube Sekretariat Presiden, para pebalap tiba di Istana pukul 09.38 WIB. Jokowi kemudian menyambut mereka mengenakan jaket merah bertuliskan G20 Presidensi di bagian dada dan celana hitam yang pernah dipakai saat meninjau Mandalika beberapa waktu lalu.

Jokowi dan para pebalap sempat terlihat bercengkrama. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sempat memamerkan motornya.

Kemudian, Presiden melakukan sesi foto bersama Francesco Bagnaia, Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya. Terlihat mantan wali kota Solo itu juga memegang helm dan bergaya layaknya pembalap.

Raungan Mesin dan Asap MotoGP

Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta

Merdeka.com 2022-03-16 12:17:00
Parade pembalap MotoGP di Jakarta. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Antusiasme masyarakat saat menyambut parade pembalap MotoGP dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Antusiasme masyarakat saat menyambut parade pembalap MotoGP dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Antusiasme masyarakat saat menyambut parade pembalap MotoGP dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.
Aksi Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta
Pembalap MotoGP melakukan konvoi dari Istana Negara menuju Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade pembalap ini dilakukan dalam rangka mempromosikan gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 18-20 Maret 2022.

Gasss..

Marc Marquez & Joan Mir Usai Ketemu Jokowi: Kami Menantikan Balapan di Indonesia

Merdeka.com 2022-03-16 13:21:23
Jokowi terima kunjungan pembalap MotoGP. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Para pembalap MotoGP bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Mereka bertemu sebelum melakukan kegiatan parade yang mengangkat tema Pertamina Grand Prix of Indonesia: "Energy to Speed Up Parade".

Mereka mengaku senang bertemu Jokowi. Salah satunya pembalap, Marc Marquez, menyampaikan apresiasinya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah menerima kunjungan para pembalap dengan ramah dan menyenangkan.

"Tentu ini sangat menyenangkan dan Bapak Presiden menerima kunjungan kami dengan baik," ujar Marc Marquez yang merupakan pembalap dari Repsol Honda Team.

Marquez juga menyebut bahwa para pembalap MotoGP menantikan perlombaan balapan motor di Sirkuit Mandalika. Dia mengaku tidak sabar untuk balapan langsung di hadapan para penggemar MotoGP yang ada di Indonesia.

"Kami menantikan balapan di depan penggemar kami di Indonesia," ucapnya.

Senada, Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar Team, senang bisa bertemu dan menyapa langsung Jokowi. Dia mengaku sangat menikmati pertemuan tersebut.

"Saya merasa sangat bersemangat. Senang bisa bertemu dan menyapa langsung Bapak Presiden," ujar Joan Mir.

Selain itu, Mario Aji, pembalap Honda Team Asia, juga mengapresiasi pertemuan para pembalap MotoGP dengan Jokowi. Menurutnya, pertemuan tersebut bisa menjadi motivasi bagi para pembalap sebelum bertanding di MotoGP 2022.

"Sangat luar biasa, apresiasi untuk Bapak Presiden sudah mengundang rider Indonesia yang juga berjuang untuk mengharumkan nama bangsa, Mario tentu saja jadi bisa termotivasi lah untuk menjalankan balapan minggu ini," ujar Mario.

Mario pun meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar pembalap Indonesia yang ikut berjuang dalam ajang MotoGP 2022 bisa memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Mohon doa dan dukungan untuk rider Indonesia, semua rider agar bisa mengharumkan nama bangsa dan tentunya kami memberikan yang terbaik nanti," ungkapnya.

DPR Sampai Heran Ada Konvoi MotoGP di Indonesia

Rapat Bareng Sandiaga, Komisi X: Di Mana-mana Tak Ada Parade MotoGP Tapi di RI Bisa

Merdeka.com 2022-03-16 13:29:49
Antusiasme warga saksikan parade pembalap MotoGP. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Ketua Komisi X DPR RI Saiful Huda mengungkap betapa antusiasnya masyarakat Indonesia menyambut penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Salah satu tandanya adalah digelar parade MotoGP di kawasan Istana hingga Bundaran HI Rabu (16/3) pagi ini.

Huda menuturkan, di mana-mana tidak ada konvoi MotoGP. Hanya ada di Indonesia.

"Saya dikontak nih mas Menteri, dari banyak teman. Ini Indonesia memang selalu punya agenda yang unik. Di mana-mana parade motor tuh enggak ada, parade MotoGP. Tapi bisa terlaksana di Indonesia," ujar Huda saat rapat dengan Menparekraf di DPR RI, Rabu (16/3).

Hal ini membuktikan Indonesia merupakan pasar yang luar biasa untuk penyelenggaraan MotoGP.

"Sekali lagi, menandakan betapa sebenarnya pasar yang begitu luar biasa bagi masa depan Indonesia terkait dengan agenda MotoGP ini," kata Huda.


DPR Bersyukur MotoGP Berhasil Digelar di Indonesia

Huda bersyukur akhirnya MotoGP dapat terlaksana di Indonesia. Kendati sebelumnya ada tarik menarik dengan Dorna Sports. Bahkan antusias masyarakat cukup besar dengan penyelenggaraan MotoGP.

"Tadi Pak Presiden menyampaikan hampir ada 100 berapa juta penduduk Indonesia, terutama anak-anak muda penggemar motor dan artinya pasti menjadi fans berat bagi seluruh pebalap MotoGP yang ada di Indonesia," kata Huda.

Untuk itu, Komisi X menggelar rapat dengan Menparekraf untuk membahas MotoGP hari ini. Komisi X ingin mendengar informasi lengkap persiapan MotoGP.

"Terutama terkait dengan agenda Internasional sport tourism. Ini termasuk yang dicita-citakan Komisi X bagaimana semua event olahraga kita itu bisa menjadi agenda yang mendatangkan turis sebanyak-banyaknya," ujar Huda.

Baca juga:
Antusiasme Warga Saksikan Parade Pembalap MotoGP, Sampai Panjat Pohon
Marc Marquez & Joan Mir Usai Ketemu Jokowi: Kami Menantikan Balapan di Indonesia
Momen Jokowi Pamerkan Motor Custom RI 1 ke Pembalap MotoGP
Presiden Jokowi Lepas Parade Pembalap MotoGP
Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022

Gas Tipis-Tipis ala Jokowi

Gaya Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika dengan Motor Hijau Bertulis RI 1

Merdeka.com 2021-11-12 11:53:40

Presiden Joko Widodo(Jokowi) menjajal langsung aspal Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11). Jokowi mengendarai motor pribadinya sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika.

©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Motor modifikasi berwarna hijau bergaya retro. Bertuliskan RI 1. Tertulis pula nama Jokowi di motor itu. Jokowi menggunakan helm dan jaket hitam. Sebelum melaju, aba-aba pun dilakukan. Pada hitungan ketiga Jokowi langsung meluncur dengan motor tersebut.

©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan, rekaman video viral sebuah penampakan motor balap bergaya retro berwarna hijau bertuliskan RI-1 adalah milik Presiden Joko Widodo. Diketahui, motor milik Jokowi itu saat ini sudah mendarat di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Iya (milik Jokowi)," kata Heru saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (11/11).

©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Menurut Heru, motor itu dipersiapkan Jokowi untuk peresmian sirkuit, sebelum kejuaraan dunia balap motor seperti Asia Talent Cup (ATC) dan World Super Bike (WSB) digelar pada November ini.

©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Sebagai informasi, aspal sirkuit lintasan utama Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki panjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan. Dalam sistem pengaspalan, menggunakan metode BIM untuk memenuhi spesifikasi khusus di pembangunan proyek Sirkuit Mandalika.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad saat mendampingi Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirdjoatmodjo meninjau progress persiapan Sirkuit Mandalika dalam menyambut ajang World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November2021.

PT PP dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam event grand prix.

Metode pengaspalan dilakukan secara teliti dan terencana karena pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya dilakukan secara otomatis. Pengaspalan dapat terus berlangsung dan tidak ada waktu tunggu untuk suplai hotmix ke finisher. Untuk menjaga mutu, PTPP menggunakan 2 Paver yang dikendalikan secara otomatis dengan berbasis automatic hydraulic controler dengan alat yang bernama MMGPS untuk mencapai Elevasi dan Super Elevasi rencana yang presisi.

©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

PTPP menggunakan 2 finisher agar tidak terjadi cold join sambungan memanjang. PTPP menerapkan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh aspal SMA, salah satunya adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada rider.

Reporter: Intan Umbari dan Tira Santia


Jokowi Kesulitan, Bagaimana Pebalap MotoGP?

Cerita Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika: Sulit, Banyak Tikungan Tajam

Merdeka.com 2021-11-12 16:00:00
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Gunakan Motor Bergaya Bobber. ©2021 Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Presiden Joko Widodo menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat(12/11). Dalam kesempatan itu, Jokowi menaiki motor custom berwarna dominan hijau miliknya.

Berjaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Jokowi mulai menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu. Jokowi tidak sendiri, sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing.

Dari garis start atau finish, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor Presiden Jokowi.

Motor yang ditumpangi Jokowi adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Motor tersebut sebelumnya pernah dipakai oleh Jokowi saat menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis 19 Desember 2019 lalu.

Saat menjajal lintasan sirkuit, Jokowi mengaku tidak berani untuk memacu motornya dengan kecepatan tinggi. Mantan Wali Kota Solo tersebut mengaku kondisi lintasan yang basah akibat diguyur hujan pun membuatnya tidak berani ngebut.

"Ini kan Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," cerita Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengaku merasa kesulitan saat melewati titik tikungan di Sirkuit Mandalika. Sebab kata dia terdapat 17 titik tikungan tajam yang dilewati Jokowi.

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkapnya

Untuk diketahui lintasan Sirkuit Mandalika telah dibangun dengan menggunakan teknologi pengaspalan paling modern bernama stone mastic asphalt (SMA), yakni campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal dengan tujuan memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil. SMA memiliki daya penetrasi yang tinggi, sehingga pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi wet race atau jalan licin akibat air hujan.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi. Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

Tidak hanya itu sirkuit ini telah menyabet tiga rekor MURI dan satu rekor MURI baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Rekor tersebut antara lain pembangunan lintasan sirkuit tercepat, pembangunan sirkuit pertama standar FIM, kategori pengaspalan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak, dan pembangunan gedung pit sistem modular tercepat di sirkuit bertaraf internasional.

Kekuatan Aspal Sirkuit Mandalika

Sederet Kecanggihan Aspal Sirkuit Mandalika, Bisa Ditempuh 310 Km per Jam

Merdeka.com 2021-11-09 17:50:00
Sirkuit Mandalika. istimewa ©2021 Merdeka.com

BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero) Tbk memastikan pekerjaan pengaspalan jalan Sirkuit Mandalika, di Lombok, NTB memiliki kualitas terbaik. Aspal ini juga disebut sesuai standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

"Berkat kualitas aspal yang digunakan, jalan Sirkuit Mandalika diklaim dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam," kata Komisaris Independen PT PP (Persero), Nur Rochmad dikutip dari Antara, Selasa (9/11).

Hal itu disampaikan saat dirinya bersama jajaran komisaris dan direksi perseroan kunjungan kerja ke Sirkuit Mandalika dalam menyambut ajang World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021.

Dikatakan, perseroan dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan standar mutu dari FIM dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam penyelenggaraan grand prix, dan PT PP menggunakan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh aspal SMA, salah satunya adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara. Proses pengerjaan aspal untuk jalan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah itu telah berhasil dituntaskan 100 persen pada bulan Agustus 2021 lalu.

Untuk mendukung gelaran perdana FIM Motul Worl Superbike 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 10-21 November 2021, perseroan juga dipercayakan untuk melakukan pekerjaan tambah, antara lain Race Control Building, Observation Deck, Medical Center, Helipad, Gantry, dan pondasi Pit Building.


Rekor MURI

Berkat kualitas yang dihasilkan dalam pembangunannya, proyek Sirkuit Mandalika ini memperoleh 3 rekor penghargaan dari MURI, yaitu Pengaspalan Menggunakan Teknologi BIM dengan volume Terbanyak, Pembangunan Sirkuit Pertama Standar FIM, dan Pembangunan Lintasan Sirkuit Tercepat.

Lintasan sirkuit yang dibangun ini merupakan sirkuit Moto GP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya. Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika ini dikerjakan sejak bulan Juli 2020-Agustus 2021 dan menjadi pembangunan lintasan sirkuit yang tercepat.

Pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut memiliki lintasan sepanjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan tersebut dikerjakan oleh perseroan.