Mahar Rp300.000, Kalau Rp100 Juta Kemahalan

Mahar Pernikahan Cuma Rp300 Ribu, Ini Kata Kaesang

Merdeka.com 2022-12-06 18:47:06
Kaesang dan Erina Ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Akad nikah antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diselenggarakan Sabtu (10/12). Akad nikah ini akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukmo,Yogyakarta.

Dalam akad nikah ini, sempat terungkap mahar yang akan diberikan Kaesang kepada Erina. Mahar ini berupa seperangkat alat salat dan uang Rp300 ribu.

Terkait uang Rp300 ribu itu, Kaesang angkat bicara. Kaesang membenarkan jika uang Rp300 ribu akan menjadi mahar bersama seperangkat alat salat.

"Kemarin yang keluar di media itu uang Rp300 ribu. Ya itu betul. Seperangkat alat salat dan nanti akan ada tambahan lagi," ujar Kaesang usai gladi akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Selasa (6/12).

Siraman Pakai Air Zam-Zam

Siraman Kaesang dan Erina dari Air Zam-Zam, Keraton Solo hingga Yogyakarta

Merdeka.com 2022-12-08 09:08:22
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. ©2022 Merdeka.com

Rangkaian upacara pernikahan adat Jawa akan dilakukan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono jelang akad nikah. Dari sejumlah rangkaian upacara pernikahan adat Jawa ini diantaranya adalah tradisi Siraman.

Untuk Siraman ini, Kaesang akan melakukan di Solo. Sedangkan Erina akan melaksanakannya di rumah tinggalnya ya ada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Upacara pernikahan adat Jawa berupa Siraman ini akan dilakukan Jumat (9/12) pagi.

Wigung Wratsangka, Owner Pengantin Production yang ditunjuk menjadi wedding organizer pernikahan Kaesang dan Erina di Yogyakarta menuturkan Siraman ini akan memakai air yang diambil dari tujuh sumber (tempat).

Menu Makanan ala Raja Mataram

Kaesang dan Erina Pilih Menu Raja Mataram Sebagai Suguhan di Akad Nikah

Merdeka.com 2022-12-08 15:16:36
Kaesang dan Erina Ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarukmo Yogyakarta pada Sabtu (10/12) mendatang.

Pihak Royal Ambarukmo menyebut untuk akad nikah akan ada suguhan untuk para tamu undangan yang dihidangkan. Kaesang dan Erina disebut telah memilih empat menu makanan tradisional ala Raja Mataram.

GM Royal Ambarukmo Herman Courbois mengatakan, ada empat menu yang akan dihidangkan untuk tamu undangan. Meski demikian, Herman mengaku belum boleh menyebutkan apa saja menu yang akan dihidangkan.

"Menunya boleh saya katakan menu tradisional dari Sultan HB II hingga Sultan HB VII. Menu asli saya baru boleh cerita setelah acara (akad nikah). Tapi menunya sudah diketok," kata Herman, Kamis (8/12).

"Total empat menu (yang dipilih). Semua tradisional, minuman juga tradisional," sambung Herman.


Hidangan Diuji Coba Lebih Dulu

Herman menceritakan untuk menu yang akan dihidangkan untuk tamu undangan akad nikah semuanya telah dilakukan pengetesan.

"Diajukan kita (kepada Kaesang dan Erina). Akhirnya dengan diskusi panjang, ini yang akan dipilih. Sudah dites juga (menunya)," ucap Herman.

Herman menambahkan empat menu yang dipilih itu memang ada keterikatan dengan lokasi tempat akad nikah. Herman membeberkan Pendopo Agung Royal Ambarukmo dulunya merupakan tempat tinggal Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB VII.

"Kembali lagi, tempatnya juga sangat agung ya. Memang dulu ini (pendopo) tempat tinggal Sri Sultan HB VII sehingga berdasarkan itu mungkin mereka pilih menu itu," ungkap Herman.

Baca juga:
Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir Beberkan Akses Peliputan Ngunduh Mantu
CEK FAKTA: Hoaks Judul Artikel Ma'ruf Tak Masalah Uang Negara Dipakai Nikah Kaesang
Siraman Kaesang dan Erina dari Air Zam-Zam, Keraton Solo hingga Yogyakarta
Surya Paloh Absen Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina
Potret Paspampres Siapkan Pengamanan VVIP Jelang Pernikahan Kaesang Anak Jokowi
Menengok Kesibukan di Mangkunegaran Jelang Acara Jokowi Ngunduh Mantu
Kaesang saat Ditanya Mau Punya Anak Berapa, 'Itu Badan Erina, Saya Manut Saja'

Ritual yang Dijalani Erina Gudono

Akad Nikah Kaesang-Erina, Royal Ambarukmo Usulkan Menu Raja Mataram sebagai Suguhan

Merdeka.com 2022-12-07 23:45:43
Kaesang dan Erina saat ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diselenggarakan di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12) mendatang. Sebanyak 150 undangan akan hadir dalam acara ini.

GM Hotel Royal Ambarukmo Herman Courbois mengatakan, pihaknya mengusulkan makanan para raja Mataram menjadi suguhan untuk para tamu. Usulan ini dinilai sejalan dengan konsep pernikahan Kaesang dan Erina yang akan menggunakan adat Jawa.

Selain itu, makanan raja-raja Mataram ini diusulkan karena memiliki benang merah dengan lokasi tempat akad nikah Kaesang dan Erina. Pendopo Agung Royal Ambarukmo ini merupakan bangunan bersejarah yang memiliki keterkaitan dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Saya yakin di tempat yang sudah bagus ini (Pendopo Agung Royal Ambarukmo), saya harap menunya makanan tradisional yang Sri Sultan HB II hingga Sri Sultan HB VII munculkan," ucap Herman, Rabu (7/12).

Meski demikian, Herman menuturkan pihak Kaesang dan Erina belum mengiyakan usulan makanan raja-raja Mataram yang akan disuguhkan pada para tamu undangan.

"Menu, hari ini saya masih meeting (dengan pihak Kaesang dan Erina). Mudah-mudahan besok pagi sudah fix," ungkap Herman.


Gladi Upacara Pernikahan

Sementara, Erina Gudono menggelar gladi upacara pernikahan adat Jawa di kediamannya yang berada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY pada Rabu (7/12) malam.

Gladi ini dilakukan karena akan ada sejumlah upacara pernikahan adat Jawa yang akan dilakukan Erina pada Jumat (9/12). Dalam kegiatan ini, Erina ditemani sejumlah anggota keluarganya.

Dipandu Wigung Wratsangka yang merupakan wedding organizer untuk acara nikahan Erina dan Kaesang di Yogyakarta, Erina melakukan beberapa adegan dalam upacara pernikahan adat Jawa itu.

Wigung menjelaskan gladi ini diawali dengan upacara adat Majang Tarup kemudian dilanjut dengan upacara Adang Sepisan dan Cethik Geni.

Kemudian ada upacara Langkahan yang akan dilakoni Erina. Wigung menjelaskan di tradisi Jawa, upacara Langkahan harus dilakukan karena Erina mendahului kedua kakaknya yang belum menikah.

"Setelah Langkahan ada sungkeman. Sungkem kepada orang tua dan sesepuh dari keluarga. Kemudian ada juga siraman. Siraman ini akan dilakukan oleh tujuh orang sesepuh," tutur Wigung.

Baca juga:
Bom Polsek Astana Anyar, Pengamanan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina dan Gereja Diperketat
Mengenal Cethik Geni, Ritual Dijalani Erina Gudono Jelang Menikah dengan Kaesang
Jelang Pernikahan, Kaesang Hadiri Prosesi Wilujengan di Mangkunegaran
Wapres Ma'ruf akan jadi Penceramah di Pernikahan Kaesang
Pengamanan Pernikahan Kaesang Ditambah, Polisi: Tak Terpengaruh Bom di Bandung
Jelang Pernikahan, Erina Gudono Undang Warga untuk Pengajian

Dikawal 12 Kereta Kencana ke Istana Mangkunegaran

Kaesang-Erina akan Dikirab 12 Kereta Kencana dengan 28 Kuda ke Istana Mangkunegaran

Merdeka.com 2022-11-30 21:55:26
Kaesang dan Erina Ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Putri Indonesia Yogyakarta, Erina Sofia Gudono di Solo bakal berlangsung meriah. Kedua mempelai bakal dikirab dari Loji Gandrung menuju istana Mangkunegaran, usai prosesi adat, Minggu (11/12).

Sebanyak 12 kereta kencana disiapkan untuk acara Ngunduh Mantu Jokowi. 12 kereta tersebut bakal ditarik oleh 28 ekor kuda.

Untuk keperluan tersebut, keluarga Presiden jokowi kembali menggunakan jasa Mudjiono Prasetyo. Dia adalah pemilik usaha jasa kereta kuda di Kota Bengawan.

Warga Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan itu mengaku siap untuk mengurus dan menyiapkan kuda beserta keretanya saat kirab pengantin nanti.

"Saya tidak menyangka akan kembali ditunjuk pak Jokowi. Karena saat diminta menyiapkan kereta kuda dari Dinas Pariwisata Kota Solo, tidak menyebut akan dipakai untuk pernikahan mas Kaesang dan mbak Erina," ujar Mudjiono, Rabu (31/11).

"Saya diperintahkan menyediakan 12 kereta kuda. Terus waktu dekat ini baru tahu tahu kok, ternyata buat pernikahan mas Kaesang. Ya Alhamdulillah," imbuhnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi menggunskan jasanya sejak pendaftaran calon wali kota sampai menjadi presiden 2 periode. Kemudian saat pernikahan Kahiyang dengan Boby Nasution dan saat ini ngunduh mantu Kaesang. Dia mengatakan, jenis kuda yang akan digunakan untuk menarik kereta nanti merupakan keturuan lokal dan luar.

"Kalau persiapan khusus, yang penting kuda dicek sehat dan makan di kasih mineral. Misalnya sewaktu waktu dipakai nggak masalah, 24 jam siap," tandasnya.

Mudjiono menambahkan, dirinya merasa bersyukur kembali mendapatkan kepercayaan dari orang nomor satu di Indonesia. Apalagi usaha jasa menarik kereta kuda ini tidak bisa dilakukan setiap hari.

Lokasi Akad Nikah: Dulunya Tempat Tinggal Raja

Jadi Tempat Akad Nikah Kaesang-Erina, Ini 4 Fakta Sejarah Pendopo Ambarrukmo

Merdeka.com 2022-12-06 10:04:00
Pendopo Ambarrukmo. ©2022 liputan6.com

Hari pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, semakin dekat. Rencananya, akad nikah akan dilaksanakan di Pendopo Ambarrukmo pada Sabtu, 10 Desember mendatang.

Tak hanya sebagai tempat akad nikah, pendopo yang letaknya berada di antara Mal Plaza Ambarrukmo dan Hotel Royal Ambarrukmo itu memiliki nilai sejarah.

Lantas apa saja sejarah yang tersimpan di Pendopo Ambarrukmo yang akan jadi tempat akad nikah Kaesang-Erina? Berikut selengkapnya:


Tempat Tinggal Keluarga Kerajaan

©kemdikbud.go.id

Dilansir dari Koropak.co.id, Pendopo Ambarrukmo dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono VII pada tahun 1857-an. Pada awal berdirinya, bangunan itu digunakan sebagai tempat menetap Sri Sultan HB VII menghabiskan hari-hari pensiun.

Lalu pada tahun 1940-1950, bangunan itu digunakan untuk tempat pendidikan Inspektur Polisi Republik Indonesia. Setelah itu, bangunan itu difungsikan sebagai Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman yang saat itu dipegang oleh KRT Pringgodiningrat.


Punya Nilai Filosofis

©kemdikbud.go.id

Sebagai bangunan bersejarah, Pendopo Ambarrukmo punya nilai filosofisnya sendiri. Dari segi modelnya, pendopo itu merupakan bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan raja kepada seluruh rakyatnya. Sementara itu lantai lebih tinggi dari halaman di pendopo mencerminkan penghargaan kepada semua tamu dan keintiman dengan harmoni.

Sejak masa dibangunnya, bangunan ini tidak mengalami perubahan bentuk kecuali lebarnya. Bentuk dasar bangunan ini adalah Joglo Sinom dengan ukuran 32x32,4 meter dan mengarah ke selatan. Atapnya ditopang oleh total 36 tiang dari tiga jenis, yaitu 4 Saka Guru (pilar utama), 12 Saka Penanggap (pilar pembantu), dan 20 Saka Penitih (pilar luar dan pendukung).

Semua pilar itu dihiasi dengan ukiran seperti “Wajikan”, “Saton”, “Tlacapan”, “Mirong”, dan “Praba”. Masing-masing diletakkan di atas “umpak” (dasar batu) yang diukir dengan kaligrafi Arab.


Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

©kemdikbud.go.id

Selain pendopo, tak jauh dari sana juga ada bangunan lain seperti Balekambang dan juga Ndalem Ageng yang sekarang difungsikan sebagai museum. Balekambang merupakan bangunan yang terinspirasi dari Istana Air Taman Sari, sementara Ndalem Ageng merupakan bangunan berbentuk limasan dengan tampilan eksterior khas Jawa namun interiornya kental dengan nuansa Eropa.

Dilansir dari Kemdikbud.go.id, bangunan itu telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dengan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM.25/PW.007/MKP/2007. Bangunan itupun banyak difungsikan dalam acara-acara penting.


Dikunjungi Presiden Jokowi

©2022 liputan6.com

Minggu (16/10) lalu, Presiden Joko Widodo terlihat menyambangi Pendopo Agung Ambarrukmo. Saat Jokowi memasuki hotel, calon menantunya, Erina Gudono tampak ikut dengan rombongan masuk hotel melalui pintu barat. Tak lama, Jokowi dan rombongan keluar dan menuju mobil kepresidenan.

Dilansir dari Liputan6, General Manager Royal Ambarrukmo Hotel, Herman Courbois mengatakan bahwa kedatangan Jokowi adalah untuk melihat alternatif tempat yang rencananya digunakan untuk rangkaian acara pernikahan putranya.

“Presiden hanya melihat bagian depannya saja,” ujar Herman.

Dua Menteri Kesayangan Jokowi jadi Saksi Nikah

Pratikno dan Basuki Hadimuljono Akan Jadi Saksi Nikah Kaesang-Erina

Merdeka.com 2022-11-28 14:07:02
Prewedding Kaesang Erina. ©2022 Merdeka.com/instagram kaesangp erinagudono

Pernikahan antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar pada 10 Desember 2022 mendatang. Dua menteri kabinet Presiden Jokowi ditunjuk menjadi saksi pernikahan Kaesang dan Erina.

Kepala KUA Depok, Muhammad Wiyono membenarkan kabar saksi pernikahan dari Kaesang dan Erina adalah dua menteri di kabinet Jokowi. Dua menteri ini adalah Mensesneg Pratikno dan MenPUPR Basuki Hadimuljono.

Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina. Sementara Basuki akan menjadi saksi dari pihak Kaesang.

Gibran Bakal Nyanyi 10 Lagu

Gibran Sumbang 10 Lagu di Pernikahan Kaesang-Erina: Saya Tiap Hari Latihan Nyanyi

Merdeka.com 2022-12-06 16:12:43
Bertema Jadul, Begini Pemotretan Keluarga Gibran Rakabuming yang Kenakan Baju Adat Jawa. ©2022 Merdeka.com/instagram Rio Motret

Kabar mengejutkan datang dari rencana resepsi ngunduh mantu Presiden Jokowi, 11 Desember 2022. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal menyumbangkan suara emasnya. Tak tanggung tanggung, kakak kandung Kaesang bakal benyanyi 10 lagu.

Putra sulung Presiden Jokowi itu tak menyangkal saat awak media menanyakan kebenaran kabar tersebut.

"Kok tahu tunggu saja nanti," ujar Gibran kepada wartawan, Selasa (6/12).

10 lagu yang akan dinyanyikan tersebut, lanjut Gibran, bergenre berbeda. Meski demikian ia enggan menjelaskan genre 10 lagu tersebut. Ia menyebut, lagu lagu tersebut akan dibawakan siang dan malam.

"Pagi 5 malam 5. Saya tiap hari latihan nyanyi," katanya.

Makanan Gratis saat Pesta Rakyat

Pesta Rakyat Ngunduh Mantu, Jokowi Siapkan Makanan Gratis di CFD Solo

Merdeka.com 2022-12-06 17:01:49
Jokowi di CFD Solo. ©2016 Merdeka.com

Tasyakuran ngunduh mantu Presiden Jokowi di Solo, Minggu (11/12), bakal berlangsung meriah. Selain hiburan di 9 titik, masyarakat yang hadir di area car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi bakal dimanjakan dengan suguhan makanan gratis.

Kirab pengantin Kaesang-Erina yang dimulai pukul 7.30 WIB dari Loji Gandrung, memang akan melintasi area CFD. Pemkot Solo juga tidak meliburkan kegiatan tiap Minggu pagi tersebut.

"Panitia telah menyiapkan makanan gratis di sepanjang rute CFD," ujar juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, Selasa (6/12).


Banyak Kejutan

Gibran menyebut, paket makanan yang akan dibagikan berasal dari perusahaan keluarga. Makanan akan disajikan dalam bentuk paket kepada masyarakat.

"Yang ada di dalam nanti beda lagi, pakai katering," jelasnya.

Selain makanan gratis, keluarga Presiden Jokowi juga menyiapkan banyak kejutan untuk warga yang ikut menyaksikan kirab Kaesang-Erina.

Namun, Wali Kota Solo itu enggan membocorkan apa saja kejutan itu. "Acara ini ada banyak surprise-nya juga," katanya.


Libatkan UMKM

Ditambahkannya, panitia melibatkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan perusahaan keluarga Jokowi. "Pokoknya nanti ada dari perusahaan sendiri, binaan UMKM. Kami ingin bagi-bagi," terangnya.

Dikatakan Gibran, seluruh masyarakat di wilayah Solo Raya dan sekitarnya dibolehkan hadir untuk meramaikan pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Mereka juga diperkenankan membawa makanan yang telah disediakan.

Baca juga:
Mahar Pernikahan Cuma Rp300 Ribu, Ini Kata Kaesang
Gibran Sumbang 10 Lagu di Pernikahan Kaesang-Erina: Saya Tiap Hari Latihan Nyanyi
Rizal Ramli Tak Bisa Hadir Kaesang Nikah, Gibran 'Paham Agenda Bapak Super Padat'
Pedagang Pasar Gede Gelar Ritual Keselamatan Pernikahan Kaesang-Erina
Segera Menikah, Intip Potret Undangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Tamu Dilarang Bawa Sumbangan

Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Diminta Tak Bawa Sumbangan Dalam Bentuk Apapun

Merdeka.com 2022-12-05 12:00:23
Kaesang dan Erina Ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bakal ngunduh mantu pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono, Minggu (11/12). Lewat undangan pernikahan, keluarga Jokowi meminta para tamu undangan tidak memberi sumbangan dalam bentuk apapun.

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka membenarkan hal tersebut. Dia kembali meminta para tamu tidak membawa sumbangan dalam bentuk apapun.

"Para tamu undangan tidak usah membawa sumbangan, bawa doa saja," ujar kakak kandung Kaesang ini, Senin (5/12).

Menurut dia, selama menggelar acara hajatan, keluarganya tidak pernah menerima sumbangan.

"Dari dulu kalau ada hajatan kami tidak menerima sumbangan. Jamanku nikah kan juga enggak terima sumbangan," ujarnya.

Gibran bilang, keluarga besarnya sudah cukup senang dengan kehadiran para tamu undangan dalam prosesi acara.

"Tamu undangan bisa rawuh saja kita udah senang," pungkasnya.


Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina Sudah 99 Persen

Presiden Jokowi menyebut persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah mencapai 90 persen. Akad nikah akan digelar Sabtu 10 Desember di Yogyakarta, sedangkan tasyakuran di Solo tanggal 11 Desember, pagi hingga malam.

"Persiapannya tadi sudah 99 persen. Alhamdulillah sudah dipersiapkan dengan baik," ujar Jokowi seusai menggelar rapat bersama panitia di Soga Resto, Ndalem Wuryoningratan Solo, Minggu (4/12).

Menjelang pernikahan Kaesang, Jokowi mengaku akan sering pulang ke Solo. Meski demikian, hari ini ia harus terbang ke Jakarta untuk menghadiri sejumlah agenda.

"Nanti malam saya masih terbang lagi ke Jakarta karena banyak agenda yang harus saya selesaikan. Melihat situasi. Mungkin saya Jumat akan ke sini. Tapi kalau ibu (Iriana) sudah 2 minggu ini di sini," katanya.

Baca juga:
Momen Gibran Ajak Wartawan Makan Sebelum Wawancara Ini Viral, Intip Potretnya
Jokowi: Warga DIY-Solo, Saya Minta Maaf Pernikahan Kaesang-Erina Ganggu Lalu Lintas
Canda Jokowi Ditanya Kaesang Tak Hadiri Rapat Panitia Pernikahan: Dipingit
Presiden Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina 99 Persen
Erina Gudono Deg-degan Jelang Menikah dengan Kaesang Pangarep
Luhut Diam-Diam Sambangi Kediaman Calon Besan Jokowi Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Ibu Negara Borong Batik Buat Nikahan Kaesang

Iriana Jokowi Borong Batik di Sragen, Persiapan Pernikahan Kaesang?

Merdeka.com 2022-09-22 16:49:50
Iriana Jokowi Borong Batik di Sragen. ©2022 Merdeka.com

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Wury Ma'ruf Amin mengunjungi sentra batik Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis (22/9). Iriana, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan rombongan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase KIM) memborong produk batik setempat.

Iriana dan rombongan tiba di showroom Batik Windasari sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka langsung melihat produksi batik tulis. Mereka sempat berdialog dengan para perajin batik tulis, yang mayoritas merupakan ibu-ibu rumah tangga.

Sekitar satu jam mereka berbelanja batik di stan UMKM mereka meninggalkan kota berjuluk Bumi Sukowati. Ibunda Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Solo.

Sebelum meninggalkan sentra batik, Ibu negara dan rombongan membagikan kaus bergambar foto Presiden Jokowi kepada warga.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, Ibu Negara dan rombongan juga memberikan bantuan sembako kepada warga dan anak-anak TK di Kliwonan. Iriana, dikatakan Yuni, mengakui jika batik Sragen lebih bagus dan murah dibanding kota lain.

"Ibu Negara dab ibu ibu Oase tadi belanja batik untuk melarisi UMKM Sragen. Beliau tadi melihat lihat batik, seneng dengan batiknya Sragen, katanya batiknya halus," beber Yuni.

Yuni menambahkan, Iriana memborong batik di Batik Windasari kemungkinan sebagai persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akhir tahun ini. Yuni juga mengaku mendapat bocoran langsung, rencana pernikahan Kaesang-Erina dari Ibu Negara.

"Dan tadi bilang, 'bu bupati aku mau mantu lho gitu, (saya mau menikahkan Kaesang)', terus nanti saya diminta hadir," ungkap Yuni menirukan Iriana.

"Saya diberikan tugas apa buk? tanya bupati Yuni. "Owh enggak no, datang saja," sambung Yuni menirukan permintaan Iriana Jokowi.

Dimeriahkan Seniman Solo dan Artis Ternama

Pernikahan Kaesang-Erina akan Dimeriahkan Seniman Solo, Tak Ada Artis Ibu Kota

Merdeka.com 2022-12-05 13:55:52
Kaesang dan Erina Ziarah ke Lereng Lawu. ©2022 Merdeka.com

Tasyakuran ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, digelar di Solo, Minggu (11/12). Pengantin akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pendopo Pura Mangkunegan untuk acara resepsi.

Masyarakat dan tamu undangan bakal dihibur dengan aneka kesenian asli Solo. Ada sembilan panggung disiapkan di Mangkunegaran maupun sepanjang jalur kirab dari Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, hingga kawasan Ngarsapura.

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, sembilan panggung tersebut akan dimeriahkan dengan kesenian berbagai genre. Seniman-seniman asal Kota Solo akan dilibatkan.

"Nanti ada 9 titik, 9 panggung. Yang mentas nanti seniman-seniman lokal Solo," ujar Gibran, Senin (5/12).

Menurut Wali Kota Solo, sembilan titik atau panggung hiburan tersebut akan mengakomodir semua genre musik. Baik musik bergenre dangdut, keroncong dan jenis musik lainnya.

"Semua ada, musik dangdut, tarian dan lainnya," katanya.

Nikah Dijaga Ketat Paspampres

Potret Paspampres Siapkan Pengamanan VVIP Jelang Pernikahan Kaesang Anak Jokowi

Merdeka.com 2022-12-08 12:17:59
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. ©2022 Merdeka.com
Kaesang Pangarep akan melepaskan masa lajangnya. Akad nikah Kaesang dan Erina nikah akan digelar Sabtu 10 Desember di Yogyakarta. Sedangkan, resepsi pernikahan digelar pada tanggal 11 Desember, pagi hingga malam di Pura Mangkunegara, Surakarta, Jawa Tengah.
Melalui undangan pernikahan, keluarga Jokowi meminta para tamu undangan tidak memberi sumbangan dalam bentuk apapun. "Para tamu undangan tidak usah membawa sumbangan, bawa doa saja," ujar kakak kandung Kaesang ini, Senin (5/12).
"Persiapannya tadi sudah 99 persen. Alhamdulillah sudah dipersiapkan dengan baik," ujar Jokowi seusai menggelar rapat bersama panitia di Soga Resto, Ndalem Wuryoningratan Solo, Minggu (4/12).
Sejumlah persiapan pun telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Tidak terkecuali persiapan Paspampres dalam pengamanan VVIP.
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun juga telah melaksanakan pengecekan dan gelar kesiapan pengamanan VVIP menjelang kegiatan pernikahan putra Presiden.
Di mana acara akan dilaksanakan di Surakarta dan Yogyakarta pada 8 -11 Desember 2022.

Presiden UEA Diundang

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Jokowi Undang Presiden UEA

Merdeka.com 2022-12-05 19:56:16
Presiden Jokowi saat makan bersama Presiden UEA. ©2022 Biro Pers Sekpres

Presiden Jokowi akan menggelar tasyakuran pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12). Ribuan undangan mulai disebar untuk berbagai kalangan.

Salah satu tamu undangan istimewa yang turut diundang adalah Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan. Diketahui, Zayed berteman akrab dengan Jokowi semenjak masih menyandang sebagai Putra Mahkota UEA.

Juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, undangan untuk Zayed disampaikan saat pertemuan makan pagi di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo seusai peresmian Masjid Sheikh Zayed, 14 November lalu.

"Untuk Presiden UEA, kebetulan kemarin pas sarapan pagi, kita berikan undangannya," ujar Gibran, Senin (5/12).


Undangan Dibagi Lima Sesi

Selain Presiden UEA, kata Gibran, para Presiden RI, para ketua umum partai, duta besar (dubes) serta kepala daerah juga turut diundang. Saat ini, lanjut dia, belum semua undangan disebar. Pembagian undangan pernikahan dilakukan secara bertahap.

"Undangan bertahap ya. Ada yang sudah menerima, ada yang belum, ditunggu saja," katanya.

Untuk para pejabat negara, menurut dia, diundang kebanyakan pada malam hari, yakni dari seusai Magrib sampai pukul 21.30 WIB. Sementara untuk tamu undangan lainnya, ia enggan menyampaikan.

"Undangan dibagi 5 sesi, biar tidak ada penumpukan maupun antrean kendaraan tamu," katanya.


Angkutan hingga Lokasi Parkir Disiapkan

Dikatakan Gibran, pihaknya telah menyiapkan lokasi parkir bagi para tamu undangan. Panitia juga menyiapkan shuttle bus untuk mengantar para tamu ke lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran.

"Ada beberapa lokasi sudah kita siapkan untuk parkir, sekaligus shuttle bus-nya," jelas dia.

Lebih lanjut ia menyampaikan para tamu undangan tidak perlu khawatir mencari lokasi parkir., karena di dalam undangan sudah tertulis lokasi parkir.

"Nggak perlu khawatir, di undangan sudah tertera. Shuttle busnya juga sudah ada ," pungkasnya.

Baca juga:
Ratusan Becak hingga Shuttle Bus Siap Antar Tamu Ngunduh Mantu Jokowi
Kerahkan 500 Personel, Begini Persiapan Polda DIY Jelang Akad Nikah Kaesang-Erina
Rizal Ramli Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gibran: Kami Paham
11 Ribu Relawan Jokowi akan Hadiri Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo
Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Diminta Tak Bawa Sumbangan Dalam Bentuk Apapun
Pernikahan Kaesang-Erina akan Dimeriahkan Seniman Solo, Tak Ada Artis Ibu Kota